Logo BeritaSatu

Menteri PUPR Tekankan Estetika Tata Jalan BIL-Mandalika

Kamis, 13 Januari 2022 | 09:20 WIB
Oleh : Siprianus Edi Hardum / EHD

Mandalika, Beritasatu.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pekerjaan penataan koridor Jalan Bypass Bandara International Lombok (BIL)-Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (12/1/2022).

Penataan Jalan bypass mulai dari bandara hingga Sirkuit Mandalika merupakan penugasan Presiden Joko Widodo kepada Kementerian PUPR sebagai persiapan jelang pelaksanaan MotoGP 2022.

Basuki mengatakan, penataan Jalan Bypass BIL-Mandalika harus mengedepankan estetika melalui kegiatan penghijauan dan penataan koridor jalan, termasuk frontage, bahu dan drainasenya.

"Supaya jadi contoh jalan nasional yang baik, saya minta benar-benar dilihat dan dirasakan supaya dapat tastenya. Perhatikan betul pengawasan lansekap, arsitek, dan sentuhan seni supaya dapat betul feeling keindahannya," kata Basuki.

Jalan Bypass BIL - Mandalika sepanjang 17,3 km telah selesai dibangun dan dimanfaatkan untuk mendukung kelancaran event Superbike pada November 2021 lalu. Penataan dilakukan Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Nusa Tenggara Barat, Ditjen Bina Marga meliputi pekerjaan penghijauan berupa penanaman rumput dan pohon, antara lain bougenvile, tabebuya, ketapang kencana, dan pule di median jalan.

Selanjutnya penanganan jalur lambat melalui pengurukan tanah, penanaman rumput dan pohon, seperti jenis trembesi, angsana, pule, dan jati.

Desain penataan jalur lambat membentuk clear zone untuk keamanan dan keselamatan jalan, ditambah tanaman tepi untuk green zone, seperti pucuk merah, bougenville, teh-tehan.

Penghijauan juga dilakukan pada bukit di sepanjang jalan bypass serta pengaman lereng untuk mengurangi risiko longsor dan pembuatan drainase beton sekaligus sebagai pembatas.

Selain badan jalan, penataan juga difokuskan pada Bundaran BIL yang berada di titik nol (STA 0+000), ikon baru di kawasan Mandalika STA 11+100 yang biasa dimanafaatkan warga untuk spot swafoto serta Bundaran Senggung STA 17+363.

Untuk mendukung kelancaran perhelatan MotoGP, Kementerian PUPR juga melakukan penataan dan pelebaran jalan ruas Kuta - Kruak sepanjang 5,3 km. Penataan dilakukan mulai dari Bundaran Sunggung Bypass BIL-Mandalika STA 17.3 hingga Bundaran Tri Putri di Jalan nasional Sengkol - Kuta, termasuk akses utama menuju Sirkuit Mandalika.

Penataan dikerjakan dalam 3 segmen dengan skala prioritas segmen dua mulai SPBU Pertamina hingga pertigaan VVIP Sirkuit Mandalika sepanjang 1.65 km.

Lingkup pekerjaan meliputi pelebaran jalan, termasuk jalur pedestrian, badan jalan, dan median. Pelebaran jalan eksisting menambah lajur menjadi 4 lajur, pembuatan saluran drainase beton, dan perbaikan alinyemen vertikal dan horizontal jalan existing.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jokowi: G-7 dan G-20 Harus Segera Atasi Krisis Pangan

Presiden Jokowi menyerukan negara G-7 dan G-20 memiliki tanggung jawab besar untuk bersama-sama untuk segera mengatasi krisis pangan

EKONOMI | 27 Juni 2022

Kadiifa Harus Jadi Mitra Pemerintah dalam Pengembangan UMKM

Kadiifa diharapkan menjadi mitra pemerintah dalam pengembangan UMKM atau usaha mikro kecil dan menengah.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Jokowi dan Emmanuel Macron Bahas Situasi Ukraina

Di sela-sela pelaksanaan KTT G-7, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di Elmau, Jerman.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Bertemu Kanselir Jerman, Presiden Jokowi Bahas Penguatan Kerja Sama Ekonomi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz di sela-sela KTT G-7 di Elmau, Jerman, Senin (27/6/2022).

EKONOMI | 27 Juni 2022

Dorong Ekonomi Daerah, OJK Resmikan Kantor Regional 7 Sumbagsel

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meresmikan kantor regional 7 Sumatera bagian selatan (KR 7 Sumbagsel), sebagai upaya memperkuat laju perekonomian daerah.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Presiden Jokowi dan PM Modi Bahas Penguatan Kerja Sama Pangan

Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi melakukan pertemuan bilateral di sela-sela KTT G-7 di Elmau, Jerman.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Kassen Fokuskan Penjualan di Pasar Nasional dan Global

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang solusi bisnis data, Kassen kini fokus pada penjualan dan pemasaran produk di pasar nasional dan global.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Siap Right Issue, Bank of India Indonesia Incar Rp 1,38 T

Dana right issue akan digunakan PT Bank of India Indonesia Tbk (BSWD) sebagai pemenuhan kebutuhan permodalan dan ekspansi kredit.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Ingin Beli Solar dan Pertalite? Begini Cara Daftar di MyPertamina

Uji coba pembelian solar dan pertalite lewat aplikasi MyPertamina sementara ini dikhususkan hanya untuk kendaraan roda empat dan lebih.

EKONOMI | 27 Juni 2022

PBB Akui Sektor UMKM Menyumbang 90% Bisnis di Dunia

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengakui usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menyumbang 90% bisnis di dunia.

EKONOMI | 27 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kebocoran Gas Klorin di Yordania, 12 Tewas dan 251 Terluka

Kebocoran Gas Klorin di Yordania, 12 Tewas dan 251 Terluka

NEWS | 17 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings