Logo BeritaSatu

Kemkop dan UKM Kerja Sama Korsel Kembangkan KUKM

Kamis, 13 Januari 2022 | 23:50 WIB
Oleh : Siprianus Edi Hardum / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Pada 2011, Kementerian Koperasi (Kemkop) dan UKM dan Korea Selatan (Korsel) (Ministry of SME's and Startups) sepakat mendirikan Green Business Center (GBC) sebagai bentuk pelaksanaan kerja sama pengembangan koperasi dan UKM berbasis eco-green yang ramah lingkungan.

Dalam perjalanannya, GBC menyediakan kesempatan bagi UKM di Indonesia dan Korsel untuk membangun kerja sama melalui pertukaran teknologi dan business matching antara UKM di Indonesia dan Korsel.

Lebih dari itu, GBC didedikasikan untuk inkubasi, konsultasi, dan membangun UKM dalam mengembangkan bisnis dan industrinya agar dapat mengadopsi atau mempercepat potensi bisnisnya dengan inovasi hijau.

Di depan Senior Advisor GBC, Meliadi Sembiring dan Direktur GBC, Lee Jong Soon; Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim berharap ke depan GBC dapat menjadi pusat pengembangan kewirausahaan, transfer teknologi terutama teknologi yang berwawasan lingkungan. Juga, dapat semakin mendorong kemitraan usaha antara UKM Indonesia dengan UKM Korsel.

"Kita akan terus perkuat kerjasama ini dan saling mendukung dalam pengembangan koperasi dan UKM di Indonesia," kata Arif usai mengikuti rapat Steering Commitee Green Business Business Center (GBC), di Jakarta, Kamis (13/1/2022).

Komitmen tersebut akan dilakukan melalui peningkatan iklim kewirausahaan, pengembangan inkubator wirausaha, dan peningkatan akses pembiayaan bagi wirausaha.

Dari segi reformasi aturan dan regulasi, penyusunan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang KUMKM juga akan memfasilitasi berbagai kemudahan.

Salah satu kemudahan yang diberikan untuk UMKM maupun startup adalah dalam hal mendapatkan inkubasi dari lembaga inkubator, baik inkubator pemerintah pusat, pemerintah daerah, perguruan tinggi, maupun dunia usaha.

Menurut Arif, lembaga inkubasi memiliki peran strategis dalam penciptaan dan pengembangan usaha. Khususnya, bagi usaha-usaha yang berbasis teknologi, berwawasan lingkungan, berorientasi ekspor, maupun berbasis industri kreatif.

Terlebih lagi, lanjut Arif, pihaknya memiliki beberapa program strategis lain yang salah satunya adalah menciptakan sebanyak mungkin produk dari usaha mikro dan kecil setelah dikurasi masuk rantai pasok.

"Intinya, kita akan mendorong usaha mikro dan kecil terhubung pada usaha yang lebih maju. Apalagi, Korea banyak membuka industri di Indonesia. Bagi saya, mereka bisa masuk rantai pasok industri perusahaan Korea Selatan yang ada di Indonesia, itu sudah cukup bagus," jelas Arif.

Di samping itu, Kemkop dan UKM juga memiliki target menumbuhkan banyak wirausaha muda berbasis teknologi. "Kita akan mendesain terciptanya wirausaha-wirausaha muda di Indonesia. Bukan lagi menjadi wirausaha karena susah mencari lapangan kerja. Termasuk melahirkan startup-startup baru, yang unggul, inovatif, dan berdaya saing," ungkap Arif.

Menurut Arif, kedua program tersebut bisa disejajarkan dan disinergikan dengan GBC. "Saya menilai, GBC banyak memiliki kegiatan bagus. Artinya, kita bisa berjalan bersama, dan yang sudah ada akan lebih dioptimalkan lagi," tandas Arif.

Sementara Direktur Green Business Center (GBC) Lee Jong Soon mengatakan bahwa GBC memiliki misi mempercepat Green Business untuk potensi bisnis dengan cara meningkatkan perusahaan digital, yang berdampak baik terhadap lingkungan sebagai upaya untuk masa depan.

"GBC juga menjadi pusat dan penghubung untuk Green Business," imbuh Lee.

Tak hanya itu, GBC juga memiliki banyak kegiatan pendukung, yaitu untuk meminimalisir risiko investasi asing dan membantu meningkatkan daya saing melalui inkubasi.

"Kita juga akan memberikan dukungan pendidikan berskala internasional dan membantu memperluas jaringan, baik di dalam maupun luar negeri. Termasuk memberikan fasilitas bagi tenant seperti konsultasi, pemasaran, dan memberikan update pasar terkini," pungkas Lee.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kemenkominfo Percepat Pembangunan Infrastruktur Digital

Kemenkominfo bersama operator telekomunikasi telah, sedang, dan akan terus melakukan percepatan pembangunan infrastruktur digital.

EKONOMI | 18 Mei 2022

Metaverse Berkembang, Menkominfo: Indonesia Tak Ketinggalan

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menilai metaverse saat ini makin menunjukkan signifikansi di dunia.

EKONOMI | 18 Mei 2022

Rumah.com Permudah Pencari Properti Wujudkan Hunian Impian

Rumah.com membantu pencari rumah mendapat dukungan berupa kepakaran dan jaringan konsultan properti.

EKONOMI | 18 Mei 2022

BPA Bumiputera Terpilih Harus Bertindak Cepat dan Berani

AJB Bumiputera 1912 mengumumkan 11 nama anggota Badan Perwakilan Anggota (BPA) telah lulus seleksi uji kepatutan dan kelayakan dari OJK.

EKONOMI | 18 Mei 2022

Kemendag Ungkap 4 Strategi Gernas BBI untuk Pulihkan Ekonomi

Kemendag mengungkapkan empat strategi Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) untuk pemulihan ekonomi nasional.

EKONOMI | 18 Mei 2022

Begini Upaya MAP Boga Adiperkasa Tingkatkan Penjualan

MAP Boga Adiperkasa akan terus meningkatkan pasokan dengan menyediakan berbagai keperluan barang baik lokal maupun impor.

EKONOMI | 18 Mei 2022

Beri Pelayanan Tertinggi, Good Doctor Terima Sertifikat PSEF

Platform kesehatan digital Good Doctor memperoleh sertifikasi Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi (PSEF).

EKONOMI | 18 Mei 2022

IWIP Dukung Pemberdayaan Nelayan di Halmahera Timur

PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) memberikan bantuan 20 unit perahu fiber lengkap dengan mesin, jangkar, tali, dan pelampung untuk nelayan.

EKONOMI | 18 Mei 2022

Bahlil: Batang Jadi Pusat Investasi, Solo Pasok SDM Unggul

Bahlil Lahadalia berencana menjadikan Kota Solo sebagai salah satu pencetak sumber daya manusia (SDM) unggul.

EKONOMI | 18 Mei 2022

Bahlil: Insyaallah Tesla Masuk ke Kawasan Industri Batang

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia optimitis perusahaan Elon Musk, Tesla bakal masuk ke Indonesia pada tahun ini.

EKONOMI | 18 Mei 2022


TAG POPULER

# Lin Che Wei


# UAS


# Cabul


# Atribut Keagamaan


# Tes Covid-19


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kemenkominfo Percepat Pembangunan Infrastruktur Digital

Kemenkominfo Percepat Pembangunan Infrastruktur Digital

EKONOMI | 15 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings