Logo BeritaSatu

Jokowi Dorong Kemudahan Akses Permodalan bagi UMKM

Kamis, 20 Januari 2022 | 12:56 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong kemudahan akses permodalan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia dengan berbagai terobosan serta diikuti aksi-aksi serius. Meskipun pelaku usaha UMKM di Tanah Air jumlahnya besar, tetapi hingga saat ini porsi kredit di perbankan masih berkutat di kisaran 20%.

"Seperti tadi disampaikan oleh Bapak Ketua OJK bahwa target kita di tahun 2024, bisa mencapai 30% porsi untuk UMKM. Untuk bisa sampai ke angka tersebut, kita tidak bisa mengandalkan pertumbuhan alamiah saja, diperlukan strategi yang harus dijalankan dengan terobosan-terobosan dari sekarang dan diikuti aksi-aksi yang serius, konsisten, dan berkelanjutan,” kata Jokowi dalam sambutannya secara virtual pada Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan Tahun 2022 dan Peluncuran Taksonomi Hijau Indonesia dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (20/1/2022).

Karena itu, Jokowi tidak mau ada lagi pelaku usaha di sektor informal mengalami kesulitan mengakses kredit atau pembiayaan. "Tidak boleh lagi ada cerita misalnya akses kredit yang sulit, akses pembiayaan bagi pelaku usaha di sektor informal sulit, UMKM kesulitan mengakses permodalan, korporasi sulit mengakses permodalan,” ujar Jokowi.

Hal ini harus dipermudah dan bisa dipercepat sehingga memberikan peluang besar bagi generasi muda yang memulai usaha dan UMKM untuk mengembangkan usaha, atau memperbesar skala usahanya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengungkapkan UMKM bisa menjadi komponen penting untuk pemulihan ekonomi nasional. Tak hanya itu, UMKM juga berperan dalam mengatasi persoalan bottleneck supply chain akibat tingginya tren kenaikan permintaan yang belum mampu dipenuhi para pemasuk karena belum pulihnya rantai pasok global.

"Keberhasilan UMKM bertransformasi di masa pandemi bisa menjadi modal awal yang penting untuk membawa mereka naik kelas, ke tingkat, ke level yang lebih tinggi, dan menjadi motor penggerak pemulihan ekonomi yang sedang kita lakukan,” terang Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga menyampaikan pembangunan infrastruktur masih terus dipacu dan dilanjutkan dengan reformasi di bidang manufaktur dan industri. Hilirisasi mineral dan ekspor barang-barang olahan hasil tambang juga akan terus ditingkatkan. "Bolak-balik saya sampaikan setelah nikel akan kita stop, bauksit akan kita stop, tembaga akan kita stop, timah akan kita stop, emas akan kita stop untuk tidak diekspor dalam bentuk raw material atau bahan mentah," tutur Jokowi.

Di samping itu, pemerintah juga akan terus menambah dan meningkatkan pembangunan berbagai kawasan industri dan kawasan ekonomi khusus yang diharapkan dapat menjadi sumber pertumbuhan baru, meningkatkan ekspor manufaktur, dan menciptakan nilai tambah bagi perekonomian nasional.

Kebijakan reformasi struktural juga akan terus dilanjutkan dengan berfokus pada pembangunan ekonomi berbasis lingkungan, sosial, dan pemerintahan, serta terus mendorong transformasi teknologi dan digitalisasi dalam upaya mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. "Saya mengharapkan dukungan dari sektor dan industri jasa keuangan untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi dan menyukseskan agenda reformasi struktural tersebut," tegas Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Harga Emas Catat Kenaikan Mingguan karena Pelemahan Dolar

Harga emas di pasar spot naik 0,17% menjadi US$ 1.844,82 per ons, sementara harga emas berjangka AS menguat 0,12% menjadi US$ 1.843,5.

EKONOMI | 21 Mei 2022

Harga Minyak Naik karena Pelonggaran Lockdown Tiongkok

Harga minyak naik tipiskarena rencana larangan Uni Eropa terhadap minyak Rusia dan pelonggaran penguncian Covid-19 di Tiongkok.

EKONOMI | 21 Mei 2022

Meski Larangan Ekspor CPO Dicabut, RI Bukan Eksportir Terbesar Lagi

Dengan kembali dibukanya keran ekspor CPO, tidak menjadikan Indonesia dalam waktu dekat sebagai negara pengekspor CPO terbesar lagi.

EKONOMI | 21 Mei 2022

Klaster Baru Green Paradise City Milik Samara Rampung 2022

Samara Land menargetkan klaster terbaru Green Paradise City di Parung Panjang, bisa rampung pada tahun 2022.

EKONOMI | 21 Mei 2022

Wall Street Bak Roller Coaster karena Kekhawatiran Resesi

Meningkatnya kekhawatiran resesi mendorong bursa AS Wall Street masuk ke pasar bearish (tertekan) pada Jumat (20/5/2022).

EKONOMI | 21 Mei 2022

Bursa Eropa Ditutup Menguat di Tengah Minggu yang Fluktuatif

Stoxx 600 pan- bursa Eropa bertambah 0,5% dengan saham perjalanan dan liburan menguat 2% memimpin kenaikan.

EKONOMI | 21 Mei 2022

POJK Perlindungan Konsumen Dorong Masyarakat Paham Haknya

Aturan perlindungan konsumen mendorong masyarakat lebih paham hak dan kewajibannya sebagai pengguna produk dan layanan jasa keuangan.

EKONOMI | 21 Mei 2022

Investasi di GOTO, Ini Pandangan Pengamat Pasar Modal

Perusahaan yang berinvestasi di GOTO bukan melihat kenaikan harga saham dalam jangka pendek tetapi bisnis jangka panjangnya.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Pengelolaan Arsip BP Jamsostek Raih Penghargaan ANRI

Berdasarkan hasil pengawasan yang dilakukan ANRI selama tahun 2021, BP Jamsostek berhasil mengungguli 31 kandidat lainnya.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Pelayanan BBM Patra Niaga Selama LebaranDinilai Optimal

Keberhasilan memberikan pelayanan BBM tidak terlepas dari inovasi PT Pertamina Patra Niaga dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

EKONOMI | 20 Mei 2022


TAG POPULER

# DNA Pro


# CPO


# PDSI


# SEA Games


# Hari Kebangkitan Nasional


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BMKG: Jakarta Berpotensi Diguyur Hujan Disertai Petir

BMKG: Jakarta Berpotensi Diguyur Hujan Disertai Petir

NEWS | 14 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings