Logo BeritaSatu

Menteri PPN Pastikan Pendanaan IKN Tak Bebani APBN

Selasa, 18 Januari 2022 | 15:23 WIB
Oleh : Triyan Pangastuti / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah memastikan pendanaan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Baru tidak akan membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa mengatakan, pemerintah akan membuat skema bisnis model baru untuk pendanaan IKN.

"Apakah akan beratkan APBN? Tidak, kami akan membuat adaptasi bisnis model sedemikian rupa sehingga tidak memberatkan APBN dan justru akan menambah aset-aset sedemikian rupa," kata Menteri PPN dalam konferensi pers, Selasa (18/1/2022).

Menurut Suharso, adapun dana dari APBN yang sebesar 53% dari total seluruh pendanaan IKN di tahun 2022 merupakan kelanjutan dari proyek PUPR yang sudah berjalan sejak tahun 2021.

"Ini pembangunan yang sudah dimulai dari tahun 2021, misalnya untuk bendungan di Sepaku, jalan akses, kemudian jalan logistik, itu yang sudah dibangun," tutur Suharso.

Menteri PPN mengatakan, berbagai skema pendanaan pembangunan IKN akan diciptakan untuk menjaga kesinambungan fiskal ke depan. Perencanaan ini, lanjut dia, sudah melalui kajian matang dan strateginya akan berbeda untuk memenuhi kebutuhan pendanaan dan menghindari penarikan utang jangka panjang.

"Alhasil, keputusan yang diambil juga tidak akan membebani anak cucu di masa depan. Jurus-jurus (pendanaan) akan berbeda, dan visi bisnis pemerintah tentu tajam untuk ini," kata Suharso Monoarfa.

"Kita tidak serta merta akan merugikan anak cucu kita kedepan sama sekali tidak. Jadi isu itu sama sekali saya berani untuk menolaknya, jadi benar-benar kami memperhitungkan secara telaten dan teliti," tambahnya.

Menteri PPN menegaskan, pemerintah akan memaksimalkan pendanaan kreatif, seperti skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) maupun skema pendanaan swasta/BUMN/BUMD.

Selain itu, Bappenas akan berkolaborasi dan bersinergi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terkait pemenuhan anggaran dan dalam implementasinya juga akan dilakukan skema gas dan rem secara terukur.

"Dengan telah disahkan UU IKN, pembangunan IKN akan terus berlanjut meskipun sudah berganti kepemimpinan," tandasnya.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan anggaran untuk pembangunan ibu kota negara ini akan dibagi lima tahap. Tahapan pertama akan dilaksanakan pada tahun ini.

"Ada lima tahapan, pertama tahun 2022 hingga 2024 dan diikuti tahap kedua, ketiga, keempat dan kelima 2025 hingga 2045," kata Sri Mulyani.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kadin Jatim Targetkan Bangun Rumah Vokasi di Lima Kabupaten

Selain menyiapkan konsultan vokasi, Kadin Jatim akan membangun rumah vokasi di lima kabupaten, yaitu Gresik, Pasuruan, Tuban, Kediri dan Banyuwangi.

EKONOMI | 25 Juni 2022

BFI Finance Agresif Garap Pembiayaan Industri Percetakan

PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFI Finance) agresif menggarap pembiayaan di industri percetakan yang belakangan pasarnya semakin tumbuh pesat.

EKONOMI | 25 Juni 2022

PJB dan Icon+ Optimalkan Aset untuk Layanan Telematika

Kerja sama PJB dan Icon+ dilakukan untuk mendukung keandalan sinyal telekomunikasi, terutama untuk kegiatan operasional di unit-unit pembangkit PJB.

EKONOMI | 25 Juni 2022

Harga Timah ICDX Masih Tinggi di Tengah Perlambatan Ekonomi Global

Harga timah ICDX masih melaju kuat di kisaran US$ 35.000 per metrik ton, di tengah sejumlah sentimen pasar yang menyebabkan melemahnya harga timah.

EKONOMI | 25 Juni 2022

Dirut PTBA Raih Penghargaan The Global Emerging Leader 2022

Dirut PTBA Arsal Ismail berhasil mendapat penghargaan The Global Emerging Leader Award 2022 dalam kategori Mining Industry Environment Preservation.

EKONOMI | 25 Juni 2022

Presiden Perintahkan Kementerian Investasi Kawal Investasi Foxconn

Jokowi memerintahkan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia untuk mengawal mulai dari proses awal hingga eksekusi investasi Foxconn di Indonesia.

EKONOMI | 25 Juni 2022

IDEAL Luncurkan Platform untuk Ajukan KPR Secara Digital

Startup fintech IDEAL melakukan soft launching platform agregator layanan kredit kepemilikan rumah (KPR) secara digital.

EKONOMI | 25 Juni 2022

Merger Berbuah Positif, Laba Pelindo Naik Jadi Rp 3,2 T

Kinerja audited PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo tahun 2021 pasca-merger meningkat. Perseroan berhasil catatkan laba sebesar Rp 3,2 triliun.

EKONOMI | 25 Juni 2022

Kemenkominfo Bangun 4 Pusat Data Nasional

Pusat Data Nasional dibangun di Kawasan Deltamas Industrial Estate, Nongsa Digital Park, Ibu Kota Negara baru di Kalimantan Timur, serta Labuan Bajo.

EKONOMI | 25 Juni 2022

Bursa Eropa Ditutup Menguat di Tengah Tekanan Inflasi

Bursa Eropa ditutup naik tajam pada hari Jumat (24/6/2022), mengakhiri minggu yang bergejolak karena investor di seluruh dunia berada di bawah tekanan inflasi.

EKONOMI | 25 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Indosurya


# One 160


# HUT Jakarta


# Jokowi 3 Periode


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
110 Orang Pasien Covid-19 Dirawat di Wisma Atlet Kemayoran

110 Orang Pasien Covid-19 Dirawat di Wisma Atlet Kemayoran

NEWS | 36 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings