Logo BeritaSatu

Krakatau Sarana Properti Terapkan Sistem Digitalisasi untuk Menarik Investor

Selasa, 18 Januari 2022 | 14:55 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - PT Krakatau Sarana Properti (KSP) yang merupakan anak perusahaan dari perusahaan BUMN Krakatau Steel terus berbenah untuk bisa menarik investor dari dalam dan luar negeri. Salah satunya adalah dengan menerapkan sistem digitalisasi dan juga terintegrasi.

Vice President Industrial Properti PT Krakatau Sarana Properti Nur Wijayanto mengatakan, sistem digitalisasi sudah mulai diterapkan untuk mempermudah proses operasionalisasi dan juga komersialisasi.

“Kenapa musti digitalisasi karena penyewa dan juga investor banyak, transaksi besar sehingga harus ada sebuah sistem yang bisa mengetahui kapan sewa habis, kapan perpanjang HGB dan lain-lain. Makanya dibuat sistem digitalisasi bukan hanya untuk pergudangan tetapi juga untuk seluruh kawasan industri,” kata Nur dalam keterangannya di Cilegon, Selasa (18/1/2022).

Kata Nur, sebelum diterapkan sistem digitalisasi semua proses operasional dan komersialisasi hanya mengandalkan catatan dan ingatan. Sejak diterapkan sistem digitalisasi, tambah Nur, PT KSP tahu kondisi kawasan industri secara real time baik kondisi secara operasional maupun kondisi komersialisasi.

Selain sistem digitalisasi, PT KSP juga menerapkan sistem yang terintegrasi. Nur mengumpamakan, investor yang ingin menanamkan modalnya di kawasan industri di Cilegon, Banten cukup membawa koper saja.

“Kawasan industri yang ideal itu harus terintegrasi dan parsial. Kawasan industri yang dikelola PT KSP ini sangat terintegrasi karena sesama anak perusahaan PT Krakatau Steel lainnya sudah berkolaborasi. Jadi, kalau mau investasi di Cilegon cukup bawa koper saja karena semua infrastruktur penunjang sudah tersedia seperti listrik, air, gas dan lain-lain,” jelas Nur.

Nur menambahkan, investor asing dan lokal tidak perlu ragu untuk berinvestasi di kawasan industri Cilegon karena kawasan ini dikelola anak perusahaan BUMN yang artinya dikelola oleh negara.

“Termasuk sertifikat tanah dari negara, tidak akan ada yang berani menggugat. Jadi, hal tersebut setidaknya bisa memberikan ketenangan hati buat investor, penanam modal, taipan dan pebisnis untuk investasi di kawasan industri yang dikelola PT KSP,” jelas Nur.

Menurut Nur, jumlah investor yang berinvestasi di kawasan industri Cilegon masih imbang antara lokal dan asing. Untuk investor asing sebagian besar berasal dari Jepang dan Korea. Kawasan industri yang dikelola PT KSP luasnya 550 hektare di kawasan satu, ditambah 80 hektare di kawasan dua dan 450 hektare di kawasan tiga. PT KSP mempunyai tiga lini bisnis yaitu kawasan industri, properti komersial dan properti perumahan.

“Kita ambil contoh kalau ada pembangunan pabrik dengan luas 2 hektare di kawasan industri, kan mereka harus punya karyawan. Kalau sudah ada karyawan lalu harus ada perumahan untuk karyawan. Lalu harus ada warung juga, sekolah dan lain-lain. Itu menimbulkan efek bola salju,” pungkas Nur.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pengguna Aplikasi iKas RUN System Naik 25 Kali Lipat

Aplikasi iKas adalah aplikasi produktivitas untuk usaha mikro yang dikembangkan oleh RUN System. Saat ini iKas memiliki 7.000 pengguna.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Baru Dibuka, IHSG Langsung Terjun 0,6%

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah 0,63% ke 6.751,5 pada awal perdagangan hari ini, Senin (4/7/2022).

EKONOMI | 4 Juli 2022

Minim Sentimen Penggerak, Bursa Asia Dibuka Bervariasi

Bursa Asia Pasifik dibuka bervariasi pada awal perdagangan hari ini. Investor menantikan keputusan bank sentral Australia dan Malaysia pekan ini.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Air New Zealand Siapkan Tempat Tidur untuk Kelas Ekonomi

Air New Zealand baru-baru ini mengumumkan “pod” pertama di dunia untuk penerbangan kelas ekonomi, yang akan diluncurkan pada tahun 2024.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Phintraco Sekuritas: IHSG Potensi Rebound, Cermati BCA dan PGAS

Phintraco Sekuritas memprediksi IHSG hari ini bergerak fluktuatif. IHSG diperkirakan akan bergerak pada resistance 6.910, pivot 6.830, dan support 6.730.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Mei, Premi Mandiri Inhealth Capai Rp 1,75 Triliun

PT Asuransi Jiwa InHealth Indonesia (Mandiri Inhealth) membukukan pendapatan premi sebesar Rp 1,75 miliar hingga Mei 2022.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Kemenhub Akan Tata Pelabuhan-pelabihan di Bangka

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan penataan pelabuhan-pelabuhan yang ada di Provinsi Bangka Belitung.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Pemegang Saham Pradiksi Gunatama Setujui Perubahan Direksi

Para pemegang saham Pradiksi Gunatama menyetujui pengunduran Indra Irawan selaku direktur utama dan mengangkat Jooyoung Lee.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Anis Byarwati Dorong Edukasi Keuangan dan Ekonomi Syariah

Anis Byarwati meminta pelaku industri keuangan syariah komitmen dalam mendorong edukasi keuangan dan ekonomi syariah.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Paulus Waterpauw: Laporan Keuangan Bukan Ukuran Pembangunan

Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw menegaskan laporan realisasi keuangan bukan ukuran pembangunan.

EKONOMI | 3 Juli 2022


TAG POPULER

# Apriyani/Fadia Juara


# Elon Musk


# Yusuf Mansur


# Ahmad Dhani


# KM Setia Makmur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pengguna Aplikasi iKas RUN System Naik 25 Kali Lipat

Pengguna Aplikasi iKas RUN System Naik 25 Kali Lipat

EKONOMI | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings