Logo BeritaSatu

Pejabat Korupsi, Erick Sindir Seperti “OKB” Kaget Punya Duit Banyak

Rabu, 26 Januari 2022 | 20:12 WIB
Oleh : Lona Olavia / WBP

Jakarta, Beritasatu.com– Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kebut transformasi menyeluruh di seluruh lini perusahaan BUMN. Transformasi BUMN dilakukan melalui perbaikan tata kelola dan bisnis proses. Hal tersebut termasuk sebagai upaya mencegah terjadinya korupsi di tubuh BUMN.

“Transformasi tidak mungkin terjadi kalau kita tidak perbaiki tata kelola dan bisnis prosesnya, supaya pimpinan umum diberikan amanah. Ini becandanya saya, seperti OKB (orang kaya baru) ketika tiba-tiba memegang perusahaan yang untungnya miliaran triliunan dan tidak ada tata kelolanya akhirnya absolute power to corrupt. Jadi, tak ada transformasi yang sukses tanpa transformasi SDM,” ungkapnya dalam Kuliah Umum Fakultas Hukum Unika Atmajaya “Efektivitas Penanganan Hukum dan Ekonomi Dalam Kasus Mega Korupsi: Studi Kasus Jiwasraya”, Rabu (26/1/2022).

Untuk itu, di Kementerian BUMN mematok kepemimpinan perempuan di semua perusahaan pelat merah minimal 15%. Begitu juga dengan usia muda di bawah 42 tahun minimal 5%. Ketetapan itu dilakukan seiring langkah BUMN yang sudah menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan lembaga lainnya menyangkut pencegahan korupsi.

Erick menceritakan sewaktu menjabat Menteri BUMN pada November 2019, dirinya sedang mengkaji Key Performance Indicator atau KPI yang ditargetkan Presiden Joko Widodo saat itu. Ketika melakukan pendalaman bersama wakil menteri BUMN ditemukan beberapa perusahaan tata kelolanya jelek sekali.

Menteri BUMN kemudian melaporkan kasus Jiwasraya ini kepada Presiden Joko Widodo, dan Presiden memberikan instruksi langsung agar kasus Jiwasraya segera dituntaskan. “Dan ini sudah sejak lama. Makanya saya langsung hadap bapak presiden. Kejadiannya tahun 2006 dan 2013, tapi ini mungkin skandal besar dan menyangkut banyak orang kuat yang ada perlindungannya, makanya ini harus ada kebijakan dari bapak presiden langsung, kalau saya sendiri tidak kuat,” ungkap dia.

Erick kemudian mengatakan bahwa setelah melihat fakta dan bukti-bukti, ada investigasi audit dari BPKP, kemudian ada laporan dari BPK, maka Kementerian BUMN melaporkan kasus Jiwasraya ini secara resmi kepada Kejaksaan Agung. Di mana, Kementerian BUMN tidak mau terjebak di persoalan hukumnya, melainkan fokus pada persoalan korporasinya.

Dia berkomitmen agar kasus ini tuntas dan membuat efek jera bagi pemimpin BUMN berikutnya karena adanya hukuman berat. “Dan ini yang saya sampaikan juga bukan arogansi dari keinginan untuk memenjarakan orang, tapi seperti yang disampaikan oleh bapak Jaksa Agung ini adalah keadilan yang harus berlaku bagi rakyat yang dirugikan,” tegas Erick Thohir.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Laba Melesat, Teladan Prima Agro Bagi Dividen Rp 79,8 M

RUPST PT Teladan Prima Agro Tbk (TLDN) menetapkan pembagian dividen sebesar Rp 79,8 miliar kepada pemegang saham.

EKONOMI | 27 Mei 2022

Telkom Tebar Dividen Rp 14,86 Triliun, 60% dari Laba Bersih

PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) memutuskan akan membagi dividen Rp14,86 triliun atau Rp149,97 per lembar kepada para pemegang saham.

EKONOMI | 27 Mei 2022

Kuartal I 2022, Laba Bersih Teladan Prima Agro Naik 488,2%

PT Teladan Prima Agro Tbk (TLDN) mencatatkan laba bersih Rp 295,6 miliar, naik 488,2% year on year (yoy) di tengah naiknya harga jual CPO (crude palm oil).

EKONOMI | 27 Mei 2022

Kuartal I 2022, SCG Catatkan Laba 3,84 Triliun

SCG berhasil mencatatkan laba Rp 3,84 triliun pada kuartal-I 2022, sebagian besar berasal dari peningkatan kinerja bisnis semen dan bahan bangunan.

EKONOMI | 27 Mei 2022

Investasi Telkom di GOTO Sudah Raup Untung Rp 949 M

Telkom telah berhasil meraih keuntungan sebesar Rp 949 terhadap investasi di Gojek Tokopedia (GOTO).

EKONOMI | 27 Mei 2022

Ini Respons Gapki soal Kantor Pusat Wajib di Indonesia

Sekjen Gapki Eddy Martono menegaskan, perusahaan sawit yang berkantor pusat di luar negeri tetap mematuhi ketentuan di Indonesia, termasuk soal perpajakan.

EKONOMI | 27 Mei 2022

Perluas Pasar, Daikin Resmikan Showroom Proshop Ke-27

Showroom Daikin Proshop dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan akan solusi udara premium yang rancang desainnya mengedepankan estetika.

EKONOMI | 27 Mei 2022

Wamendag: Bappebti Punya Peran Signifikan di Industri PBK

Melihat besarnya potensi transaksi perdagangan berjangka komoditi (PBK), Bappebti sebagai lembaga pengawas dinilai memiliki peran yang signifikan.

EKONOMI | 27 Mei 2022

Cara Bijak Menggunakan Bukalapak Paylater yang Harus Anda Ketahui

Untuk menggunakan Bukalapak paylater dengan bijak, pastikan Anda mengenali risiko dan memilih fintech dengan bunga ringan.

EKONOMI | 27 Mei 2022

Bayar Utang, Indofarma Pinjam Rp 355 Miliar ke Biofarma

PT Indofarma Tbk (INAF) akan menggunakan pinjaman tersebut untuk menutupi pinjaman restrukturisasi Bank Mandiri dan memenuhi kebutuhan modal kerja.

EKONOMI | 27 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Panggung Perayaan Kenaikan Isa Almasih di JIS Tak Gunakan Area Rumput

Panggung Perayaan Kenaikan Isa Almasih di JIS Tak Gunakan Area Rumput

NEWS | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings