Logo BeritaSatu

Star Energy dan Schlumberger Rampungkan Teknik Rekahan Panas Bumi

Jumat, 14 Januari 2022 | 06:17 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- PT Star Energy Geothermal (SEG), perusahaan energi panas bumi terbesar di Indonesia dan Schlumberger, penyedia teknologi dunia untuk industri energi menyelesaikan studi bersama dalam mengembangkan solusi terobosan untuk menentukan daerah sweet-spot pengeboran panas bumi.

“Proyek ini merupakan salah satu upaya berkelanjutan Star Energy menerapkan inovasi dan teknologi untuk mengurangi LCOE (Levelized Cost of Electricity) energi panas bumi," kata Chief Executive Officer PT Star Energy Geothermal, Hendra S Tan dalam keterangan tertulisnya Jumat (14/1/2022).

Dia mengatakan cost pengeboran merupakan salah satu komponen biaya utama dari biaya energi panas bumi. "Penerapan teknologi ini memungkinkan SEG mengebor di tempat tepat dengan akurasi dan hasil lebih baik, yang berujung pada pengurangan biaya pengeboran," kata dia.

Hendra mengatakan studi penerapan teknologi ini dimulai pada Lapangan Panas Bumi Darajat, Garut, Jawa Barat. Penggunaannya diharapkan meningkatkan keberhasilan pengeboran sumur dengan memodelkan sistem rekahan alami dan distribusi permeabilitas yang diketahui di bagian area sudah dibor serta memprediksi distribusinya di bagian belum dibor. "Di banyak lapangan panas bumi, produksi bergantung pada keberhasilan penentuan target pemboran terhadap rekahan yang terjadi secara alami di bawah permukaan," kata Hendra.

Chief Asset Management Officer PT Star Energy Geothermal, Ken Riedel mengatakan teknologi ini akan diterapkan untuk meningkatkan hasil pemboran di tiga lapangan SEG. Tahap pertama diterapkan pada Lapangan Darajat pada pemboran 2022 serta pada Lapangan Salak dan Lapangan Wayang Windu pada kampanye selanjutnya.

Sementara Managing Director Schlumberger Indonesia Devan Raj mengatakan pihkanya senang memiliki kesempatan memperluas kerja sama dengan Star Energy Geothermal dalam mengembangkan solusi inovatif dengan memanfaatkan kumpulan ahli dan teknologi dari kedua perusahaan untuk memaksimalkan potensi panas bumi.

Teknologi ini menggabungkan pengetahuan SEG tentang manajemen sumber daya panas bumi pada Naturally Fractured Reservoir dan teknologi Schlumberger dalam mengkarakterisasi rekahan dengan mengunakan aplikasi DELFI Cognitive E&P Environment, melalui proyek yang disebut Fracture Characterization and Optimized Well Placement (FCOWP). Ini adalah studi pertama yang diaplikasikan pada lapangan panas bumi skala besar dan diharapkan memiliki dampak signifikan terhadap optimisasi pengeboran sumur di masa depan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Teten: Klinik UMKM Dukung Pencapaian 30 Juta UMKM Go Digital

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) berkolaborasi dengan Grab menggelar roadshow "Klinik UMKM" di berbagai daerah.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Menkeu: Subsidi Silang, Tarif Listrik 3.000 VA Akan Naik

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan kenaikan tarif listrik untuk pelanggan 3.000 Volt Ampere (VA) ke atas untuk subsidi silang.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Mastercard dan Ayoconnect Dorong Inklusi Keuangan lewat Open Banking

Melalui jaringan embedded finance Ayoconnect, Mastercard menghadirkan insentif bagi masyarakat Indonesia untuk melakukan pembayaran tagihan di platform online.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Bupati Dhito Minta Apersi Ikut Kembangkan Kediri Raya

Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana mendorong Apersi berkontribusi meramaikan pertumbuhan ekonomi di sekitar kawasan Bandara Kediri.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Pelayanan BBM Selama Periode Ramadan dan Lebaran Tuai Pujian

Tidak ada kekurangan pasokan BBM untuk SPBU-SPBU selama Ramadan serta tidak terjadi antrean signifikan terutama di Pertamina Region Jawa Bagian Barat.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Hari Kebangkitan Nasional, Jokowi: Tidak Ada yang Boleh Tertinggal

Memperingati Hari Kebangkitan Nasional, Jokowi menyampaikan pesan, bahwa tidak boleh ada satupun masyarakat Indonesia yang tertinggal dan tersisihkan.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Menkeu Beberkan Asumsi Makro dan Pertumbuhan Ekonomi 2023

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun depan akan mencapai sekitar 5,3% sampai 5,9%.

EKONOMI | 20 Mei 2022

6.300 Anggota REI Komitmen Dukung Pemulihan Ekonomi

Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) menegaskan komitmen siap mendukung pemulihan ekonomi nasional pascapandemi.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Semua Sektor Hijau, IHSG Menguat 1,75%

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 1,75% ke 6.942,45 pada penutupan sesi pertama perdagangan hari ini, Jumat (20/5/2022).

EKONOMI | 20 Mei 2022

Teknologi Blockchain Berperan Penting di Era Industri 4.0

Teknologi blockchain memiliki penerapan yang luas dan peran yang sangat penting khususnya di masa industri 4.0 seperti saat ini.

EKONOMI | 20 Mei 2022


TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
G-20 EdWG 2022: Kemendikbudristek Ajak Pulihkan Pendidikan

G-20 EdWG 2022: Kemendikbudristek Ajak Pulihkan Pendidikan

NEWS | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings