Logo BeritaSatu

Dukung ESG, Pertamina Raih 23 Penghargaan Proper Emas

Kamis, 30 Desember 2021 | 11:15 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Implementasi prinsip environmental, social, and governance (ESG) khususnya dalam bidang lingkungan yang dilakukan PT Pertamina (Persero) membuahkan hasil.

Pada Senin (27/12/2021), Pertamina berhasil memborong 23 penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan (Proper) Emas 2021 yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Jumlah ini naik tajam dibandingkan tahun 2020 di mana Pertamina meraih 16 Proper Emas.

Semua sektor bisnis Pertamina mulai dari hulu (upstream), pengolahan (midstream), dan hilir (downstream) meraih penghargaan Proper.

Di sektor hulu, Proper Emas diraih PT Pertamina EP Asset 3 Field Subang, Asset 5 Field Sangasanga, Field 5 Tarakan, JOB Pertamina – Medco E&P Tomori, PT Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang, PT Pertamina Hulu Energi Jambi Merang, PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur, PT Pertamina Hulu Mahakam Lapangan BSP dan South Processing Unit. Total ada 9 Proper Emas yang disabet di sektor hulu.

Di sektor pengolahan, Pertamina meraih dua Proper Emas lewat RUU II Kilang Sei Pakning dan RU VII Kilang Kasim Sorong.

Di sektor hilir, Pertamina menyabet penghargaan terbanyak dengan 12 Proper Emas.

Ke-12 Proper Emas ini diraih Fuel Terminal Cikampek, Fuel Terminal Bandung Group, Fuel Terminal Boyolali, Fuel Terminal Maros, Fuel Terminal Rewulu, Fuel Terminal Tuban, Integrated Terminal Semarang, Integrated Terminal Semarang Surabaya, DPPU Ngurah Rai Bali, DPPU Sepinggan Balikpapan dan DPPU Hasanuddin Makassar dan PT Badak LNG.

Penyerahan penghargaan Proper dihadiri dan disaksikan Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin dan Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar. Penghargaan diterima langsung oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati pada acara Anugerah Lingkungan Proper yang berlangsung di Jakarta pada Senin (27/12/2021).

Menurut Nicke, Proper sejalan dengan komitmen Pertamina untuk mengimplementasikan ESG secara terintegrasi dari hulu ke hilir untuk mendukung bisnis yang berkelanjutan.

“Pertamina akan terus konsisten menjalankan aspek ESG ke dalam strategi bisnis perusahaan dengan terus memperhatikan kinerja Proper sesuai dengan aturan yang ditetapkan KLHK,” ungkap Nicke.

Nicke menjelaskan, Pertamina telah berhasil meningkatkan ESG Risk Rating sebesar 28,1 dan dinilai berada pada risiko Medium. Dengan posisi ini, Pertamina menempati posisi 15 dari 252 perusahaan di industri Oil & Gas dan posisi 8 di sub industri integrated Oil & Gas.

BUMN migas ini juga telah menetapkan 10 fokus keberlanjutan yang menjadi panduan pelaksanaan ESG ke depan, serta membentuk Komite Keberlanjutan untuk memastikan aspek ESG terimplementasi dengan baik.

Pertamina juga telah meluncurkan kebijakan-kebijakan ESG. Di antaranya Sustainability Policy, Human Right Policy, Respective Workplace Policy.

Pertamina, lanjut Nicke, juga berkomitmen mengurangi emisi karbon sebagai dampak dari produksi dan konsumsi energi, serta melindungi ekosistem dan keanekaragaman hayati di setiap wilayah operasinya.

Pertamina juga telah berhasil menurunkan emisi gas rumah kaca (GRK) sebesar 27 persen. Pihaknya juga telah menetapkan target penurunan GRK menjadi 30 persen pada 2030.

Selama empat tahun terakhir, raihan Proper Pertamina terus meningkat.

Pertamina meraih 11 dari 19 Proper Emas di tahun 2017. Kemudian naik jadi 14 dari 20 Proper Emas pada tahun 2018. Lalu 13 dari 26 Proper Emas di tahun 2019. Di tahun 2020, Pertamina meraih 16 dari 32 Proper Emas. Tahun ini, Pertamina menyabet 23 dari 47 Proper Emas.

“Peningkatan Proper Emas yang diraih Pertamina menunjukkan keunggulan kinerja Pertamina sebagai perusahaan energi kelas dunia yang senantiasa mengedepankan operasional bisnis yang ramah lingkungan,” tandas Nicke.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

WEF 2022, Dirut BRI: Tingkatkan Inklusi Keuangan, Hindari Pinjaman yang Kaku

Di WEF 2022, Dirut BRI Sunarso ungkap karakter yang dimiliki oleh nasabah BRI adalah tidak nyaman dengan produk pinjaman konvensional perbankan yang kaku.

EKONOMI | 26 Mei 2022

CEO GoTo di WEF: Ekosistem Digital Bisa Tekan Kesenjangan Ekonomi

CEO PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo), Andre Soelistyo, menjadi salah satu pembicara utama dalam rangkaian acara WEF 2022 di Davos, Swiss.

EKONOMI | 26 Mei 2022

Ketimbang Nunggu Elon Musk, Lebih Baik Dukung Anak Bangsa

Pemerintah dinilai lebih baik merangkul anak bangsa untuk kembangkan kendaraan listrik dan teknologi EBT ketimbang menunggu janji investasi Elon Musk.  

EKONOMI | 26 Mei 2022

Bursa Asia Dibuka di Zona Merah di Tengah Sentimen the Fed

Bursa Asia-Pasifik bergerak melemah pada perdagangan Kamis pagi (26/5/2022) setelah the Federal Reserve AS mengatakan akan menaikan suku bunga 50 basis poin.

EKONOMI | 26 Mei 2022

Cara Mendapatkan Tokopedia Paylater untuk Mahasiswa yang Kerja Paruh Waktu

Tokopedia paylater adalah metode pembayaran di Tokopedia yang memungkinkan Anda untuk menggunakan aplikasi paylater rekanan Tokopedia untuk bertransaksi.

EKONOMI | 26 Mei 2022

Sandiaga Uno Ajak UMKM Kolaborasi dengan Platform Digital

Sandiaga Uno mengajak para pelaku UMKM untuk berkolaborasi dengan platform digital agar dapat ciptakan peluang usaha.

EKONOMI | 26 Mei 2022

Setelah 3 Hari Naik, Harga CPO Akhirnya Turun

Setelah 3 hari reli, harga kontrak Crude Palm Oil (CPO) di Bursa Malaysia Derivatives terkoreksi pada penutupan Rabu (25/5/2022).

EKONOMI | 26 Mei 2022

Harga Minyak Mentah Naik Tipis di Tengah Kurangnya Pasokan

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Juli naik 47 sen atau 0,4%, menjadi US$ 114,03, WTI naik 0,5% ke US$ 110,33.

EKONOMI | 26 Mei 2022

Wall Street Menguat Menyusul Risalah Rapat the Fed

Indeks-indeks acuan Wall Street naik pada hari Rabu (25/5/2022) setelah risalah pertemuan kebijakan the Federal Reserve menunjukkan kenaikan suku bunga.

EKONOMI | 26 Mei 2022

The Federal Reserve Bakal Naikkan Suku Bunga 50 Bps Lagi

“Sebagian besar peserta menilai bahwa kenaikan 50 basis poin kemungkinan akan terjadi pada beberapa pertemuan berikutnya,” kata the Federal Reserve.

EKONOMI | 26 Mei 2022


TAG POPULER

# BRI Majalengka


# Perumahan Pantai Mutiara


# UU PPP


# UAS


# Harga CPO


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Uya Kuya Serahkan Bukti Penipuan Jual Beli Mobil Medina Zein

Uya Kuya Serahkan Bukti Penipuan Jual Beli Mobil Medina Zein

NEWS | 11 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings