Logo BeritaSatu

Wamendag: Pasar Rakyat Penggerak Roda Perekonomian

Minggu, 23 Januari 2022 | 06:02 WIB
Oleh : WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan bahwa pasar rakyat merupakan penggerak roda perekonomian.

“Selain sebagai penggerak roda perekonomian masyarakat, pasar rakyat juga memiliki kedekatan dengan aspek sosial dan budaya masyarakat setempat. Aspek sosial budaya inilah yang menjadi nilai unik tersendiri dari pasar rakyat. Hingga kini, kedudukan pasar rakyat tetap penting dan menyatu dalam kehidupan masyarakat,” kata Wamendag lewat keterangannya diterima di Jakarta, Sabtu (22/1/2022).

Pernyataan Wamendag tersebut disampaikan saat menghadiri peresmian Pasar Pancasila bersama Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dan Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf, di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Menurut Wamendag, pasar rakyat merupakan salah satu wadah yang berperan penting untuk memperlancar arus barang antarwilayah, khususnya barang kebutuhan pokok (bapok) masyarakat. Di tengah pesatnya pembangunan pasar modern, pasar rakyat tetap unggul dengan memiliki harga yang terbentuk dari hasil tawar menawar pihak pembeli dan penjual.

Pemerintah, lanjut Wamendag, telah menyediakan sarana fisik yang dibangun untuk mewujudkan ekonomi kerakyatan yang berpihak pada rakyat. Selain membangun fisik, diupayakan merevitalisasi manajemen pengelolaan pasar dan memberikan edukasi kepada pedagang pasar agar memberi daya saing terhadap toko modern yang marak.

Pasar Pancasila yang dibangun pada 1995 ini kini telah selesai direvitalisasi dan sekarang memiliki 270 kios serta 64 los yang diisi oleh 300 pedagang. Komoditas yang dijual antara lain bahan pangan kering dan basah, komoditas nonpangan, serta makanan siap saji. “Pasar yang sudah terbangun ini diharapkan dapat dikelola dan dipelihara dengan baik secara konsisten dan berkelanjutan. Sehingga, dapat memberikan kenyamanan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Tasikmalaya dan sekitarnya,” terang Wamendag.

Selanjutnya, Wamendag juga meninjau Pasar Cikurubuk, yang pada 2015 mengalami musibah kebakaran di sebagian areanya. Pasar yang dibangun pada 1994 ini memiliki 2.772 kios dan 50 los dengan jumlah pedagang sebanyak 2.885 orang. Sedangkan, komoditas yang dijual di pasar ini di antaranya bapok, buah-buahan, kelontongan, bumbu masak, peralatan rumah tangga, tas, dan pakaian.

Dalam rangkaian kunjungan kerjanya, Wamendag turut mengikuti peresmian gedung Pusat Promosi dan Pemasaran Pusat Pengembangan Industri Kerajinan (PPIK) Tasikmalaya.

Dalam sambutannya, Wamendag menyampaikan Kementerian Perdagangan sangat mendukung dan mengapresiasi pembangunan serta pengembangan pusat promosi dan pemasaran di PPIK Tasikmalaya tersebut. “Kita butuh banyak pusat promosi dan pemasaran seperti ini untuk mendorong penggunaan produk-produk buatan dan merek Indonesia yang berkualitas serta berdaya saing tinggi,” ungkap Wamendag.

Kementerian Perdagangan siap berkolaborasi dengan pemerintah di daerah melalui beberapa program asistensi kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) baik lokal maupun yang berorientasi ekspor.

Tentunya tidak lupa juga dengan peran para perwakilan perdagangan Indonesia, baik Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) maupun Atase Perdagangan di di mancanegara. “Saya yakin, kehadirian PPIK akan menjadi sarana bagi produk-produk asli Indonesia untuk semakin menjadi raja di rumah sendiri dan memiliki kemampuan untuk nantinya menembus pasar internasional,” pungkas Wamendag.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sosialisasi Adopsi Teknologi Digital untuk Nelayan Aruna

Kementerian Kominfo menggandeng Aruna menyosialisasikan adopsi teknologi digital untuk nelayan.

EKONOMI | 28 Mei 2022

Melonjak 53%, KBI Catat Laba Bersih Rp 101,6 Miliar di 2021

PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) berhasil mencatatkan laba bersih Rp 101,6 miliar pada 2021, melonjak 53% dibandingkan tahun 2020.

EKONOMI | 28 Mei 2022

Tiga Token Digital Kolaborasi dengan Start Up Blockchain

Tiga Token Digital berkolaborasi dengan beberapa start up blockchain di Indonesia untuk memajukan serta menjalin kerja sama.

EKONOMI | 28 Mei 2022

Bencana Akibat Perubahan Iklim Ancam Ketahanan Ekonomi

Selain tantangan pandemi, Indonesia perlu mengantisipasi risiko makroekonomi yang berhubungan dengan bencana terkait perubahan iklim.  

EKONOMI | 28 Mei 2022

Penyebab Kebangkrutan Perusahaan, Lemahnya Penerapan GCG

Chairman IICD Sigit Pramono mengatakan, penerapan Good Corporate Governance (GCG) bisa menjadi faktor penyelamat perusahaan saat krisis menerpa.

EKONOMI | 28 Mei 2022

Perkuat Ekspansi Bisnis, Apotek K-24 Buka Serentak 35 Gerai

Memperkuat ekspansi bisnis, Apotek K-24 mengadakan grand opening serentak 35 gerai di seluruh Indonesia, Sabtu (28/5/2022).

EKONOMI | 28 Mei 2022

BI Catat Pengguna QRIS Tembus 17,2 Juta, 90% UMKM

Bank Indonesia (BI) mencatat, jumlah merchant QRIS (QR code Indonesian standard) telah menembus angka 17,2 juta per 3 November 2021.

EKONOMI | 28 Mei 2022

Askrindo Hadirkan DigiAsk di Java Jazz Festival 2022

Askrindo sebagai official insurance menghadirkan booth DigiAsk di perhelatan musik Java Jazz Festival 2022.

EKONOMI | 28 Mei 2022

Menhub: Jalur KA Maros-Barru Siap Beroperasi Oktober 2022

Menhub menyampaikan, dari tiga target penyelesaian proyek KA Makassar-Parepare, target pertama yaitu jalur KA Maros-Barru sepanjang 71 kilometer.

EKONOMI | 28 Mei 2022

Mau Jadi Negara Maju, Rasio Kewirausahaan Harus Ditingkatkan

Menkop UKM Teten Masduki mengungkapkan, saat ini rasio kewirausahaan nasional baru 3,18% dan tertinggal dibandingkan negara-negara lain di kawasan Asean.

EKONOMI | 28 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Real Madrid Juara, Carlo Ancelotti Torehkan Sejarah

Real Madrid Juara, Carlo Ancelotti Torehkan Sejarah

BOLA | 2 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings