Logo BeritaSatu

Larangan Dicabut, Golden Energy Mines Kembali Ekspor Batu Bara

Minggu, 23 Januari 2022 | 13:53 WIB
Oleh : Muhammad Ghafur Fadillah / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS) kembali mendapatkan izin ekspor komoditas batu bara setelah memenuhi domestic market obligation (DMO). Izin ekspor juga diberikan kepada entitas anak usaha.

Corporate Secretary Sudin SH menyebutkan, pada tanggal 20 Januari 2022 perseroan menerima surat dari Direktorat Jenderal Mineral dan batu bara terkait pencabutan pelarangan ekspor batu bara ke luar negeri. Sesuai, dengan pemenuhan DMO yang dilakukan oleh perseroan hingga 19 Januari 2022.

“Maka, larangan ekspor batu bara dicabut bagi 139 pihak karena telah memenuhi DMO batu bara sebesar 100%, diantaranya PT Borneo Indobara, PT Barasentosa Lestari, PT Karya Cemerlang Persada, PT Bungo Bara Makmur dan PT Bungo Bara Utama,” jelasnya dalam keterangan resmi, akhir pekan lalu.

Dengan demikian, kebijakan ini akan mendukung dan memperkuat aktivitas operasional perseroan dan anak usaha kedepan. Sesuai dengan peraturan yang berlaku, Golden Energy selalu berupaya memenuhi kewajiban DMO dengan memasok sebesar 25% dari keseluruhan produksi untuk dipasarkan domestik sejak 2018 lalu. Adapun, untuk tahun 2021, GEMS telah memenuhi DMO lebih dari 30%.

Untuk diketahui, Golden Mines sudah menerima surat dari Ditjen Minerba tentang pelarangan sementara ekspor batu bara dari 1 Januari 2022 hingga 31 Januari 2022 karena rendahnya pasokan untuk pembangkit listrik domestik. Larangan ekspor tersebut diharapkan tidak memiliki dampak yang material terhadap kinerja keuangan dan kegiatan operasional, terutama terhadap pendapatan usaha dari penjualan ekspor.

“Karena larangan ekspor batu bara tersebut hanya bersifat sementara dan tidak mempengaruhi rencana produksi batu bara GEMS tahun 2022,” ujar Sudin.

Sudin menjelaskan, kegiatan produksi batu bara Golden Mines tetap berjalan sesuai dengan rencana. Perseroan sedang melakukan penyesuaian operasional dalam proses pengapalan sejalan dengan larangan ekspor batu bara ini.

Sebelumnya, entitas grup Sinarmas lainya, yakni Dian Swastatika Sentosa Grup Sinarmas, PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA) melalui entitas anak usahanya, Stanmore SMC Holdings Pty Ltd mendapatkan pinjaman sindikasi sebesar US$ 625 juta dari beberapa lembaga pembiayaan. Fasilitas pinjaman ini digunakan untuk mendanai rencana akuisisi seluruh saham Dampier Coal (Queensland) Pty Ltd.

Sekretaris Perusahaan Dian Swastatika Sentosa Susan Chandra menjelaskan, fasilitas pinjaman diperoleh pada 19 Januari 2022 dari beberapa lembaga pembiayaan seperti Varde Partners, Canyon Capital Advisors LLC, Farallon Capital Asia Pte Ltd dan beberapa lembaga pembiayaan lainnya.

"Nilai komitmen fasilitas adalah US$ 625 juta yang akan jatuh tempo lima tahun sejak tanggal penarikan pertama," kata Susan.

Fasilitas pinjaman ini, lanjut Susan, akan digunakan sebagai salah satu sumber pendanaan akuisisi. Penarikan fasilitas pinjaman ini akan dilakukan setelah syarat-syarat pendahuluan terkait rencana akuisisi terpenuhi.

"Fasilitas pinjaman ini menyebabkan rasio utang terhadap ekuitas perseroan meningkat sekitar 34%," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pekan Ini IHSG Naik 321 Poin, Kapitaliasi Tambah Rp 286 T

IHSG sepanjang pekan ini meningkat 321 poin (4,85%) menjadi 6.918,144 dari posisi 6.597,993 pada pekan sebelumnya.

EKONOMI | 21 Mei 2022

Harga Emas Catat Kenaikan Mingguan karena Pelemahan Dolar

Harga emas di pasar spot naik 0,17% menjadi US$ 1.844,82 per ons, sementara harga emas berjangka AS menguat 0,12% menjadi US$ 1.843,5.

EKONOMI | 21 Mei 2022

Harga Minyak Naik karena Pelonggaran Lockdown Tiongkok

Harga minyak naik tipiskarena rencana larangan Uni Eropa terhadap minyak Rusia dan pelonggaran penguncian Covid-19 di Tiongkok.

EKONOMI | 21 Mei 2022

Meski Larangan Ekspor CPO Dicabut, RI Bukan Eksportir Terbesar Lagi

Dengan kembali dibukanya keran ekspor CPO, tidak menjadikan Indonesia dalam waktu dekat sebagai negara pengekspor CPO terbesar lagi.

EKONOMI | 21 Mei 2022

Klaster Baru Green Paradise City Milik Samara Rampung 2022

Samara Land menargetkan klaster terbaru Green Paradise City di Parung Panjang, bisa rampung pada tahun 2022.

EKONOMI | 21 Mei 2022

Wall Street bak Roller Coaster karena Kekhawatiran Resesi

Meningkatnya kekhawatiran resesi mendorong bursa AS Wall Street masuk ke pasar bearish (tertekan) pada Jumat (20/5/2022).

EKONOMI | 21 Mei 2022

Bursa Eropa Ditutup Menguat di Tengah Minggu yang Fluktuatif

Stoxx 600 pan- bursa Eropa bertambah 0,5% dengan saham perjalanan dan liburan menguat 2% memimpin kenaikan.

EKONOMI | 21 Mei 2022

POJK Perlindungan Konsumen Dorong Masyarakat Paham Haknya

Aturan perlindungan konsumen mendorong masyarakat lebih paham hak dan kewajibannya sebagai pengguna produk dan layanan jasa keuangan.

EKONOMI | 21 Mei 2022

Investasi di GOTO, Ini Pandangan Pengamat Pasar Modal

Perusahaan yang berinvestasi di GOTO bukan melihat kenaikan harga saham dalam jangka pendek tetapi bisnis jangka panjangnya.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Pengelolaan Arsip BP Jamsostek Raih Penghargaan ANRI

Berdasarkan hasil pengawasan yang dilakukan ANRI selama tahun 2021, BP Jamsostek berhasil mengungguli 31 kandidat lainnya.

EKONOMI | 20 Mei 2022


TAG POPULER

# DNA Pro


# CPO


# PDSI


# SEA Games


# Hari Kebangkitan Nasional


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rwanda Segera Terima Kedatangan Pencari Suaka Inggris

Rwanda Segera Terima Kedatangan Pencari Suaka Inggris

NEWS | 21 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings