Logo BeritaSatu

Peruri Siap Berikan Layanan Terbaik bagi Pemungut Bea Meterai

Rabu, 26 Januari 2022 | 18:34 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.comPerum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) siap memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pemungut bea meterai. Hal tersebut terungkap dalam acara talkshow e-meterai dan sosialisasi SPT Masa Bea Meterai di Jakarta yang digelar Peruri bersama dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Selasa (25/1/2022). Penyelenggaraan acara ini bertujuan untuk memberikan awarenessterkait hak dan kewajiban perpajakan kepada wajib pajak yang telah ditetapkan Pemungut Bea Meterai oleh Direktorat Jenderal Pajak.

Adanya meterai elektronik diketahui dapat memberikan kemudahan dan meningkatkan ketertiban administrasi dalam pengelolaan, pengawasan serta penerimaan perpajakan negara. Perubahan peraturan bea meterai dilakukan dalam rangka menyesuaikan dengan perkembangan zaman, hukum serta kebutuhan masyarakat, khususnya kebutuhan akan tata kelola bea meterai di era digital, seiring dengan meningkatnya transaksi elektronik di masyarakat.

“DJP (Direktorat Jenderal Pajak) dalam menghimpun penerimaan negara, tidak dapat berjalan sendirian. Kegiatan hari ini merupakan salah satu bentuk sinergi dengan Peruri melalui penyelenggaraan sosialisasi terkait bea meterai. Pada 2021, penerimaan pajak telah berhasil mencapai target melebihi pencapaian 100% setelah kurun waktu 12 tahun belum pernah tercapai. Tentu hasil ini juga atas partisipasi Peruri sebagai stakeholders dan mitra dalam mendukung DJP mencapai prestasi yang membanggakan di 2021,” kata Iwan Djuniardi, Staf Ahli Bidang Peraturan dan Penegakan Hukum Perpajakan Kementerian Keuangan.

Sementara itu Direktur Utama Peruri, Dwina Septiani Wijaya mengatakan bahwa penerapan meterai elektronik akan mendorong lahirnya inovasi-inovasi lain dari pemerintah dan masyarakat untuk mendukung akselerasi digital. “Pada dasarnya Peruri secara kompetensi sudah siap secara masif untuk mendukung digitalisasi di negeri ini dan siap untuk memfasilitasi kewajiban pembayaran bea meterai nasabah para pemungut dengan menyediakan meterai elektronik yang mudah dan aman untuk mendukung penerimaan negara di bidang perpajakan,” ucap Dwina.

Untuk diketahui bahwa berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 86 Tahun 2021 Peruri ditunjuk pemerintah untuk menyediakan sistem meterai elektronik untuk menerbitkan, mendistribusikan serta menjual meterai elektronik kepada masyarakat. Dalam peraturan turunannya melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 133 tahun 2021, Peruri harus menunjuk distributor untuk implementasi distribusi dan penjualan meterai elektronik kepada masyarakat.

Sebagai perusahaan penjamin keaslian produk sejak 1971, Peruri menjaminkan keaslian meterai elektronik yang beredar di masyarakat melalui sebuah sistem yang aman dengan teknologi X.509-SHA-512, yaitu teknologi yang digunakan untuk tanda tangan digital dan stempel digital. Selain itu meterai elektronik juga dilindungi dengan 3 level pengamanan overt, covert dan forensic.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

SUN Energy dan Wika Mulai Bangun PLTS Terbesar di Untan

Kolaborasi SUN Energy dan PT Wika Industri Energi memecahkan rekor PLTS terbesar di institusi pendidikan se-Indonesia.

EKONOMI | 24 Mei 2022

Pluang Tawarkan Investasi Emas Digital Berlisensi Bappebti

Aplikasi investasi multi-aset Pluang menawarkan investasi aset emas digital berlisensi Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

EKONOMI | 24 Mei 2022

BI Pertahankan Suku Bunga Acuan 3,5%

Bank Indonesia memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan (BI 7 Days Reverse Repo Rate) di posisi 3,5%.

EKONOMI | 24 Mei 2022

Bisnis Ritel Pulih, Mega Perintis Siap Ekspansi Gerai Baru

PT Mega Perintis Tbk (ZONE) targetkan penjualan tumbuh 20% dengan melanjutkan rencana ekspansi 40 gerai baru.

EKONOMI | 24 Mei 2022

Keren, Jateng Punya Rusun Rp 2,6 Miliar untuk Santriwati

Rumah susun (Rusun) Ponpes Al Hidayah yang dibangun Kementerian PUPR dengan anggaran Rp 2,6 miliar, dapat menampung puluhan santriwati.

EKONOMI | 24 Mei 2022

Harga CPO Melonjak, Laba Cisadane Sawit Raya Naik 150%

PT Cisadane Sawit Raya Tbk mencatatkan lonjakan laba bersih 150% menjadi Rp 103,41 miliar dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp 41,38 miliar.

EKONOMI | 24 Mei 2022

Sri Mulyani Akui Pasar Keuangan Terimbas Kebijakan The Fed

Sri Mulyani mengakui, pengetatan kebijakan moneter oleh Bank Sentral AS atau The Fed untuk meredam inflasi telah berimbas pada pasar keuangan domestik.

EKONOMI | 24 Mei 2022

Menko Airlangga Harap G-20 Solid Jaga Stabilitas Ekonomi Dunia

Menko Airlangga Hartarto berhharap negara-negara G-20 solid untuk menjaga stabilitas ekonomi dunia.

EKONOMI | 24 Mei 2022

Kebijakan Kelistrikan Perlu Seimbangkan Harga Murah dan EBT

Sejumlah kebijakan dalam industri kelistrikan perlu ditata ulang agar target pengembangan pembangkit listrik berbasis EBT bisa dicapai.

EKONOMI | 24 Mei 2022

259 Saham Naik, IHSG Sesi I Naik 74 Poin Jadi 6.914

Volume perdagangan IHSG hingga sesi siang ini tercatat sebanyak 141,0 miliar saham senilai Rp 8,8 triliun. 

EKONOMI | 24 Mei 2022


TAG POPULER

# Aturan Baru KTP


# Cekcok di Tol


# SEA Games


# HUT Jakarta


# Polisi Selingkuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Siloam Hospitals Manado Ingatkan Pentingnya Hidup Sehat

Siloam Hospitals Manado Ingatkan Pentingnya Hidup Sehat

NEWS | 17 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings