Logo BeritaSatu

Mustika Ratu Harapkan Insentif Pengembangan Industri Ekstraksi

Rabu, 26 Januari 2022 | 10:24 WIB
Oleh : Muawwan Daelami / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Emiten yang bergerak di bidang kosmetik PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) mengharapkan adanya insentif dari pemerintah untuk pengembangan industri ekstraksi dan bahan pendukung industri kosmetika di sisi hulu. Investasi dan insentif tersebut dinilai bakal efektif untuk menekan impor bahan baku.

Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk Bingar Egidius Situmorang mengungkapkan, impor yang terjadi di industri kosmetika dipicu oleh minimnya perusahaan dalam negeri yang berinvestasi di industri ekstraksi. Selain itu, tidak adanya insentif dari pemerintah juga mendorong tingginya impor bahan baku.

Menurut Egi, para pelaku usaha beranggapan, dengan impor, pemenuhan terhadap kebutuhan bahan baku menjadi lebih mudah dibanding mengandalkan bahan baku lokal. Sementara, pasokan bahan baku dalam negeri juga belum bisa optimal akibat minimnya insentif dan pembinaan dari pemerintah kepada para petani.

“Itulah beberapa yang kita lihat menjadi hambatan dalam memaksimalkan potensi alam Indonesia, sehingga banyak perusahaan yang mengambil jalan pintas dengan mengimpor bahan yang sudah jadi. Karena untuk indutri ekstraksi ini perlu skill. Jadi, kalau skill-nya tidak banyak, dan produknya dijual mahal, nanti tidak bisa bersaing dengan produk impor,” papar Egi dalam Media Visit di Kantor Berita Satu Media Holdings, Selasa (25/1/2022).

Karena itu, Egi memandang, investasi dan insentif di industri ekstraksi harus menjadi gerakan nasional. Langkah ini diharapkan dapat meredam masuknya bahan baku impor.

Diakui Egi, saat ini sudah ada perusahaan yang mulai mengembangkan industri ekstraksi. Meski demikian, gerakan tersebut perlu diperbesar lagi. Termasuk, dengan menggandeng BUMN untuk berkolaborasi bersama.

“Kita seharusnya bekerja sama, karena mustahil jika hanya mengandalkan satu atau dua perusahaan. Tetapi harus sama-sama demi kepentingan negara untuk mengonversi bahan baku segar dari tanaman-tanaman di perkebunan, kemudian diproses menjadi ekstrak dan dicampur dengan bahan baku lain,” jelas dia.

Adapun Mustika Ratu sendiri telah menggunakan hampir semua bahan baku produksinya dari lokal. Terlebih, herbal yang Tingkat Komponen Dalam Negerinya (TKDN) mencapai 100%.

Ironisnya, industri obat-obatan di dalam negeri, masih mengandalkan 90% bahan bakunya dari impor. “Ini yang menyedihkan, dan kita baru menyadari hal ini saat pandemi. Indonesia sebagai negara kekayaan hayati, tapi bahan baku obatnya harus impor. Padahal, 70% bahan baku obat itu ada juga di Indonesia,” ungkap Egi.

Untuk itu, kata dia, ekosistem industri ekstraksi ini perlu dibangun dari hulu hingga hilir, serta adanya insentif kepada para pelaku usaha agar bersedia berinvestasi di sektor ini. Sehingga, akan terjadi kerja sama strategis antara para pelaku industri dan para petani untuk melakukan pembinaan.

“Kalau industri ekstraksi sudah dibuka di Indonesia, berarti suplai bahan baku harus konsisten dengan kualitas dan jumlah yang memenuhi kebutuhan,” tutur Egi.

Dia menegaskan, hal ini penting untuk didorong, karena akan berdampak positif terhadap ekosistem perekenomian nasional. Dampak lainnya bukan hanya bagi industri, tetapi juga meningkatkan minat para petani untuk kemudian menanam bahan baku yang dibutuhkan produk-produk industri, seperti jahe, kunyit, sambiloto, dan lain-lain. “Harapannya, para petani juga dapat bertani dengan hasil yang nilainya jauh lebih tinggi,” tutup dia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jababeka Wujudkan Green Industrial Estate Lewat Cara Ini

PT Jababeka Tbk (KIJA) berkomitmen mewujudkan green industrial estate dengan menggelar program kolaborasi pelestarian lingkungan.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Ini 5 Urgensi Pentingnya Beralih dari TV Analog ke Digital

Dengan beralih ke TV digital, masyarakat akan mendapatkan siaran yang lebih bagus, lebih bersih gambarnya dan lebih jernih suaranya.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Sandiaga Ingatkan Konsep Tiga G dan Empat As, Apa Itu?

Sandiaga menyampaikan, dalam menjalankan setiap usaha, UMKM harus menjalankan konsep "Tiga G".

EKONOMI | 3 Juli 2022

79 Produsen Dukung Program Minyak Goreng Curah Rakyat

Kemenperin mencatat hingga 1 Juli 2022, ada 130 perusahaan mendaftar ke dalam Sistem Informasi Minyak Goreng Curah (SIMIRAH) 2.0.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Jualan Alat Berat Moncer, Laba Hexindo Melesat di Atas 100%

PT Hexindo Adiperkasa Tbk (HEXA) kuartal I 2022 mencatat laba bersih tahun berjalan US$ 55,08 juta atau melesat d iatas 100%.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Spanyol Siap Bantu Proyek Transportasi Indonesia, Apa Saja?

Spanyol menawarkan bantuan beberapa proyek-proyek yang bisa dibangun di Indonesia khususnya terkait transportasi.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Rambah Dubai, Bank Syariah Indonesia Raih Penghargaan

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) meraih penghargaan Progressive International Market Expansion setelah berhasil membuka kantor cabang di Dubai.

EKONOMI | 3 Juli 2022

PMI Manufaktur RI Melambat, Pemerintah Jaga Pemulihan Ekonomi

PMI Manufaktur di bulan Juni masih berada pada zona ekspansif di level 50,2. Sebelumnya pada Mei 2022, PMI Manufaktur berada di level 50,8.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Anak

Lifepal.co.id membagikan tips memilih asuransi kesehatan anak supaya orang tua dapat merasa lebih tenang jika telah memiliki proteksi untuk buah hatinya.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Mentan Syahrul Ungkap Penyebab Kenaikan Harga Cabai

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan, gejolak harga cabai yang terjadi belakangan ini dipengaruhi oleh kondisi anomali cuaca dan serangan hama.

EKONOMI | 3 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kematian Tertinggi Covid-19 di 10 Provinsi pada 3 Juli 2022

Kematian Tertinggi Covid-19 di 10 Provinsi pada 3 Juli 2022

NEWS | 4 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings