Logo BeritaSatu

Catatan Akhir Tahun Menkeu: Cahaya Harapan Kembali Terang

Sabtu, 1 Januari 2022 | 14:05 WIB
Oleh : Herman / EHD

Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melihat cahaya harapan di penghujung 2021 kembali terang. Penyebaran Covid-19 mulai terkendali, meski muncul varian omicron. Banyak masyarakat yang telah mendapat vaksin Covid-19.

Ekonomi pun mulai bergerak dan kegiatan masyarakat mulai pulih. Ia melihat ada semangat yang terus tumbuh dan harapan yang tidak pernah pupus.

“Perjalanan mengawal pemulihan ekonomi dan menyehatkan APBN masih akan panjang dan berliku. Ke depan, medan laga kita masih terjal, berbatu dan licin penuh badai. Namun kita berikhtiar untuk tetap bersama dan bersatu mengabdi untuk Indonesia,” kata Sri Mulyani dalam catatan akhir tahun 2021 di Instagram pribadinya @smindrawati yang dikutip Beritasatu.com, Sabtu (1/1/2021).

Sri Mulyani juga mengenang awal langkahnya di awal 2021. Ketika itu ada rasa optimisme dan harapan karena telah meninggalkan tahun 2020 yang sungguh kelam akibat pandemi Covid-19.

Seluruh rakyat Indonesia berharap kehidupan dan ekonomi akan pulih. Namun, kenyataan sungguh tidak pasti karena Covid-19 masih merajalela, bermutasi dan terus mengancam keselamatan rakyat dan ekonomi.

Kehidupan kembali terhenti, APBN kembali terguncang, pendapatan negara tergerus. Belanja melambung untuk membangun rumah sakit darurat, membayar perawatan ribuan pasien Covid, memberi insentif tenaga kesehatan.

“APBN hadir meringankan beban rakyat. Bantuan sosial diperluas; usaha kecil, buruh dan pedagang kaki lima mendapatkan bantuan; internet, listrik dibebaskan atau diberi potongan agar anak-anak tetap bisa sekolah meski dalam jarak jauh,” ungkap Menkeu.

Di masa pandemi, 16.000 jajaran Kemenkeu juga tertular Covid-19 dan 130 karyawan meninggal akibat Covid-19. Namun seluruh jajaran di Kemenkeu tetap fokus bekerja, berikhtiar sambal berdoa untuk menjaga dan memulihkan Indonesia.

Reformasi dan transformasi organisasi terus dijalankan. Bersama DPR, pemerintah menyelesaikan UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan, UU Hubungan Keuangan Pusat Daerah, UU Otonomi Khusus Papua, UU APBN 2022, dan UU Pertanggungjawaban APBN 2020.

“Tidak ada ikhtiar yang sia-sia, tidak ada doa yang tak terjawab. Penerimaan negara pajak, bea cukai dan penerimaan bukan pajak telah melampaui target. Alhamdulillah atas jerih payah, ikhtiar dan upaya kalian semua, kita semua, belanja negara terus kita perbaiki dan fokuskan untuk membantu rakyat untuk mendorong pemulihan ekonomi. Kita kelola utang, pembiayaan dan investasi dengan hati-hati dan bertanggung jawab,” kata Menkeu.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mitigasi Risiko Kendaraan, Fox Logger Gaet Sompo Insurance

Fox Logger bekerja sama dengan PT Sompo Insurance Indonesia (Sompo Insurance) untuk memberikan keamanan dalam mitigasi risiko kendaraan.

EKONOMI | 29 September 2022

Seedbacklink Siap Bantu UMKM Masuk Platform Digital

Seedbacklink siap membantu para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mulai memasuki dunia digital.

EKONOMI | 29 September 2022

Right Issue 3,5 Miliar Saham, Bank Raya Bakal Ekspansif

RUPSLB PT Bank Raya Indonesia Tbk menyepakati rencana penambahan modal melalui right issue sebanyak-banyaknya 3,5 miliar saham.

EKONOMI | 29 September 2022

Penuhi TKDN, Fujitsu Luncurkan 8 Model Baru Pemindai Gambar

Sukses memenuhi tingkat komponen dalam negeri (TKDN), Fujitsu meluncurkan 8 model baru pemindai gambar komersial dalam seri fi.

EKONOMI | 29 September 2022

Selain Tol, Jokowi Bangun Infrastruktur Telekomunikasi dan Energi

Selain jalan tol, Jokowi juga membangun infrastruktur di sektor transportasi, telekomunikasi, energi, hingga pertanian.

EKONOMI | 29 September 2022

APPNIA Komitmen Dukung Program Penurunan Prevalensi Stunting

Asosiasi Perusahaan Produk Bernutrisi untuk Ibu dan Anak atau APPNIA menegaskan komitmennya untuk terus mendukung program pemerintah dalam menangani stunting.

EKONOMI | 29 September 2022

Bank bjb Tanda Tangani Pakta Integritas dengan BPDPKS

Bank bjb menandatangani pakta integritas dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) untuk mendukung iklim bisnis yang baik.

EKONOMI | 29 September 2022

Kenaikan Tarif Penyeberangan Pengaruhi Biaya Operasional

Organisasi Angkutan Darat (Organda) Lampung menilai kenaikan tarif penyeberangan akan memengaruhi biaya operasional pengusaha di bidang transportasi.

EKONOMI | 29 September 2022

Bisnis Ekonomi Digital Didorong untuk Makin Ditingkatkan

Peneliti Center of Reform on Economics (Core) Indonesia, Eliza Mardian mendorong bisnis digital lebih dioptimalkan, khususnya terhadap kalangan muda.

EKONOMI | 29 September 2022

Penyesuaian Tarif Penyeberangan Tingkatkan Kualitas Layanan

Dirjen Hendro berharap, dengan adanya penyesuaian tarif penyeberangan operator kapal lebih meningkatkan aspek keselamatan dan keamanan pelayaran.

EKONOMI | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

NEWS | 54 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings