Logo BeritaSatu

DKI Dukung Peran Pelabuhan Priok untuk Ekspor Pertanian

Sabtu, 1 Januari 2022 | 09:34 WIB
Oleh : Yustinus Paat / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menghadiri Gebyar Ekspor Tutup Tahun 2021 yang diadakan Kementerian Pertanian (Kementan) dan diikuti 33 pemerintah provinsi bersama polda seluruh Indonesia secara daring, Jumat (31/12/2021). Kegiatan tersebut berpusat di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Sulawesi Selatan. Adapun Wagub Riza bersama Kapolda Metro Jaya, Fadil Imran mengikuti prosesi kegiatan di Museum Maritim, Jakarta International Containet Terminal (JICT), dan Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Dalam kesempatan itu, Riza menyampaikan keberadaan Pelabuhan Tanjung Priok menjadi salah satu sumber penggerak perekonomian masyarakat Jakarta di bidang transportasi, perdagangan, perizinan serta industri makanan dan minuman. Untuk itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok siap mendukung peningkatan ekspor komoditas pertanian dalam rangka meningkatkan perekonomian nasional.

"DKI Jakarta memang bukan sentra produksi pertanian, peternakan, maupun perikanan tetapi kami bersyukur bahwa pelabuhan terbesar di Indonesia yaitu Pelabuhan Tanjung Priok berada di Jakarta. Oleh karena itu, diperlukan sinergitas berbagai pihak agar reputasi (peran) Tanjung Priok sebagai pelabuhan internasional tetap terjaga, serta pelayanan kegiatan ekspor berjalan tertib dan lancar," tutur Riza.

Riza mengapresiasi Kementerian Pertanian yang senantiasa berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi untuk menggali potensi dan mendorong petani tetap semangat produksi di masa pandemi Covid-19. "Ketahanan pangan nasional tetap terjaga dan perdagangan sektor pertanian tumbuh positif saat sektor lain mengalami penurunan. Bagi DKI Jakarta, hal ini membantu, khususnya memenuhi kebutuhan pangan warga Jakarta dan stabilitas harga pangan," ungkapnya.

Lebih lanjut, Riza memaparkan, menurut data statistik DKI Jakarta, terdapat 333 eksportir dari 32 provinsi di Indonesia yang melakukan ekspor melalui pelabuhan Tanjung Priok. Pada 2020, kata dia, ekspor barang melalui Pelabuhan Tanjung Priok nilainya mencapai Rp 136,45 triliun. "Sementara, nilai ekspor komoditas pertanian yang terdiri dari subsektor peternakan, hortikultura, kehutanan, perkebunan, tanaman pangan, perikanan dan lain-lain mencapai Rp 1,202 triliun dari 130 jenis komoditas yang diekspor ke 71 negara," terangnya.

Data tersebut secara tidak langsung memberikan gambaran mengenai peran penting Pelabuhan Tanjung Priok yang bukan saja dipandang dari sisi kegiatan perdagangan, tetapi juga merupakan jendela Indonesia di mata internasional. Terkait hal itu, Riza menegaskan bahwa keberadaan Pelabuhan Tanjung Priok yang rawan terhadap banjir rob dan genangan secara berangsur-angsur akan terus diminimalisasi oleh Pemprov DKI Jakarta, sehingga arus barang ke pelabuhan berjalan lancar.

Pada kesempatan yang sama, Kapolda Metro Jaya, Fadil Imran mengatakan, Polda Metro Jaya merupakan pintu masuk utama kegiatan ekspor/impor di wilayah Ibu Kota. Oleh karena itu, Polda Metro Jaya akan menjaga ekspor/impor di semua titik penjagaan. "Ini untuk menghindari kartel-kartel yang bisa mengganggu. Jakarta memang bukan daerah pertanian, jadi kami hanya mendorong urban farming. Kami sendiri sudah memulai," katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

13 Lembaga Komitmen Dukung Revitalisasi Pendidikan Vokasi

13 lembaga dari unsur pemerintah, swasta, perbankan dan akademisi menandatangani komitmen bersama untuk mendukung revitalisasi program pendidikan vokasi.

EKONOMI | 22 Mei 2022

Bank Jatim Serahkan Gerai Rumah Inkubasi UMKM di Kediri

Bank Jatim menyerahkan bantuan CSR berupa pembangunan Gerai Rumah Inkubasi (Garasi) Usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM).

EKONOMI | 22 Mei 2022

Kolaborasi Mutlak Diperlukan Bagi Penguatan Sektor Pertanian

Sektor pertanian tetap tumbuh positif di tengah pandemi Covid-19, dan menjadi salah satu penyumbang tertinggi terhadap perekonomian nasional.

EKONOMI | 22 Mei 2022

Laba Naik 99%, Sekar Laut Bagikan Dividen Rp 29,841 Miliar

PT Sekar Laut Tbk (SKLT) akan membagikan dividen sebesar Rp 29,841 miliar atau Rp 48 per saham.

EKONOMI | 22 Mei 2022

Kuartal I Premi Asuransi Bina Dana Arta Tumbuh 8,47%

PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk (ABDA) membukukan premi bruto sebesar Rp 190,52 miliar pada kuartal I 2022.

EKONOMI | 22 Mei 2022

IHSG Diproyeksikan Lanjutkan Penguatan Pekan Depan

Analis memprediksi bahwa IHSG pada pekan depan akan melanjutkan penguatan dengan mencapai level 7.000.

EKONOMI | 22 Mei 2022

SMF Targetkan Penyaluran Pinjaman Rp 12,41 Triliun

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF menargetkan pinjaman yang diberikan pada tahun 2022 mencapai Rp 12,41 triliun.

EKONOMI | 22 Mei 2022

G-20 Empower, 4 Menteri Dukung Pengembangan UMKM Perempuan

Peningkatan kemampuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan penerapan kesetaraan gender mendapatkan dukungan dari empat kementerian.

EKONOMI | 22 Mei 2022

Fashion Muslim Wajib Punya Sertifikat Halal Maksimal 2026

Pelaku industri halal diingatkan untuk melengkapi produknya dengan sertifikasi halal, termasuk fashion muslim.

EKONOMI | 22 Mei 2022

BCA Bagikan 1.000 Buku untuk Nasabah di Jabodetabek

Menyambut Hari Buku Nasional, BCA turut serta membagikan 1.000 buku kepada nasabah di Jabodetabek.

EKONOMI | 22 Mei 2022


TAG POPULER

# DNA Pro


# CPO


# PDSI


# SEA Games


# Hari Kebangkitan Nasional


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kalahkan Wolverhampton, Liverpool Gagal Juara Liga Inggris

Kalahkan Wolverhampton, Liverpool Gagal Juara Liga Inggris

BOLA | 4 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings