Logo BeritaSatu

Festival UMKM Inovatif Diharapkan Tingkatkan Daya Saing UMKM

Senin, 27 Desember 2021 | 10:05 WIB
Oleh : Siprianus Edi Hardum / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Festival Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Inovatif dan Kreatif yang baru saja tuntas digelar pada 24-26 Desember 2021 sebagai ajang mempromosikan produk- produk UMKM binaan diharapkan mampu meningkatkan daya saing UMKM Indonesia menghadapi persaingan pasar, dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional.

Hal itu disampaikan Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Siti Azizah dalam hal ini yang mewakili dan membaca sambutan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki pada acara Penutupan Festival UMKM Inovatif dan Kreatif di Jakarta Minggu (26/12/2021) sebagaimana dalam siaran pers yang diterima Senin (27/12/2021).

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai bentuk dukungan Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (INOTEK) dan Sampoerna untuk Indonesia dalam mempromosikan produk-produk UMKM,” kata Siti Azizah.

Ia menyampaikan, pemerintah bermaksud menambah jumlah usaha kecil dan menengah agar struktur ekonomi menjadi lebih kuat dan meningkatkan rasio kewirausahaan, dengan target pada tahun 2024 sebesar 3,95% atau penambahan 1,5 juta wirausaha muda, mapan, berbasis inovasi, berkelanjutan, dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Dibutuhkan pertumbuhan wirausaha berbasis inovasi (innovation-driven enterprises) sehingga mampu menjadi UKM unggul dan berkelanjutan (high-growth enterprises).

“Kementerian Koperasi dan UKM siap berkolaborasi membangun ekosistem inovatif bersama seluruh stakeholder untuk penciptaan wirausaha muda mapan, inovasi, berkelanjutan, dan menciptakan lapangan kerja,” katanya.

Selain itu juga dalam rangka meningkatkan rasio kewirausahaan nasional yang pada akhirnya akan membawa dampak positif bagi penumbuhan ekonomi melalui pembangunan Future SMEs, pahlawan ekonomi kebanggaan Indonesia di masa depan.

“Sejalan dengan hal tersebut, kami mendukung dan memberikan apresiasi atas program pendampingan dan peningkatan kapasitas usaha bagi UMKM penghuni rusunawa di wilayah DKI Jakarta dan Karawang yang dilakukan oleh Yayasan INOTEK dan Sampoerna untuk Indonesia,” ungkapnya.

Program ini diharapkan mampu meningkatkan daya saing UMKM dalam menghadapi persaingan.

Ia menyampaikan apresiasi dan selamat kepada 50 peserta program yang terpilih untuk dapat mengikuti bazaar dan business matching. Dan ia berharap kegiatan ini mampu memperluas akses pemasaran produk dan memotivasi untuk melakukan inovasi dan berkolaborasi sehingga tercipta skala ekonomi.

“Kami berharap kegiatan ini mampu menciptakan kewirausahaan dalam satu ekosistem, meningkatkan nilai tambah dengan inovasi dan agregasi, menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan konsumsi produk/jasa buatan dalam negeri. #Wirausahapaten#Beli Produk Lokal, UMKM Tumbuh,” kata Siti Azizah.

Sementara itu Dewan Pengurus Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (INOTEK) Rifda Ammarina, menyampaikan terima kasih atas dukungannya kepada Kemenkop UKM.

“Dukungan ini sangat berharga bagi kemajuan UMKM kita, sehingga dapat terus berkontribusi untuk perkembangan UMKM dan terus berinovasi serta bangkit,” kata Rifda.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tokopedia Luncurkan Spot Award, Program Apresiasi Karyawan

Tokopedia baru saja meluncurkan Spot Award, sebuah program untuk mengapresiasi karyawan-karyawan.

EKONOMI | 29 Juni 2022

PUPR Tetapkan Tiga Pemenang Sayembara Rancang Kawasan IKN

Ibu Kota Negara (IKN) akan dibangun secara bertahap hingga 2045 dengan mengusung konsep Future Smart Forest City of Indonesia.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Imbas Kenaikan Bunga Fed Arus Kas Bukalapak Makin Kuat, Lo?

PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) menyatakan kenaikan suku bunga Federal Reserve AS (the Fed) baru-baru ini berdampak positif terhadap kas perseroan.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Dirut BEI Targetkan Kapitalisasi Pasar Rp 13.500 Triliun

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI), Iman Rachman menargetkan kapitalisasi pasar bursa bisa menembus Rp 13.500 triliun pada 2026 mendatang.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Home Credit Salurkan Pembiayaan Modal Kerja Rp 560 Miliar

PT Home Credit Indonesia (Home Credit) telah menyalurkan pembiayaan modal kerja mencapai Rp 560 miliar kepada lebih dari 48.000 UMKM.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Bentuk Tanggung Jawab, BRI Komitemen Kedepankan Aspek ESG

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) atau BRI berkomitmen menerapkan prinsip ESG untuk meneruskan pertumbuhan bisnis berkelanjutan.

EKONOMI | 29 Juni 2022

IHSG Turun 54 Poin, Kapitalisasi Pasar Capai Rp 9.097 T

IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada penutupan perdagangan sore ini Rabu (29/6/2022) turun 54,1 poin (0,7%) ke level 6.942.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Meski Pandemi Kinerja BEI Tetap Cemerlang, Laba Melonjak 80%

Laba bersih BEI tahun berjalan sebesar Rp 881,41 miliar di tahun 2021 atau tumbuh 80,8% dari tahun 2020.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Arisan Digital Mapan Raih US$ 15 Juta dari Patamar dan Astra

Mapan mengumumkan penutupan pendanaan seri-A sebesar US$ 15 juta yang dipimpin oleh Patamar Capital dan PT Astra Digital Internasional.

EKONOMI | 29 Juni 2022

DJP Kemenkeu Gandeng BRI untuk Implementasi Aplikasi PSIAP

BRI bekerja sama dengan DJP Kemenkeu dalam implementasi aplikasi Pembaruan Sistem Inti Administrasi Perpajakan (PSIAP).

EKONOMI | 29 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kapolres Maluku Tengah Abdul Gafur Dicopot dari Jabatannya

Kapolres Maluku Tengah Abdul Gafur Dicopot dari Jabatannya

NEWS | 6 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings