Logo BeritaSatu

Revitalisasi Bandara Halim Perdana Kusuma, AP II Siapkan Transisi Operasi

Minggu, 23 Januari 2022 | 15:12 WIB
Oleh : FMB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Angkasa Pura (AP) II selaku pengelola Bandara Halim Perdana Kusuma pada Sabtu (22/1/2022) mulai menjalankan skenario perpindahan operasional penerbangan ke 5 bandara penerima (recipient) seiring ditutup sementaranya bandara tersebut mulai mulai 26 Januari 2022 dalam rangka revitalisasi.

Lima bandara penerima itu yakni Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Husein Sastranegara (Bandung), Bandara Kertajati (Majalengka), Bandara Pondok Cabe (Jakarta) dan Bandara Budiarto (Tangerang).

Presdir AP II Muhammad Awaluddin mengatakan skenario perpindahan operasional penerbangan dirumuskan oleh tim Operation Readiness and Airport Transfer (ORAT) yang dibentuk AP II.

“Tim ORAT bersama stakeholder antara lain Kemenhub, Kantor Otoritas Bandara Wilayah I, AirNav Indonesia, maskapai dan ground handling telah menyusun skenario perpindahan sejak sekitar dua bulan lalu,” katanya dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (23/1/2022).

Awaluddin mengatakan terdapat total 21 operator penerbangan terdiri dari 2 maskapai niaga berjadwal, 17 maskapai niaga tidak berjadwal dan 2 maskapai kargo, dengan total jumlah armada 67 unit pesawat, ditambah juga 12 unit pesawat militer yang akan berpindah operasional.

Sementara itu Direktur Operasi dan Servis AP II Muhamad Wasid menjelaskan maskapai niaga tidak berjadwal dari Bandara Halim Perdanakusuma dipindah ke Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Pondok Cabe dan Bandara Budiarto.

Pesawat maskapai niaga tidak berjadwal yang pindah operasional ke Bandara Soekarno-Hatta ditempatkan di apron Terminal 1, yaitu: Premi Air (1 unit), Indonesia Air Transport (1 unit), Elang Lintas (2 unit), AFM (3 unit), Kharisma (5 unit), Tri MG (3 unit), Enggang Air/CEO Jetset (3 unit).

Pesawat yang direncanakan pindah ke hanggar GMF AeroAsia di Bandara Soekarno-Hatta diantaranya: Premi Air (8 unit), Travira (1 unit), Kharisma (1 unit), PTN (1 unit), Jhonlin (2 unit), Enggang Air/CEO Jetset (1 unit), AFM (1 unit).

Kemudian, pesawat yang direncanakan pindah ke Bandara Pondok Cabe diantaranya: Travira Air (4 unit), Pelita Air (1 unit), Premi Air (1 unit), Jhonlin (1 unit), Susi Air (1 unit), Transwisata (3 unit), Fasi (2 unit).

Pesawat yang direncanakan pindah ke Bandara Budiarto di antaranya: Elang Lintas (2 unit), Kharisma (3 unit) dan Airfast (3 unit). Untuk pesawat maskapai yang berpindah ke Bandara Husein Sastranegara adalah Biomantara (2 unit).

Adapun pesawat kargo yang direncanakan pindah ke apron Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta adalah Trigana Air (3 unit) dan Sriwijaya Air (1 unit).

Pelaksanaan perpindahan operator ground handling direncanakan pada 22 hingga 24 Januari 2022.

“Fasilitas keselamatan dan keamanan penerbangan di bandara penerima dipastikan dapat menangani perpindahan armada, memperhitungkan fasilitas-fasilitas seperti runway, apron, dan taxiway,” jelas Muhamad Wasid.

Selanjutnya pelaksanaan perpindahan operasional penerbangan militer 3 Skadron Udara (Skadud) direncanakan 24 - 25 Januari 2022. Skadud 17 pindah ke Bandara Soekarno-Hatta, sementara Skadud 2 dan Skadud 31 ke Bandara Husein Sastranegara.

Pelaksanaan perpindahan maskapai niaga berjadwal (Citilink & Batik Air) pada 25 Januari 2022 direncanakan masih dilakukan dari Bandara Halim, sementara untuk kedatangan sejumlah tujuan ke Bandara Halim akan dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta.

Bandara Kertajati (Majalengka) dipersiapkan mendukung perpindahan penempatan pesawat kargo, penempatan pesawat RON (Remain Over Night), penerbangan charter, serta kegiatan Touch and Go Military.

"AP II akan memastikan skenario perpindahan operasional dapat berjalan lancar. Maskapai diminta turut menginformasikan penumpang mengenai perpindahan operasional dari Bandara Halim ke bandara penerima," ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

RUPST MPMX Setujui Pembagian Dividen Tunai Rp 800 Miliar

PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) akan membagikan dividen final tunai tahun buku 2021 kepada para pemegang saham sebesar Rp 180 per saham.

EKONOMI | 19 Mei 2022

Kinerja Cemerlang, Bank DKI Raih Penghargaan Top BUMD 2022

Bank DKI meraih penghargaan Top BUMD 2022 sebagai salah satu BPD berpredikat excellent pada kategori KBMI 2.

EKONOMI | 19 Mei 2022

Meski Dibayangi Tren Sell in May, IHSG Dinilai Masih Menarik

IHSG masih menarik di tengah tren koreksi tahunan ‘Sell in May and Go Away’ serta tekanan kenaikan suku bunga acuan AS.

EKONOMI | 19 Mei 2022

Sustainable Financing Jadi Program Prioritas BCA, Yuk Simak

BCA berupaya mengimplementasikan pilar-pilar keberlanjutan ESG dalam seluruh aktivitas bisnis perusahaan.

EKONOMI | 19 Mei 2022

Bank Neo Targetkan Salurkan Digital Lending Rp 12 Triliun

PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC) menargetkan penyaluran produk digital lending mencapai Rp 10-12 triliun hingga akhir 2022.

EKONOMI | 19 Mei 2022

Sah, Krakatau Steel Tambah Kepemilikan di Krakatau Posco

RUPSLB PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) menyetujui peningkatan kepemilikan saham perseroan di PT Krakatau Posco (PTKP) menjadi 50% dari saat ini 30%.

EKONOMI | 19 Mei 2022

Hipmi Business Forum Buka Akses Produk UMKM ke Pasar Global

Hipmi berupaya membuka akses pasar produk UMKM dari seluruh Indonesia ke pasar global termasuk Amerika dan Eropa.

EKONOMI | 19 Mei 2022

Raih Pendanaan, Pitik Kembangkan Teknologi Peternakan Unggas

Dengan dana segar ini, Pitik akan terus mengembangkan teknologi serta memperluas ekosistemnya untuk memberdayakan lebih banyak peternak ayam di Indonesia.

EKONOMI | 19 Mei 2022

Metaverse Berpeluang Jadi Ekonomi Baru Capai US$ 3 Triliun

Metaverse dinilai mampu menjadi ekonomi baru dengan perputaran uang hingga US$ 3 triliun dalam 10 tahun mendatang.

EKONOMI | 19 Mei 2022

Siap IPO, Hoffmen Cleanindo Bidik Dana Segar Rp 56,1 Miliar

PT Hoffmen Cleanindo siap melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan menggelar Initial Public Offering (IPO).

EKONOMI | 19 Mei 2022


TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menkominfo Dorong Kampus Penuhi Kebutuhan Talenta Digital

Menkominfo Dorong Kampus Penuhi Kebutuhan Talenta Digital

NEWS | 4 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings