Logo BeritaSatu

Garut Punya Potensi Luar Biasa untuk Ciptakan Sentra Kulit yang Mendunia

Senin, 17 Januari 2022 | 00:15 WIB
Oleh : Siprianus Edi Hardum / EHD

Garut, Beritasatu.com - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemkop dan UKM) mengatakan bahwa Kabupaten Garut memiliki potensi yang luar biasa untuk menjadi sentra kulit untuk produk fesyen.

Sebagai industri kulit yang sudah berdiri sejak tahun 1925, Kabupaten Garut dapat dikembangkan lebih lanjut untuk dijadikan sentra kulit yang besar.

"Ini langkah pertama untuk bisa kembangkan potensi di Garut. Perajin kulit di Garut harus kita kembangkan, talenta pelaku UMKM di sini bisa jadi luar biasa," ungkap Deputi Bidang Kewirausahaan, Kemkop dan UKM, Siti Azizah dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Garut, Minggu (16/1/2022).

Bukan hanya kulit saja, Siti Azizah menambahkan, Kabupaten Garut juga memiliki potensi yang besar dalam pengembangan produk akar wangi, kriya dan wisata geopark.

Dalam kesempatan ini, dia juga mengapresiasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Kabupaten Garut yang dilakukan oleh Bank BJB sebesar Rp 500 juta untuk sektor usaha peternakan sapi pedaging, Bank BNI Rp 400 juta untuk industri pengolahan kopi, Bank Mandiri Rp 200 juta untuk industri kerajinan kulit, dan Bank BRI Rp 50 juta untuk dagang daging domba dan hewan ternak.

"Semoga kita bisa melangkah lebih maju untuk mengembangkan Kabupaten Garut dengan potensi kulit, kriya, geopark dan lainnya," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Poppy Dharsono, mengatakan, dengan potensi sentra kulit ini, Kabupaten Garut dapat membuat produk yang memiliki daya jual tinggi layaknya produk Hermes yang mendunia.

Untuk merealisasikan hal ini, Poppy bahkan membawa pengusaha garmen yang berasal dari Australia yakni David Cohen untuk ikut mengembangkan sentra kulit di Kabupaten Garut.

"Saya membawa pengusaha garmen yang telah membuka industri di Bandung yakni David Cohen asal Australia untuk memberikan mesin bagi pembuatan sentra kulit ini, karena beliau juga mengirimkan produknya untuk British Army dan juga sekolah di Australia," ujar Poppy.

Poppy menambahkan, dirinya memiliki beberapa kenalan di Italia yang bersedia untuk mempromosikan produk UMKM khususnya fesyen di sana.

Dia berharap, Kemkop dan UKM dapat melakukan kerja sama dengan industri garmen Italia untuk mengembangkan sentra kulit di Garut ini.

"Semoga ke depan sentra Garut ini bisa jadi Firenze-nya Indonesia. Saya melihat Garut punya potensi besar sebagai sentra kulit untuk industri fesyen. Saya ingin mengundang duta besar untuk datang ke Garut karena ada banyak potensi baik itu dari segi produk UMKM dan juga wisata," sambungnya.

Sementara itu, Bupati Garut, Rudy Gunawan menegaskan, dengan dukungan dari Kemkop dan UKM dan Poppy Dharsono, produk fesyen berbahan kulit di Kabupaten Garut dapat memiliki nilai jual yang tinggi.

"Dengan adanya dukungan kita bisa membuat produk UMKM yang tadinya harga Rp 2.000 menjadi Rp 2 juta," pungkas Rudy.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ekspansi Bisnis, Hikvision Gandeng Graha Anugrah Elektrindo

PT Graha Anugrah Elektrindo, perusahaan distributor perangkat mekanikal dan elektrikal di Indonesia, mengumumkan kerja sama bisnis dengan Hikvision.

EKONOMI | 24 Juni 2022

5 Rekomendasi Platform E-Commerce untuk Seller di Indonesia

Perkembangan teknologi memungkinkan para penjual atau seller mengembangkan bisnisnya dengan lebih optimal melalui platform e-commerce.

EKONOMI | 24 Juni 2022

CKB Group Dukung Pengembangan Sektor Migas Indonesia

CKB Group turut berpartisipasi di ajang kegiatan Pra Forum Kapasitas Nasional (PFKN) 2022 di Balikpapan yang diselenggarakan SKK Migas.

EKONOMI | 24 Juni 2022

Juli 2022, 4.000 Lebih Outlet Pegadaian Salurkan KUR Syariah

Lebih dari 4.000 outlet Pegadaian siap menyalurkan KUR Syariah mulai bulan Juli 2022 untuk membantu pelaku usaha super mikro.

EKONOMI | 24 Juni 2022

Buka Cabang di Amsterdam, Ekspansi BNI Diapresiasi DPR

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI proaktif melebarkan sayap bisnis internasional setelah sukses membuka jaringan di Amsterdam, Belanda.

EKONOMI | 24 Juni 2022

Himpunan Pengusaha Nahdliyin Ajak Masyarakat Jadi Saudagar

Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) mengajak masyarakat untuk menjadi saudagar demi mengurangi ketimpangan ekonomi.

EKONOMI | 24 Juni 2022

Lebih Efisien, Ondelivery Bantu Optimalkan Bisnis UMKM

Seiring pesatnya pertumbuhan bisnis UMKM, PT Ondel Teknologi Indonesia menangkap peluang tersebut dengan melahirkan Ondelivery.

EKONOMI | 24 Juni 2022

Dukung UMKM, BRI Regional Jakarta 1 Gelar Bazaar Klaster Mantriku

BRI Regional Office Jakarta 1 kembali mengadakan acara Bazaar Klaster Mantriku untuk BRIlian Sahabat UMKM.

EKONOMI | 24 Juni 2022

Bank Victoria Terima Setoran Modal Rp 254,50 Miliar

PT Bank Victoria International Tbk (Bank Victoria) mengumumkan telah menerima setoran modal sebesar Rp 244,50 miliar, dari sejumlah entitas.

EKONOMI | 24 Juni 2022

Ini Ukuran Bank Sukses Versi Doktor Transformasi Digital

Menurut Bayu, ukuran keberhasilan sebuah bank di masa depan tidak sekedar dilihat dari keuntungannya semata.

EKONOMI | 24 Juni 2022


TAG POPULER

# Rima Melati


# Nikita Mirzani Tersangka


# PDIP


# The Minions


# Sri Lanka


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bos Ducati Puji Fabio Quartararo

Bos Ducati Puji Fabio Quartararo

SPORT | 5 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings