Logo BeritaSatu

Bursa Eropa Jatuh karena Imbal Hasil Naik, Ubisoft Meroket 12%

Rabu, 19 Januari 2022 | 05:55 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

London, Beritasatu.comBursa Eropa ditutup melemah pada Selasa (19/1/2022), karena investor merespons perkembangan pasar minyak dan obligasi.

Pan-European Stoxx 600 ditutup ambles 1%, dengan saham teknologi melemah 2,2% memimpin penurunan. Sebagian besar sektor dan bursa utama ke wilayah negatif. Saham minyak dan gas mencatat kenaikan 1,1% didukung lonjakan harga minyak dunia di tengah meningkatnya ketegangan di Timur Tengah.

Bursa global akhir-akhir ini fokus pada seberapa cepat bank sentral Amerika Serikat (the Fed) akan menaikkan suku bunga dan memperketat kebijakan moneter era pandemi yang longgar.

Kecenderungan bank sentral yang semakin hawkish telah menaikkan imbal hasil obligasi AS, yang melonjak lagi pada Selasa dan mengguncang aset berisiko seperti saham. Di Eropa, imbal hasil pada acuan emas Inggris naik menjadi 1,222%. Sebagai gambaran, imbal hasil obligasi bergerak berbanding terbalik dengan harga.

Dalam pergerakan harga saham, dealer mobil bekas Jerman Auto1 Group turun 3,9% setelah rilis pendapatan kuartal keempat.

Di puncak indeks blue chip Eropa, penerbit video game Prancis Ubisoft naik 11,9% setelah berita bahwa Microsoft telah setuju mengakuisisi Activision Blizzard senilai US$ 69 miliar. Langkah ini menimbulkan spekulasi bahwa penerbit saingannya, seperti CD Projekt Polandia, rentan terhadap pengambilalihan itu. Saham CD Projekt naik 1,3%.

Saham AS turun tajam pada hari Selasa karena investor bereaksi terhadap kenaikan imbal hasil obligasi, setelah pasar ditutup pada Senin untuk memperingati Martin Luther King.

Kembali di Eropa, Dewan Urusan Ekonomi dan Keuangan bertemu di Brussels pada Selasa. Pertemuan itu sehari setelah Kanselir Jerman Olaf Scholz dan Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez berjanji akan bekerja sama lebih dekat dalam kebijakan kontinental meskipun ada perbedaan atas pelonggaran aturan fiskal Uni Eropa (UE).

Sementara survei sentimen ekonomi ZEW Jerman Januari di atas ekspektasi, mencapai 51,7 poin dibandingkan 29,9 pada Desember, dengan jajak pendapat Reuters memproyeksikan pembacaan 32,0.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: CNBC

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

WEF 2022, Dirut BRI: Tingkatkan Inklusi Keuangan, Hindari Pinjaman yang Kaku

Di WEF 2022, Dirut BRI Sunarso ungkap karakter yang dimiliki oleh nasabah BRI adalah tidak nyaman dengan produk pinjaman konvensional perbankan yang kaku.

EKONOMI | 26 Mei 2022

CEO GoTo di WEF: Ekosistem Digital Bisa Tekan Kesenjangan Ekonomi

CEO PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo), Andre Soelistyo, menjadi salah satu pembicara utama dalam rangkaian acara WEF 2022 di Davos, Swiss.

EKONOMI | 26 Mei 2022

Ketimbang Nunggu Elon Musk, Lebih Baik Dukung Anak Bangsa

Pemerintah dinilai lebih baik merangkul anak bangsa untuk kembangkan kendaraan listrik dan teknologi EBT ketimbang menunggu janji investasi Elon Musk.  

EKONOMI | 26 Mei 2022

Bursa Asia Dibuka di Zona Merah di Tengah Sentimen the Fed

Bursa Asia-Pasifik bergerak melemah pada perdagangan Kamis pagi (26/5/2022) setelah the Federal Reserve AS mengatakan akan menaikan suku bunga 50 basis poin.

EKONOMI | 26 Mei 2022

Cara Mendapatkan Tokopedia Paylater untuk Mahasiswa yang Kerja Paruh Waktu

Tokopedia paylater adalah metode pembayaran di Tokopedia yang memungkinkan Anda untuk menggunakan aplikasi paylater rekanan Tokopedia untuk bertransaksi.

EKONOMI | 26 Mei 2022

Sandiaga Uno Ajak UMKM Kolaborasi dengan Platform Digital

Sandiaga Uno mengajak para pelaku UMKM untuk berkolaborasi dengan platform digital agar dapat ciptakan peluang usaha.

EKONOMI | 26 Mei 2022

Setelah 3 Hari Naik, Harga CPO Akhirnya Turun

Setelah 3 hari reli, harga kontrak Crude Palm Oil (CPO) di Bursa Malaysia Derivatives terkoreksi pada penutupan Rabu (25/5/2022).

EKONOMI | 26 Mei 2022

Harga Minyak Mentah Naik Tipis di Tengah Kurangnya Pasokan

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Juli naik 47 sen atau 0,4%, menjadi US$ 114,03, WTI naik 0,5% ke US$ 110,33.

EKONOMI | 26 Mei 2022

Wall Street Menguat Menyusul Risalah Rapat the Fed

Indeks-indeks acuan Wall Street naik pada hari Rabu (25/5/2022) setelah risalah pertemuan kebijakan the Federal Reserve menunjukkan kenaikan suku bunga.

EKONOMI | 26 Mei 2022

The Federal Reserve Bakal Naikkan Suku Bunga 50 Bps Lagi

“Sebagian besar peserta menilai bahwa kenaikan 50 basis poin kemungkinan akan terjadi pada beberapa pertemuan berikutnya,” kata the Federal Reserve.

EKONOMI | 26 Mei 2022


TAG POPULER

# BRI Majalengka


# Perumahan Pantai Mutiara


# UU PPP


# UAS


# Harga CPO


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dari Covid-19 hingga Migor, Ini Sederetan Tugas "Menteri Serba Bisa" Luhut

Dari Covid-19 hingga Migor, Ini Sederetan Tugas "Menteri Serba Bisa" Luhut

NEWS | 21 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings