Logo BeritaSatu

Analog Switch Off Dilakukan Tiga Tahap, Ini Perinciannya

Selasa, 28 Desember 2021 | 20:38 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyiapkan tiga tahap untuk digitalisasi penyiaran atau analog switch off (ASO).

Menkominfo Johnny G Plate menyatakan, ketiga tahapan tersebut merupakan upaya Kemenkominfo dalam menjalankan amanat Undang-undang Cipta Kerja (Ciptaker) tentang penyiaran, yang dilakukan melalui metode seleksi dan metode evaluasi.

"Metode seleksi telah kita tetapkan dan saya kira semua sudah terima surat keputusan menteri. Saya harapkan penyelenggara multiplexing dapat membangun infrastrukturnya sehingga nanti pada saat kita melakukan analog switch off dapat berjalan dengan baik,” kata Johnny G Plate, Selasa (28/12/2021).

Sementara untuk metode evaluasi, jelas Johnny, saat ini sedang dilakukan oleh Kemenkominfo, dengan dua metode. Saat ini sudah ada 186 wilayah layanan dengan menggunakan multiplexing.

"Simulcast kita di 186 wilayah layanan dengan 283 lembaga penyiaran. Saya berharap, agenda analog switch off dapat berlangsung sukses nanti. Ini saya minta kepada pemegang saham, bahwa analog switch off akan kita lakukan dalam tiga tahap,” jelasnya.

Menurut Johnny, tahap yang pertama akan dilakukan pada 30 April 2022. "Kita semua sudah mengetahui ini. Tentu saya harapkan pada 30 April nanti infrastruktur multplexing telah selesai, studio dan SDM selesai, dan perangkat penerima siaran digital atau set-top-box (STB) juga selesai,” paparnya.

Selanjutnya, kata Johnny, untuk tahap kedua akan dilakukan pada 25 Agustus 2022. Pertama di 56 wilayah layanan, dan kedua di 31 wilayah layanan siaran. "Untuk yang pertama ada di 166 kabupaten/kota, sementara untuk yang kedua ada di 110 kabupaten/kota,” tambahnya.

Sedangkan untuk tahap ketiga, jelas Johnny, adalah pada 2 November 2022 di 25 wilayah layanan di 65 kabupaten/kota di Indonesia. "Ini memberikan gambaran bagi kita, tidak seluruh wilayah Indonesia ini dilayani dengan televisi telesterial. Kalau dijumlah dari angka-angka ini hanya sekitar 170 yang dilayani. Ini berarti, dari 514 kabupaten/kota ada banyak yang tidak memiliki layanan televisi telesterial, ini yang harus kita ketahui,” tandas Johnny.

"Mereka pun butuh layananannya, tetapi mereka saat ini tidak mendapat layanan. Mereka terpaksa harus menggunakan cara lain, apakah menggunakan antena parabola, televisi berlangganan dan seterusnya, tetapi televisi telesterial tidak dilayani,” tambahnya.

Menurut Johnny, konsep analog switch off saat ini hanya di 173 kabupaten/kota karena di situ ada siaran telesterial analog. Selanjutnya, sejak 2 November 2022, di 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia harus sudah terlayani atau sudah siap dilayani dengan digitalisasi televisi.

"Kami dalam melakukan tata kelola multiplexing akan mengatur dan menjaganya dengan baik agar cita-cita kita untuk migrasi menjadi penyiaran digital di sisi yang satu berjalan dengan baik. Sementara, di sisi yang lain level of playing field industrinya juga menjadi lebih bagus, karena televisi teresterial saat ini mendapat tantangan yang besar dari televisi streaming, sehingga perlu kita perhatikan dan bersama-sama jaga dengan baik,” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

70% Bahan Baku Pabrik Boneka Barbie Cikarang Buatan Lokal

70% bahan baku pembuatan boneka barbie dan mainan anak yang diproduksi PT Mattel Indonesia (PTMI) buatan lokal Indonesia. 

EKONOMI | 8 Desember 2022

Jadi Tuan Rumah G20, Erick Thohir Sebut Indonesia Sudah Balik Modal

Menteri BUMN Erick Thohir menyebut investasi Indonesia sudah "balik modal" setelah menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Bulan Maret Panen Raya, DPR Minta Bulog Serap Beras Petani Sebanyak-banyaknya

Bulog diminta untuk segera menyiapkan diri saat panen raya akan berlangsung pada bulan Maret mendatang, sehingga Kementan tidak perlu impor beras.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Belajar Dari Pengalaman, Fraksi PKS Wanti-wanti Beras Impor Bisa Membusuk

Bulog sebaiknya fokus melakukan penyerapan dibanding bersuara melakukan impor beras di saat petani akan melakukan panen raya.

EKONOMI | 8 Desember 2022

DPR Pertanyakan Serapan Beras Bulog

Persediaan beras nasional mencapai 8.727.752 ton, stok ini cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga akhir tahun.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Sempat Anjlok 135 Poin, IHSG Ditutup Melemah Tipis

Sempat anjlok 135 poin, IHSG akhirnya ditutup hanya turun sekitar 14,52 poin (0,21%) menjadi 6.804,23.

EKONOMI | 8 Desember 2022

PT Mattel Indonesia Bakal Produksi 3 Juta Boneka Barbie Per Minggu

PT Mattel Indonesia (PTMI) akan menggenjot produksi boneka Barbie hingga 3 juta per minggu atau 156 juta boneka Barbie dalam setahun.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Ini Upaya PNM Dorong Pengembangan Talenta Perusahaan

PT PNM menggelar Innovation Festival (I-Fest) 2022 untuk memberikan semangat inovasi, kolaborasi, serta mengembangkan talenta perusahaan.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Sasar Milenial, Sanex Lakukan Sejumlah Perubahan Strategi

Selain logo baru, perubahan dilakukan Sanex pada tahun 2022 ini di antaranya  pembaruan manajemen hingga memperluas distribusi produk,

EKONOMI | 8 Desember 2022

Kurs Rupiah Cenderung Stabil di Kisaran Rp 15.600

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan hari ini, Kamis (8/12/2022) terpantau menguat ke kisaran Rp 15.600.

EKONOMI | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
MU dan Man City Sumbang Pemain Terbanyak di Perempat Final Piala Dunia

MU dan Man City Sumbang Pemain Terbanyak di Perempat Final Piala Dunia

SEMESTA BOLA 2022 | 17 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE