Logo BeritaSatu

PLN Tegaskan Komitmen Jaga Pasokan Batu Bara untuk 20 Hari

Rabu, 5 Januari 2022 | 20:26 WIB
Oleh : FMB

Jakarta, Beritasatu.com - PT PLN (Persero) berkomitmen menjaga stabilitas pasokan batu bara agar dapat memenuhi standar minimal 20 hari operasi untuk seluruh pembangkit dan memastikan tidak ada pemadaman listrik akibat kritis pasokan batu bara.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengungkapkan langkah cepat dan tegas pemerintah melalui kebijakan strategis yang mengutamakan pemenuhan pasokan energi primer untuk kebutuhan nasional sangat membantu PLN dalam memastikan ketersediaan energi primer.

"Untuk jangka pendek strategi kami adalah upaya menghindari pemadaman," kata Darmawan dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (5/1/2022).

Dia menjelaskan bahwa perseroan harus memastikan 20 juta metrik ton batu bara untuk membuat ketersediaan batu bara di pembangkit listrik dalam kondisi aman dengan minimal 20 hari operasi pada Januari 2022.

Jumlah itu terdiri atas 10,7 juta metrik ton dari kontrak existing dan 9,3 juta metrik ton tambahan untuk meningkatkan ketersediaan batu bara ke level aman.

"Upaya kami salah satunya adalah memaksimalkan batu bara yang awalnya akan diekspor bisa dikirim ke pembangkit PLN," ujar Darmawan.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan bahwa solusi permanen dan jangka panjang terkait pasokan energi primer PLN sangat dibutuhkan demi keandalan pasokan listrik ke masyarakat dan ketahanan energi nasional.

PLN akan bekerja keras, efektif, dan efisien dalam menjaga pasokan energi primer pembangkit. Sebagai langkah antisipasi ke depan, perseroan akan melakukan kontrak jangka panjang dan perikatan volume dengan swing 20%.

Sementara harga batu bara tetap akan mengacu pada regulasi pemerintah dengan skema kirim cost, insurance, and freight (CIF) membeli batu bara dengan harga sampai di tempat atau skema free on board (FOB) membeli batu bara di lokasi tambang.

Di tengah pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi COVID-19, pasokan listrik yang andal sangat dibutuhkan. Untuk itu, PLN akan memastikan bahwa listrik tidak padam. PLN terus berupaya dalam menjaga keandalan pasokan listrik yang berkualitas, mudah diakses dan terjangkau bagi masyarakat di seluruh Indonesia.

"Kami ucapkan terima kasih atas dukungan para mitra pemasok batu bara yang telah membantu PLN mengamankan energi primer untuk pembangkit demi menghindari pemadaman listrik ke masyarakat," ucap Darmawan.

Selain mengapresiasi dukungan mitra pemasok batu bara, Darmawan juga menyampaikan terima kasih atas dukungan pemerintah terhadap kebijakan menghadapi krisis energi.

Menurutnya, seluruh kekuatan bangsa ini bergabung bahu membahu menunjukkan semangat juang dan kekompakan untuk mengatasi permasalahan ini secara permanen.

Di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo yang dioperasionalisasikan oleh Menteri ESDM dan juga Menteri BUMN, bahkan bersama kementerian lain yang terkait, pemerintah telah mengambil langkah-langkah secara cepat yang sangat decisive.

Atas kebijakan pemerintah dan dukungan nyata dari para mitra kerja, pasokan batu bara mulai mengalir deras.

"Kami ucapkan terima kasih atas dukungan Presiden yang turun langsung memberikan arahan jelas berbasis pada filosofi bahwa bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat," pungkas Darmawan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Awali Perdagangan, Rupiah Anjlok ke Rp 15.200 Per Dolar AS

Transaksi mata uang Garuda atau rupiah pagi ini diperdagangkan dalam kisaran Rp 15.165- Rp 15.209 per dolar AS.

EKONOMI | 28 September 2022

Awal Perdagangan, Aksi Jual Picu IHSG Menjauh dari 7.100-an

Pukul 09.13 WIB, IHSG melemah 15,2 poin (0,24%) menjadi 7.094 dan Investor33 melemah menjadi ke 496,1.

EKONOMI | 28 September 2022

IHSG Berpeluang Rebound, Cermati KLBF, HRUM, BBCA, UNTR

Peluang untuk rebound (menguat) masih terbuka bagi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Rabu (28/9/2022).

EKONOMI | 28 September 2022

Wah! Harga Emas Rebound dari Level Terendah 2,5 Tahun

Harga emas di pasar spot naik 0,38% pada US$ 1.627.6707 per ons setelah naik lebih 1% menjadi US$ 1.642,29 di awal sesi.

EKONOMI | 28 September 2022

Harga Minyak Menguat karena Badai Ian Batasi Pasokan

Harga minyak naik dari level terendah 9 bulan sehari sebelumnya, didukung pembatasan pasokan di Teluk Meksiko.

EKONOMI | 28 September 2022

HashMicro Dukung Pemerintah Percepat Transformasi Digital

HashMicro perusahaan penyediaan software perencanaan sumber daya perusahaan bersama pemerintah membangun ekosistem digital Indonesia yang kuat.

EKONOMI | 28 September 2022

NPL KUR Diproyeksi Tidak Lebih 1,5% pada Akhir 2022

Kemenko Perekonomian mencatat kredit bermasalah (NPL) gross kredit usaha mikro (KUR) sampai medio September 2022 terjaga di level 1,03%.

EKONOMI | 28 September 2022

Bursa AS Berguguran, Imbal Hasil ke Level Tertinggi 1 Dekade

Bursa AS Wall Street ditutup di zona merah setelah imbal hasil obligasi atau Treasury tenor 10 tahun terus naik ke level tertinggi.

EKONOMI | 28 September 2022

Bursa Eropa Bervariasi Sikapi Pasar Obligasi Inggris

Bursa Eropa ditutup bervariasi karena kenaikan harga komoditas dan ketidakpastian pasar obligasi Inggris.

EKONOMI | 28 September 2022

Prudential Syariah Luncurkan Kanal Sharia Knowledge Centre

Prudential Syariah meluncurkan Sharia Knowledge Centre (SKC) sebagai inisiatif perseroan untuk membantu meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah.

EKONOMI | 27 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Awali Perdagangan, Rupiah Anjlok ke Rp 15.200 Per Dolar AS

Awali Perdagangan, Rupiah Anjlok ke Rp 15.200 Per Dolar AS

EKONOMI | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings