Logo BeritaSatu

Kunjungi Pabrik Hyundai, Dubes Gandi Dorong Ekosistem Industri Mobil Listrik

Rabu, 29 Desember 2021 | 14:55 WIB
Oleh : LES

Cikarang, Beritasatu.com - Pabrik Hyundai Indonesia diharapkan tak hanya terfokus pada pembuatan mobil listrik saja, tetapi juga pembuatan sel baterainya di Tanah Air. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membentuk suatu ekosistem industri mobil listrik dari hulu sampai ke hilir yang terbesar tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di Asia Tenggara.

Demikian diungkapkan Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Republik Korea Gandi Sulistiyanto dalam sambutannya saat berkunjung ke Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) yang berlokasi di Cikarang, Selasa (28/12/2021).

“Sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo, pembuatan mobil listrik oleh pabrik Hyundai diarahkan untuk membentuk suatu ekosistem industri mobil listrik dari hulu sampai ke hilir yang terbesar tidak hanya di Indonesia tetapi juga di kawasan Asia Tenggara. Oleh karena itu, saya berharap dapat menyaksikan pabrik Hyundai Indonesia tidak hanya fokus untuk merampungkan mobil listrik tetapi juga menuntaskan pembuatan sel baterai di Indonesia” ujar Gandi Sulistiyanto dalam sambutannya.

Lebih lanjut Dubes Sulis, demikian panggilan akrab koleganya menekankan, pentingnya pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia yang bekerja di pabrik Hyundai. Disampaikan harapan agar HMMI bekerja sama dengan lembaga pendidikan di Indonesia untuk giat meningkatkan keahlian dan keterampilan SDM Indonesia seperti penguasaan alat-alat digital untuk merakit mobil.

Lee Young Tack, Chair HMMI secara khusus menyampaikan apresiasi kepada Dubes Sulis atas kunjungan perdana tersebut. Dengan menerapkan prinsip ramah lingkungan, ramah pekerja dan bertumbuh bersama, HMMI mempekerjakan 3.720 SDM. Pabrik akan mulai berproduksi di bulan Januari 2022. Berbagai mobil yang akan diproduksi yaitu B-SUV, B-MPV, Sedan dan mobil listrik model IONIQ 5.

Hyundai IONIQ5 dibangun dengan arsitektur BEV khusus dari Hyundai Motor Group yang disebut Electric-Global Modular Platform (E-GMP). Terdapat dua pilihan opsi ukuran baterai, 58 kWh atau 72,6 kWh3, dan dua tata letak motor listrik, baik dengan motor belakang saja atau dengan motor penggerak bagian depan dan belakang. Mobil dengan konsep midsize CUV (Crossover Utility Vehicle) ini dibekali fitur-fitur ramah lingkungan, berkelanjutan, serta inovatif. Mobil listrik ini memiliki fitur pengisian baterai ultra-fast yang bisa mengisi daya dari 10-80% hanya dalam 18 menit.

Pembuatan mobil listrik oleh Hyundai merupakan tindak lanjut dari penandatanganan MoU di pusat pembuatan mobil Hyundai di kota Ulsan yang disaksikan oleh Presiden Joko Widodo di tahun 2019. Komitmen Pemerintah Indonesia dalam menangani lingkungan dan perubahan iklim tampak nyata melalui penerbitan Perpres Nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan. Saat ini, pemerintah Indonesia sedang membangun kawasan industri hijau terbesar di dunia seluas 12.500 hektare yang berlokasi di Kalimantan Utara, terbesar di dunia.

Investasi raksasa LG Consortium US$ 9,8 miliar membuat Indonesia sebagai negara yang pertama di dunia yang memiliki industri baterai listrik dari pertambangan hingga baterai lithium mobil listrik. Pengembangan industri baterai listrik terintegrasi merupakan langkah konkret yang sejalan dengan target Presiden Jokowi untuk mendorong transformasi ekonomi menuju Indonesia Maju 2045.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Digitalisasi Dorong Investasi Makin Diminati Kaum Muda

Ekonom Indef, Nailul Huda mengatakan meningkatnya jumlah investor muda di Indonesia adalah blessing in disguise kencangnya digitalisasi pada masa pandemi.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Pemerintah Diharapkan Lebih Optimal Jaga Stabilitas Harga Pangan

Pemerintah perlu lebih bekerja keras menjaga stabilitas harga pangan nasional agar daya beli masyarakat terus stabil.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

ABM Group Sabet Tujuh Penghargaan dari Kementerian ESDM

ABM Group berhasil meraih tujuh penghargaan berskala nasional dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Core Indonesia: Inflasi Tinggi Bisa Gerus Daya Beli

Tingkat inflasi tahun kalender pada September 2022 yang sebesar 4,84% sudah melampaui target yang ditetapkan pemerintah di kisaran 3% plus minus 1%.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Investor Daily Summit Angkat Isu Digital, Resources, Services

Investor Daily Summit (IDS) 2022 yang diselenggarakan 11-12 Oktober 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) akan mengangkat tiga pilar utama.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

E-Commerce dan Online Travel Jadi Kekuatan Ekonomi Digital

Ekonomi digital Indonesia diproyeksi tumbuh 20% dari tahun 2021 menjadi US$ 146 miliar pada 2025.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Kompetisi ICStar Hackathon 2022 Latih Kemampuan Robotic dan Teknologi

Kompetisi ICStar Hackathon 2022 memberikan pelatihan kepada 78 peserta dari seluruh Indonesia dan negara seperti Malaysia dan Afrika Selatan.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Ketidakpastian Tinggi, Enggartiasto Ajak Masyarakat Optimistis

Executive Chairman Beritasatu Media Holdings Enggartiasto Lukita mengajak masyarakat harus tetap optimistis.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

IWIP Asah Keahlian dan Kemampuan Tenaga Kerja Maluku Utara

Program pelatihan yang digelar PT IWIP menjadi upaya dalam menyiapkan tenaga kerja yang siap dalam dunia industri.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Indonesia Diyakini Tak Sampai Alami Resesi di 2023

Indonesia diyakini tidak akan sampai mengalami resesi ekonomi pada 2023 di tengah kondisi perekonomian global yang masih bergejolak.

EKONOMI | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tragedi Kanjuruhan, Suporter Barito Putera Nyalakan Lilin

Tragedi Kanjuruhan, Suporter Barito Putera Nyalakan Lilin

BOLA | 22 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings