Logo BeritaSatu

Outstanding Pembiayaan Fintech Lending Capai Rp 29,88 Triliun

Kamis, 20 Januari 2022 | 18:13 WIB
Oleh : Prisma Ardianto / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Outstanding pembiayaan financial technology (fintech) P2P lending per Desember 2021 mencapai Rp 29,88 triliun, meningkat 2,43% secara bulanan (month to month/mtm). Peningkatan itu sekaligus menandai terjadi perputaran uang yang produktif.

Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Riswinandi mengatakan, seluruh platform atau 103 penyelenggara fintech lending saat ini sudah mengantongi status berizin dari OJK. Para penyelenggara tersebut sudah mencatatkan akumulasi pembiayaan lebih Rp 200 triliun sejak 2016-2021.

"Tapi yang menggembirakan bahwa posisi per akhir Desember 2021 kurang lebih (outstanding) Rp 29,88 triliun. Artinya, ini kan berputar uangnya. Jumlah akumulasi peminjam mencapai 73 juta rekening peminjam (tumbuh 68%)," jelas Riswinandi dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan Tahun 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (20/1/2022).

Dia menerangkan, saat ini OJK sedang merampungkan aturan terbaru bagi fintech lending. POJK 77/2016 bakal diperbarui dan disempurnakan. Sayangnya, Riswinandi tidak menyebutkan waktu pasti untuk regulasi terbaru itu diterbitkan. "Sekarang drafnya sedang finalisasi, mudah-mudahan bisa cepat selesai. Tentu target kita ingin cepat selesai, karena kalau ini selesai nanti sekalian kita umumkan peraturan baru sekaligus mencabut moratorium," kata dia.

Riswinandi menerangkan, jika moratorium perizinan fintech lending dicabut, maka pengajuan entitas baru sudah harus berorientasi langsung mengantongi status berizin, tidak ada lagi memulai dengan status terdaftar. Hal itu sejalan dengan kebijakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang baru akan mengeluarkan sertifikasi setelah entitas fintech lending mendapat status berizin dari OJK.

Selain dari sisi regulasi, kata dia, OJK menyiapkan infrastruktur untuk mengawasi fintech lending. Dalam hal ini OJK memiliki pusat data fintech lending (Pusdafil) untuk memonitor perkembangan penyelenggara.

Berikutnya, Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) turut serta menghadirkan fintech data center (FDC), layaknya SLIK bagi perbankan dan multifinance. FDC memiliki peran agar seluruh penyelenggara bisa terhubung dan melihat profil peminjam, guna menghindari pihak tidak bertanggung jawab yang meminjam pada banyak platform.

Riswinandi menuturkan, OJK berharap kualitas FDC bisa ditingkatkan sehingga proses penilaian juga bisa lebih baik. Pada akhirnya, hal itu turut serta menjaga tingkat keberhasilan bayar 90 hari (TKB 90) tetap baik dan menjaga kepercayaan pada pemberi pinjaman (lender).

Di sisi lain, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan, fintech lending merupakan subsektor keuangan digital yang relatif masih baru. Meski begitu, industri fintech lending dinilai memberikan dampak positif kepada percepatan akses masyarakat ke produk dan jasa keuangan.

OJK menyadari bahwa pemahaman masyarakat atas produk dan jasa keuangan digital tidak sepadan dengan pemahaman risiko. Perselisihan (dispute) pun pada akhirnya tidak bisa dihindari, baik pembiayan yang didapat dari pinjaman online ilegal (pinjol) maupun maupun fintech lending legal. "OJK bersama Polri dan Kemenkominfo, BI, Kemenkop UKM, menandatangani surat keputusan bersama pada 20 Agustus 2021. Dengan demikian kami akan meningkatkan literasi dan edukasi dan penegakkan hukum, dalam rangka perlindungan nasabah sektor keuangan," kata Wimboh.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Subsidi Energi Ditambah, Erick Sebut Tarif Tidak Naik

Erick Thohir menyambut baik dukungan DPR terhadap usulan pemerintah melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani terkait penambahan subsidi energi.

EKONOMI | 21 Mei 2022

Sona Dorong Pengusaha dan UMKM Jakarta Tembus Pasar Global

Sona menegaskan, Hipmi Jaya senantiasa mengajak pengusaha dan UMKM Jakarta memanfaatkan kesempatan dan peluang usaha yang ada di pasar global.

EKONOMI | 21 Mei 2022

Mentan Sebut Stok Hewan Ternak untuk Iduladha Aman dari PMK

Mentan Syahrul Yasin Limpo mengatakan stok hewan ternak untuk hari raya Iduladha dipastikan aman dari PMK.

EKONOMI | 21 Mei 2022

Pekan Ini IHSG Naik 321 Poin, Kapitaliasi Tambah Rp 286 T

IHSG sepanjang pekan ini meningkat 321 poin (4,85%) menjadi 6.918,144 dari posisi 6.597,993 pada pekan sebelumnya.

EKONOMI | 21 Mei 2022

Harga Emas Catat Kenaikan Mingguan karena Pelemahan Dolar

Harga emas di pasar spot naik 0,17% menjadi US$ 1.844,82 per ons, sementara harga emas berjangka AS menguat 0,12% menjadi US$ 1.843,5.

EKONOMI | 21 Mei 2022

Harga Minyak Naik karena Pelonggaran Lockdown Tiongkok

Harga minyak naik tipiskarena rencana larangan Uni Eropa terhadap minyak Rusia dan pelonggaran penguncian Covid-19 di Tiongkok.

EKONOMI | 21 Mei 2022

Meski Larangan Ekspor CPO Dicabut, RI Bukan Eksportir Terbesar Lagi

Dengan kembali dibukanya keran ekspor CPO, tidak menjadikan Indonesia dalam waktu dekat sebagai negara pengekspor CPO terbesar lagi.

EKONOMI | 21 Mei 2022

Klaster Baru Green Paradise City Milik Samara Rampung 2022

Samara Land menargetkan klaster terbaru Green Paradise City di Parung Panjang, bisa rampung pada tahun 2022.

EKONOMI | 21 Mei 2022

Wall Street bak Roller Coaster karena Kekhawatiran Resesi

Meningkatnya kekhawatiran resesi mendorong bursa AS Wall Street masuk ke pasar bearish (tertekan) pada Jumat (20/5/2022).

EKONOMI | 21 Mei 2022

Bursa Eropa Ditutup Menguat di Tengah Minggu yang Fluktuatif

Stoxx 600 pan- bursa Eropa bertambah 0,5% dengan saham perjalanan dan liburan menguat 2% memimpin kenaikan.

EKONOMI | 21 Mei 2022


TAG POPULER

# DNA Pro


# CPO


# PDSI


# SEA Games


# Hari Kebangkitan Nasional


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Subsidi Energi Ditambah, Erick Sebut Tarif Tidak Naik

Subsidi Energi Ditambah, Erick Sebut Tarif Tidak Naik

EKONOMI | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings