Logo BeritaSatu

Gelar Rakernas, REI Sampaikan Tiga Permintaan ke Pemerintah

Senin, 20 Desember 2021 | 19:50 WIB
Oleh : Imam Muzakir / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Masih tingginya permintaan dan kebutuhan rumah di Indonesia, diyakini membuat prospek industri properti kembali bangkit dan melesat di tahun depan.

Ketua Umum DPP Realestat Indonesia (REI) Paulus Totok Lusida mengatakan, berbagai kebijakan dan insentif pemerintah sektor properti pada masa pandemi telah banyak membantu pengembang untuk bertahan dan melanjutkan usaha.

"Mulai dari penerbitan insentif Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN-DTP), relaksasi Loan to Value (LTV) hingga kemudahan restrukturisasi kredit yang diberikan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” kata Totok dalam pembukaan Rakernas REI 2021, Senin (20/12/2021).

Namun di sisi lain, lanjut Totok, setelah penerapan Undang-undang Cipta Kerja (UU Cipta Kerja) pelaku usaha di industri properti justru mengalami kesulitan dalam berbagai kegiatan berbisnis, khususnya di bidang perizinan karena belum siapnya infrastruktur digital maupun sumber daya manusia (SDM) untuk mengimplementasikan UU Cipta Kerja secara utuh.

"Adapun yang menjadi tantangan bagi kami adalah permasalahan pelaksanaan Persetujuan Bangunan Gedung atau PBG sebagai pengganti IMB, sistem online single submission atau OSS, dan peran BP Tapera ,” kata Totok dalam pembukaan Rakernas REI 2021, Senin (20/12/2021).

"Hal ini justru semakin menciptakan adanya ketidakpastian hukum. Karena itu, dalam pada Rakernas 2021 ini kami berharap ada titik terang serta inspirasi dari seluruh pengurus REI di daerah agar iklim investasi properti semakin membaik,” tegasnya.

Di dalam Rakernas 2021, lanjut Totok, REI turut menyoroti mengenai peran BP Tapera yang mulai awal 2022 mulai menghimpun, menyediakan dan menyalurkan dana murah jangka panjang untuk pembiayaan perumahan.

"Sebagai asosiasi yang memainkan peranan yang sangat penting dalam menjadi lokomotif pemulihan ekonomi, REI terus berupaya untuk menjadi rekan pemerintah yang solutif dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan di sektor properti dari proses pembentukan badan usaha, hingga penjualan produk properti,” tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Himawan Arief Sugoto mengapresiasi sektor properti yang selama masa pandemi masih memperlihatkan pertumbuhan.

"Kami mengapresiasi REI dan anggotanya yang memberi pertumbuhan yang signifikan terhadap perekonomian negara,” ujar Himawan.

Himawan menyebutkan dampak positif sektor properti baik pada serapan tenaga kerja. Oleh sebab itu, tidak heran kalau pada 2022 mendatang sektor properti masuk dalam klaster yang diprioritaskan.

"Pemerintah berencana memprioritaskan properti, termasuk mendorong dengan kebijakan fiskal,” tandas mantan Direktur Utama Perumnas tersebut.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BKI Sabet Human Capital & Performance Awards 2022

Penghargaan yang diraih BKI ini penting untuk pengembangan berbagai ekosistem industri di Indonesia dalam mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Semeru Erupsi, Operasional Bandara Juanda dan Abdulrachman Saleh Normal

Gunung Semeru pada Minggu (4/12/2022) mengalami erupsi disertai awan panas guguran (APG) mencapai 1.500 meter dan menyebabkan sejumlah gempa.

EKONOMI | 4 Desember 2022

GOTO Dilanda Aksi Jual Pascalock Up Dibuka, Saatnya Beli?

Harga saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) masuk dalam 10 deretan saham yang mengalami tekanan cukup besar pekan ini.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Investor Masuk ke IKN Kuartal II 2023, Siapa Saja?

Menpupera Basuki Hadimuljono berharap investor mulai masuk ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada kuartal kedua 2023.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Kemitraan BUMN-UMKM Hasilkan Potensi Kerja Sama Rp 224,8 M

Menkop dan UKM Teten Masduki menyatakan, forum kemitraan UKM dengan BUMN mampu mencatatkan potensi kerja sama senilai Rp 224,8 miliar.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Badai PHK, PKB Usul Karyawan Startup Buat Serikat Pekerja

Mikhael Benyamin Sinaga, mengusulkan karyawan startup membentuk serikat pekerja, imbas badai pemutusan hubungan kerja (PHK).

EKONOMI | 4 Desember 2022

Jubir Muda PKB: Efisiensi Startup Bisa Tanpa Harus PHK Karyawan

Juru Bicara Muda Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Michael Sinaga menilai HK massal karyawan startup bisa memiliki dampak sosial yang besar.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Jangan Lupa, Pencairan BSU Berakhir 20 Desember 2022

Kemenaker mengimbau masyarakat segera mengambil dana Bantuan Subsidi Upah karena batas akhir pengambilan BSU adalah 20 Desember 2022.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Sosok Inspiratif Bidang Kesehatan Tampil di HUT Ke-65 Astra

Mengusung tema "Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama", HUT ke-65 Astra ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat berbagi semangat positif dan optimisme. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

Omzet Naik hingga Rp 30 Juta berkat Alat Pengiris Kerupuk

Omzet usaha mikro di Desa Jaddih meningkat sekitar 66% setelah menggunakan alat pengiris kerupuk karya peneliti dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

EKONOMI | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bahlil Lahadalia: Stabilitas Politik Jadi Kunci Keberhasilan Investasi 2023

Bahlil Lahadalia: Stabilitas Politik Jadi Kunci Keberhasilan Investasi 2023

NEWS | 15 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE