Logo BeritaSatu

Mustika Ratu Harapkan Insentif Pengembangan Industri Ekstraksi

Rabu, 26 Januari 2022 | 10:24 WIB
Oleh : Muawwan Daelami / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Emiten yang bergerak di bidang kosmetik PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) mengharapkan adanya insentif dari pemerintah untuk pengembangan industri ekstraksi dan bahan pendukung industri kosmetika di sisi hulu. Investasi dan insentif tersebut dinilai bakal efektif untuk menekan impor bahan baku.

Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk Bingar Egidius Situmorang mengungkapkan, impor yang terjadi di industri kosmetika dipicu oleh minimnya perusahaan dalam negeri yang berinvestasi di industri ekstraksi. Selain itu, tidak adanya insentif dari pemerintah juga mendorong tingginya impor bahan baku.

Menurut Egi, para pelaku usaha beranggapan, dengan impor, pemenuhan terhadap kebutuhan bahan baku menjadi lebih mudah dibanding mengandalkan bahan baku lokal. Sementara, pasokan bahan baku dalam negeri juga belum bisa optimal akibat minimnya insentif dan pembinaan dari pemerintah kepada para petani.

“Itulah beberapa yang kita lihat menjadi hambatan dalam memaksimalkan potensi alam Indonesia, sehingga banyak perusahaan yang mengambil jalan pintas dengan mengimpor bahan yang sudah jadi. Karena untuk indutri ekstraksi ini perlu skill. Jadi, kalau skill-nya tidak banyak, dan produknya dijual mahal, nanti tidak bisa bersaing dengan produk impor,” papar Egi dalam Media Visit di Kantor Berita Satu Media Holdings, Selasa (25/1/2022).

Karena itu, Egi memandang, investasi dan insentif di industri ekstraksi harus menjadi gerakan nasional. Langkah ini diharapkan dapat meredam masuknya bahan baku impor.

Diakui Egi, saat ini sudah ada perusahaan yang mulai mengembangkan industri ekstraksi. Meski demikian, gerakan tersebut perlu diperbesar lagi. Termasuk, dengan menggandeng BUMN untuk berkolaborasi bersama.

“Kita seharusnya bekerja sama, karena mustahil jika hanya mengandalkan satu atau dua perusahaan. Tetapi harus sama-sama demi kepentingan negara untuk mengonversi bahan baku segar dari tanaman-tanaman di perkebunan, kemudian diproses menjadi ekstrak dan dicampur dengan bahan baku lain,” jelas dia.

Adapun Mustika Ratu sendiri telah menggunakan hampir semua bahan baku produksinya dari lokal. Terlebih, herbal yang Tingkat Komponen Dalam Negerinya (TKDN) mencapai 100%.

Ironisnya, industri obat-obatan di dalam negeri, masih mengandalkan 90% bahan bakunya dari impor. “Ini yang menyedihkan, dan kita baru menyadari hal ini saat pandemi. Indonesia sebagai negara kekayaan hayati, tapi bahan baku obatnya harus impor. Padahal, 70% bahan baku obat itu ada juga di Indonesia,” ungkap Egi.

Untuk itu, kata dia, ekosistem industri ekstraksi ini perlu dibangun dari hulu hingga hilir, serta adanya insentif kepada para pelaku usaha agar bersedia berinvestasi di sektor ini. Sehingga, akan terjadi kerja sama strategis antara para pelaku industri dan para petani untuk melakukan pembinaan.

“Kalau industri ekstraksi sudah dibuka di Indonesia, berarti suplai bahan baku harus konsisten dengan kualitas dan jumlah yang memenuhi kebutuhan,” tutur Egi.

Dia menegaskan, hal ini penting untuk didorong, karena akan berdampak positif terhadap ekosistem perekenomian nasional. Dampak lainnya bukan hanya bagi industri, tetapi juga meningkatkan minat para petani untuk kemudian menanam bahan baku yang dibutuhkan produk-produk industri, seperti jahe, kunyit, sambiloto, dan lain-lain. “Harapannya, para petani juga dapat bertani dengan hasil yang nilainya jauh lebih tinggi,” tutup dia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pengguna Aplikasi iKas RUN System Naik 25 Kali Lipat

Aplikasi iKas adalah aplikasi produktivitas untuk usaha mikro yang dikembangkan oleh RUN System. Saat ini iKas memiliki 7.000 pengguna.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Baru Dibuka, IHSG Langsung Terjun 0,6%

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah 0,63% ke 6.751,5 pada awal perdagangan hari ini, Senin (4/7/2022).

EKONOMI | 4 Juli 2022

Minim Sentimen Penggerak, Bursa Asia Dibuka Bervariasi

Bursa Asia Pasifik dibuka bervariasi pada awal perdagangan hari ini. Investor menantikan keputusan bank sentral Australia dan Malaysia pekan ini.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Air New Zealand Siapkan Tempat Tidur untuk Kelas Ekonomi

Air New Zealand baru-baru ini mengumumkan “pod” pertama di dunia untuk penerbangan kelas ekonomi, yang akan diluncurkan pada tahun 2024.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Phintraco Sekuritas: IHSG Potensi Rebound, Cermati BCA dan PGAS

Phintraco Sekuritas memprediksi IHSG hari ini bergerak fluktuatif. IHSG diperkirakan akan bergerak pada resistance 6.910, pivot 6.830, dan support 6.730.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Mei, Premi Mandiri Inhealth Capai Rp 1,75 Triliun

PT Asuransi Jiwa InHealth Indonesia (Mandiri Inhealth) membukukan pendapatan premi sebesar Rp 1,75 miliar hingga Mei 2022.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Kemenhub Akan Tata Pelabuhan-pelabihan di Bangka

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan penataan pelabuhan-pelabuhan yang ada di Provinsi Bangka Belitung.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Pemegang Saham Pradiksi Gunatama Setujui Perubahan Direksi

Para pemegang saham Pradiksi Gunatama menyetujui pengunduran Indra Irawan selaku direktur utama dan mengangkat Jooyoung Lee.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Anis Byarwati Dorong Edukasi Keuangan dan Ekonomi Syariah

Anis Byarwati meminta pelaku industri keuangan syariah komitmen dalam mendorong edukasi keuangan dan ekonomi syariah.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Paulus Waterpauw: Laporan Keuangan Bukan Ukuran Pembangunan

Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw menegaskan laporan realisasi keuangan bukan ukuran pembangunan.

EKONOMI | 3 Juli 2022


TAG POPULER

# Apriyani/Fadia Juara


# Elon Musk


# Yusuf Mansur


# Ahmad Dhani


# KM Setia Makmur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pengguna Aplikasi iKas RUN System Naik 25 Kali Lipat

Pengguna Aplikasi iKas RUN System Naik 25 Kali Lipat

EKONOMI | 17 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings