Logo BeritaSatu

Menkumham: Travel Bubble Batam-Bintan-Singapura untuk Bangkitkan Pariwisata

Senin, 24 Januari 2022 | 23:49 WIB
Oleh : Fana F Suparman / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H Laoly mendukung dibukanya pintu pariwisata dalam negeri melalui skema travel bubble atau gelembung perjalanan antara Batam-Bintan-Singapura. Yasonna menilai kebijakan ini sangat baik untuk percepatan pemulihan pariwisata dan perekonomian di daerah tersebut.

“Kita semua sangat ingin kondisi lekas pulih. Kita berharap travel bubble ini bisa percepat kebangkitan pariwisata, dan perekonomian masyarakat,” kata Yasonna, melalui rilis kepada media, di Jakarta, Senin (24/1/2022).

Yasonna berharap kebijakan travel bubble ini berjalan baik dan dapat menjadi contoh jika diterapkan di daerah lain. Dia memastikan pemerintah pusat, pemerintah daerah, bersama Satgas Covid-19 serta TNI-Polri akan mengevaluasi secara berkala kebijakan tersebut.

Travel bubble ini sangat baik sebagai percontohan dan jajaran Kemenkumham harus bersinergi untuk pelaksanaan keimigrasian di daerah travel bubble tersebut. Apalagi kita akan melaksanakan event-event besar, seperti KTT G-20 di Bali nanti. Tapi evaluasinya kita lakukan setiap minggu, di antaranya untuk menentukan apakah kebijakan ini bisa dilanjutkan atau tidak,” ujarnya.

Travel bubble dibuka mulai Senin, 24 Januari 2022, dengan salah satu pertimbangan pemerintah yakni Batam dan Bintan sudah berada di level 1 pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Travel bubble adalah sistem koridor perjalanan yang bertujuan untuk membagi peserta ke dalam kelompok (bubble) yang berbeda dengan memisahkan peserta atau seseorang yang memiliki risiko terpapar Covid-19, baik dari riwayat kontak atau riwayat bepergian ke wilayah yang telah terjadi transmisi komunitas dengan masyarakat umum. Pemisahan ini disertai dengan pembatasan interaksi hanya kepada orang di dalam satu kelompok atau bubble yang sama dan penerapan prinsip karantina untuk meminimalisir risiko penyebaran Covid-19.

Mekanisme terkait travel bubble antara Batam-Bintan-Singapura tertuang dalam surat edaran Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 yang mengatur pintu masuk pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) untuk travel bubble adalah melalui Nongsapura di Batam dan pelabuhan ferry di Telani, Bintan.

Dalam surat edaran itu juga termuat syarat berwisata ke Indonesia melalui skema travel bubble, yakni harus sudah dua kali vaksin, kemudian negatif PCR dalam kurun 3x24 jam, memiliki visa kecuali bagi WNA Singapura yang bagian dari ASEAN, dan mempunyai kepemilikan asuransi sebesar Sin$ 30.000, serta menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan BluePass.

Dengan dibukanya travel bubble ini, Batam dan Bintan diwajibkan membentuk Satgas Penanganan Covid-19 daerah, menyiapkan hotel dan tempat-tempat yang sudah memenuhi cleanliness (kebersihan), health (kesehatan), safety (keamanan), dan environment sustainability (kelestarian lingkungan).



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Lebaran Usai, Waspadai Risiko Kenaikan Inflasi Tetap Tinggi

Di awal tahun 2022, BPS merilis Indeks Harga Konsumen (IHK) mengalami kenaikan harga atau inflasi tahunan per Desember 2021 sebesar 1,87%.

EKONOMI | 19 Mei 2022

Binus University Gandeng HashMicro Dorong Talenta Digital

Kolaborasi jangka panjang HashMicro dan Binus University sebagai bentuk komitmen  dalam meningkatkan ketersediaan SDM nasional.

EKONOMI | 19 Mei 2022

G-20 Empower Dorong Kepemimpinan Perempuan Lebih Banyak

G-20 Empower Presidensi Indonesia 2022 mendorong jumlah kepemimpinan perempuan di sektor swasta dan pemerintah lebih besar.

EKONOMI | 19 Mei 2022

Kemenkominfo Percepat Pembangunan Infrastruktur Digital

Kemenkominfo bersama operator telekomunikasi telah, sedang, dan akan terus melakukan percepatan pembangunan infrastruktur digital.

EKONOMI | 18 Mei 2022

Metaverse Berkembang, Menkominfo: Indonesia Tak Ketinggalan

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menilai metaverse saat ini makin menunjukkan signifikansi di dunia.

EKONOMI | 18 Mei 2022

Rumah.com Permudah Pencari Properti Wujudkan Hunian Impian

Rumah.com membantu pencari rumah mendapat dukungan berupa kepakaran dan jaringan konsultan properti.

EKONOMI | 18 Mei 2022

BPA Bumiputera Terpilih Harus Bertindak Cepat dan Berani

AJB Bumiputera 1912 mengumumkan 11 nama anggota Badan Perwakilan Anggota (BPA) telah lulus seleksi uji kepatutan dan kelayakan dari OJK.

EKONOMI | 18 Mei 2022

Kemendag Ungkap 4 Strategi Gernas BBI untuk Pulihkan Ekonomi

Kemendag mengungkapkan empat strategi Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) untuk pemulihan ekonomi nasional.

EKONOMI | 18 Mei 2022

Begini Upaya MAP Boga Adiperkasa Tingkatkan Penjualan

MAP Boga Adiperkasa akan terus meningkatkan pasokan dengan menyediakan berbagai keperluan barang baik lokal maupun impor.

EKONOMI | 18 Mei 2022

Beri Pelayanan Tertinggi, Good Doctor Terima Sertifikat PSEF

Platform kesehatan digital Good Doctor memperoleh sertifikasi Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi (PSEF).

EKONOMI | 18 Mei 2022


TAG POPULER

# Lin Che Wei


# UAS


# Cabul


# Atribut Keagamaan


# Tes Covid-19


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
11 Wakil Indonesia Lolos ke Babak Kedua Thailand Terbuka

11 Wakil Indonesia Lolos ke Babak Kedua Thailand Terbuka

SPORT | 25 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings