Logo BeritaSatu

Kemenkominfo Siapkan 5G Experience Selama MotoGP Mandalika

Sabtu, 22 Januari 2022 | 17:36 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyatakan, pemerintah menyiapkan 4G sebagai tulang punggung dan 5G experience selama MotoGP Mandalika 2022 berlangsung. Hal ini merupakan bagian dukungan sektor infrastruktur telekomunikasi untuk menyukseskan perhelatan olahraga MotoGP Mandalika 2022.

"Bahkan, Kemenkominfo juga menambah bandwith serta menyiapkan show case 5G. Pasti saat ini 4G akan menjadi tulang punggung komunikasi, tetapi kita juga menyiapkan untuk 5G experience. Di samping Telkomsel, XL dan Indosat Ooredoo pun sudah siap untuk 5G experience,” ujar Menteri Johnny di Jakarta, Sabtu (22/1/2022).

Johnny mengatakan, pemerintah akan menyediakan cakupan layanan 4G dan 5G di beberapa lokasi strategis seperti tempat berkumpulnya insan media, akomodasi, security, international airport dan venue sirkuit MotoGP Mandalika. Selain itu, Kemenkominfo juga menyiapkan Telkom milimeter wave untuk show case demo 5G spektrum tinggi 26 dan 28 GHz.

Sementara itu, penyelenggara telekomunikasi XL Axiata juga akan show case 5G dengan teknologi fixed wireles access dan immersive extended reality berupa virtual racing.

"Ada banyak nanti 5G yang ditempatkan di Mandalika untuk experience-nya memanfaatkan virtual reallity itu bisa nanti disaksikan. Pada intinya, kerja sama antara Kemenkominfo dengan operator seluler maupun dengan operator fiber optic kita koordinasikan terus menerus,” jelas Johnny.

Untuk mengantisipasi kenaikan pengguna telekomunikasi, Kemenkominfo menyiapkan spektrum tambahan agar penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 berlangung dengan baik.

Kemenkominfo, kata dia, menyiapkan bandwidth yang cukup agar speed upload dan download internet bisa lancar karena jumlah pengunjung yang ke Mandalika untuk menyaksikan MotoGP sebanyak 110.000 orang.

"Rata-rata penggunaan kapasitas internet paling rendah antara 2-3 Mbps kecepatan harus disiapkan. Saat ini, kami telah telah mengukur ketersediaan di wilayah Mandalika di atas 10 Mbps. Tapi pada saat banyak orang datang pasti akan berpengaruh. Sehingga di saat perlombaan setiap orang butuh layanan internet, maka layanan ini akan kita jaga dengan baik, 4G dan 5G kita siapkan di area masif,” paparnya.

Johnny mengatakan dirinya sudah berkoordinasi dengan Komandan Lapangan MotoGP Mandalika Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto untuk melakukan uji coba khususnya kesiapan infrastruktur telekomunikasi pada tanggal 11 sampai 13 Februari 2022 mendatang.

"Uji coba ini penting untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung. Ada 100.000 pengunjung ke Mandalika, Pak Hadi sampaikan bahwa akomodasi harus diusahakan sebisa mungkin. Jadi Menteri Parekraf kerja sama dengan pemerintah daerah sudah menyiapkan yang pertama adalah sarana hunian pariwisata,” ujarnya.

Selain hunian untuk wisatawan, kebutuhan lain yang difasilitasi adalah kawasan camping ground, sarana transportasi ke tiga Gili di Mandalika, penginapan di Pulau Bali dan akomodasi ke Labuan Bajo jika ada animo pengunjung.

Pemerintah dan panitia penyelenggara, kata Johnny, telah melakukan sejumlah persiapan seperti menempatkan kapal Pelni di Mandalika, membangun 300 homestay dan persiapan lainnya.

Sementara, dari sisi protokol kesehatan Covid-19, pemerintah juga berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk mengejar target vaksinasi dosis pertama dan dosis kedua.

"Vaksin saat ini dosis pertamanya sudah 70% lebih dan dosis keduanya 61%. Kita masih punya cukup waktu untuk melakukannya. Karenanya kolaborasi dengan banyak pihak untuk melakukan vaksin keliling untuk meningkatkan vaksinasi,” pungkas Johnny.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sosialisasi Adopsi Teknologi Digital untuk Nelayan Aruna

Kementerian Kominfo menggandeng Aruna menyosialisasikan adopsi teknologi digital untuk nelayan.

EKONOMI | 28 Mei 2022

Melonjak 53%, KBI Catat Laba Bersih Rp 101,6 Miliar di 2021

PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) berhasil mencatatkan laba bersih Rp 101,6 miliar pada 2021, melonjak 53% dibandingkan tahun 2020.

EKONOMI | 28 Mei 2022

Tiga Token Digital Kolaborasi dengan Start Up Blockchain

Tiga Token Digital berkolaborasi dengan beberapa start up blockchain di Indonesia untuk memajukan serta menjalin kerja sama.

EKONOMI | 28 Mei 2022

Bencana Akibat Perubahan Iklim Ancam Ketahanan Ekonomi

Selain tantangan pandemi, Indonesia perlu mengantisipasi risiko makroekonomi yang berhubungan dengan bencana terkait perubahan iklim.  

EKONOMI | 28 Mei 2022

Penyebab Kebangkrutan Perusahaan, Lemahnya Penerapan GCG

Chairman IICD Sigit Pramono mengatakan, penerapan Good Corporate Governance (GCG) bisa menjadi faktor penyelamat perusahaan saat krisis menerpa.

EKONOMI | 28 Mei 2022

Perkuat Ekspansi Bisnis, Apotek K-24 Buka Serentak 35 Gerai

Memperkuat ekspansi bisnis, Apotek K-24 mengadakan grand opening serentak 35 gerai di seluruh Indonesia, Sabtu (28/5/2022).

EKONOMI | 28 Mei 2022

BI Catat Pengguna QRIS Tembus 17,2 Juta, 90% UMKM

Bank Indonesia (BI) mencatat, jumlah merchant QRIS (QR code Indonesian standard) telah menembus angka 17,2 juta per 3 November 2021.

EKONOMI | 28 Mei 2022

Askrindo Hadirkan DigiAsk di Java Jazz Festival 2022

Askrindo sebagai official insurance menghadirkan booth DigiAsk di perhelatan musik Java Jazz Festival 2022.

EKONOMI | 28 Mei 2022

Menhub: Jalur KA Maros-Barru Siap Beroperasi Oktober 2022

Menhub menyampaikan, dari tiga target penyelesaian proyek KA Makassar-Parepare, target pertama yaitu jalur KA Maros-Barru sepanjang 71 kilometer.

EKONOMI | 28 Mei 2022

Mau Jadi Negara Maju, Rasio Kewirausahaan Harus Ditingkatkan

Menkop UKM Teten Masduki mengungkapkan, saat ini rasio kewirausahaan nasional baru 3,18% dan tertinggal dibandingkan negara-negara lain di kawasan Asean.

EKONOMI | 28 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Real Madrid Juara, Carlo Ancelotti Torehkan Sejarah

Real Madrid Juara, Carlo Ancelotti Torehkan Sejarah

BOLA | 2 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings