Logo BeritaSatu

Gapensi Harapkan Relaksasi Perizinan Jasa Konstruksi

Senin, 17 Januari 2022 | 18:52 WIB
Oleh : FER

Jakarta, Beritasatu.com - Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional (Gapensi) berharap pemerintah dapat memberikan relaksasi perizinan untuk menggairahkan kembali industri konstruksi yang mengalami tekanan akibat pandemi covid-19.

Ketua Umum BPP Gapensi, Iskandar Z Hartawi mengatakan, menjelang pelaksanaan Musyawarah Umum Khusus dan Musyarawah Kerja Nasional (Munasus dan Mukernas) 2022, relaksasi ini dibutuhkan mengingat selama hampir dua tahun ini kontraktor pelaksana konstruksi nasional mengalami pelambatan yang berakibat pada turunnya pendapatan.

"Kami meminta pemerintah untuk memberikan relaksasi kepada pelaku jasa kontruksi nasional terkait persyaratan perizinan berusaha berbasis risiko di sektor pekerjaan umum dan perumahan rakyat dalam kurun waktu dua tahun," kata Iskandar dalam keterangan tertulis, Senin (17/1/2022).

Iskandar menjelaskan, dasar pertimbangan permintaan relaksasi perizinan tersebut adalah bahwa selama pandemi kegiatan usaha, pelaku usaha konstruksi mengalami penurunan tajam yang berpengaruh langsung terhadap perolehan penjualan tahunan, menurunkan nilai equitas, ketidakmampuan berinvestasi pada peralatan, serta terkendala dalam penambahan jumlah tenaga kerja tetap.

"Relaksasi perizianan yang diharapkan itu meliputi persyaratan kemampuan pelaku usaha jasa kontruksi terhadap penjualan tahunan dari tiga tahun menjadi sepuluh tahun, lantas untuk equitas (permodalan) dari semula persubkalsifikasi usaha menjadi equitas badan usaha, sedangkan untuk tenaga kerja tetap per subklasifikasi menjadi tenaga kerja tetap per klasifikasi,” ujar Iskandar.

Selain relaksasi, Gapensi juga mengkritisi kebijakan pemerintah yang menetapkan harga terendah untuk proyek infrastuktur pemerintah. Pasalnya, dalam penawaran yang diberikan pihak kontraktor lokal, sudah mempertimbangkan syarat mutu untuk setiap proyek.

"Dalam setiap penawaran, kami sudah memperhitungkan nilai keekonomian dan syarat mutu kerja sesuai yang diharapkan,kalau terikat dengan harga terendah, kami akan kesulitan untuk memenuhi syarat mutu tersebut," tandas Iskandar.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum IX Gapensi, Didi Aulia menyebutkan para pelaku jasa konstruksi lokal dan nasional juga mengalami tantangan terkait proyek-proyek infrastruktur pemerintah.

"Ada konglomerasi konstruksi yang dikuasai oleh perusahaan konstruksi BUMN, sehingga sangat sulit bagi kontraktor lokal dan nasional untuk bisa berperan dan terlibat dalam proyek infrastruktur tersebut,” kata Didi.

Padahal, menurut Didi, jasa konstruksi memberikan multiplier effect kepada sektor lainnya dan memberikan lapangan pekerjaan kepada sekitar 8 juta pekerja jasa konstruksi. Selain itu, dengan keterlibatan kontraktor lolal, ekonomi daerah juga dapat terangkat.

Menurut Didi, saat ini proyek infrastruktur di daerah sangat marak dan mendapat dukungan penuh dari pemerintahan Presiden Jokowi. Proyek tersebut, seharusnya dapat melibatkan kontraktor lokal dalam pengerjaannya.

”Pemerintah dapat menerbitkan regulasi yang berpihak kepada badan usaha konstruksi swasta kecil dan menengah untuk mengakhiri konglomerasi BUMN di sektor jasa konstruksi, yang hingga saat ini masih berlangsung dan menutup kesempatan serta peluang bagi pengusaha swasta,” kata Didi.

Didi mengungkapkan, di Indonesia ada sekitar 150.000 pelaksana jasa konstruksi. Dengan keberpihakan pemerintah, diharapkan dapat memberikan angin segar bagi para kontraktor lokal untuk dapat meningkatkan daya saing dan kualitas kerja.

"Kalau jasa konstruksi nasional maju, maka sektor pendukung lainnya tentu akan turut berkembang dan dapat memberikan kontribusi positif bagi perekonomian Indonesia,” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

RUPST MPMX Setujui Pembagian Dividen Tunai Rp 800 Miliar

PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) akan membagikan dividen final tunai tahun buku 2021 kepada para pemegang saham sebesar Rp 180 per saham.

EKONOMI | 19 Mei 2022

Kinerja Cemerlang, Bank DKI Raih Penghargaan Top BUMD 2022

Bank DKI meraih penghargaan Top BUMD 2022 sebagai salah satu BPD berpredikat excellent pada kategori KBMI 2.

EKONOMI | 19 Mei 2022

Meski Dibayangi Tren Sell in May, IHSG Dinilai Masih Menarik

IHSG masih menarik di tengah tren koreksi tahunan ‘Sell in May and Go Away’ serta tekanan kenaikan suku bunga acuan AS.

EKONOMI | 19 Mei 2022

Sustainable Financing Jadi Program Prioritas BCA, Yuk Simak

BCA berupaya mengimplementasikan pilar-pilar keberlanjutan ESG dalam seluruh aktivitas bisnis perusahaan.

EKONOMI | 19 Mei 2022

Bank Neo Targetkan Salurkan Digital Lending Rp 12 Triliun

PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC) menargetkan penyaluran produk digital lending mencapai Rp 10-12 triliun hingga akhir 2022.

EKONOMI | 19 Mei 2022

Sah, Krakatau Steel Tambah Kepemilikan di Krakatau Posco

RUPSLB PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) menyetujui peningkatan kepemilikan saham perseroan di PT Krakatau Posco (PTKP) menjadi 50% dari saat ini 30%.

EKONOMI | 19 Mei 2022

Hipmi Business Forum Buka Akses Produk UMKM ke Pasar Global

Hipmi berupaya membuka akses pasar produk UMKM dari seluruh Indonesia ke pasar global termasuk Amerika dan Eropa.

EKONOMI | 19 Mei 2022

Raih Pendanaan, Pitik Kembangkan Teknologi Peternakan Unggas

Dengan dana segar ini, Pitik akan terus mengembangkan teknologi serta memperluas ekosistemnya untuk memberdayakan lebih banyak peternak ayam di Indonesia.

EKONOMI | 19 Mei 2022

Metaverse Berpeluang Jadi Ekonomi Baru Capai US$ 3 Triliun

Metaverse dinilai mampu menjadi ekonomi baru dengan perputaran uang hingga US$ 3 triliun dalam 10 tahun mendatang.

EKONOMI | 19 Mei 2022

Siap IPO, Hoffmen Cleanindo Bidik Dana Segar Rp 56,1 Miliar

PT Hoffmen Cleanindo siap melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan menggelar Initial Public Offering (IPO).

EKONOMI | 19 Mei 2022


TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menkominfo Dorong Kampus Penuhi Kebutuhan Talenta Digital

Menkominfo Dorong Kampus Penuhi Kebutuhan Talenta Digital

NEWS | 6 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings