Logo BeritaSatu

XL Axiata Fokus Rampungkan Akuisisi Link Net, Aksi Lain Nanti Dulu!

Jumat, 28 Januari 2022 | 13:29 WIB
Oleh : Thresa Sandra Desfika / FMB

Jakarta, Beritasatu.com – PT XL Axiata Tbk (EXCL) fokus merampungkan transaksi pembelian saham PT Link Net Tbk (LINK) yang ditargetkan tuntas pada kuartal III-2022.

Sebagaimana diketahui Axiata Group Berhad (Axiata) dan PT XL Axiata Tbk telah meneken penandatanganan perjanjian jual beli saham bersyarat (PJB) untuk secara bersama-sama melakukan pengambilalihan terhadap sejumlah 66,03% saham dengan hak suara yang telah disetor penuh dalam PT Link Net Tbk (LINK) yang dimiliki oleh Asia Link Dewa Pte Ltd (ALD) dan PT First Media Tbk (KBLV).

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini menjelaskan, setelah perjanjian itu, pihaknya masih harus melakukan closing pembelian saham dan persetujuan dari regulator. Karena itu, dia memperkirakan, penyelesaian proses semua ini butuh waktu beberapa bulan lagi.

“Memang masih diperlukan waktu beberapa bulan sampai transaksi ini ditutup dan akuisisi bisa dilakukan secara efektif,” kata Dian dalam program Corporate Action yang disiarkan langsung Berita Satu TV, Jumat (28/1/2022).

Dia menambahkan, untuk tahun 2022 ini, XL Axiata memang akan sangat sibuk untuk aksi korporasi pengambilalihan saham Link Net. Karena itu, perseroan belum merencanakan lagi adanya aksi korporasi pada tahun ini.

“Jadi memang untuk tahun 2022 barangkali mungkin kami masih sibuk untuk aksi korporasi yang ini. Meneruskan sampai tahap akhir sampai goal sehingga untuk aksi korporasi yang lain barangkali belum kami rencanakan paling tidak sampai pertengahan tahun ini, karena akan digunakan untuk sampai ujung, sehingga transaksi ini memang bisa closed di tahun 2022,” papar Dian.

Berdasarkan ketentuan PJB, Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd (AII), anak perusahaan yang secara tidak langsung dimiliki oleh Axiata, dan XL Axiata akan memiliki kepemilikan saham masing-masing 46,03% dan 20,00% dari gabungan keseluruhan saham sebesar 66,03% dalam Link Net yang dimiliki oleh oleh ALD dan FM. AII kemudian akan diwajibkan untuk melakukan penawaran tender wajib (mandatory tender offer/MTO) untuk membeli 33,97% saham Link Net yang tersisa sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia.

Rencana pengambilalihan dan MTO diharapkan akan selesai pada kuartal ketiga tahun 2022 dan akan menyesuaikan dengan perkembangan pemenuhan persyaratan untuk penyelesaian transaksi, termasuk perolehan persetujuan dari regulator dan persetujuan dari pemegang saham. Rencana transaksi ini akan didanai melalui kombinasi dana internal dan/atau pinjaman bank, yang proporsinya akan ditentukan kemudian.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Telkom Tebar Dividen Rp 14,86 Triliun, 60% dari Laba Bersih

PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) memutuskan akan membagi dividen Rp14,86 triliun atau Rp149,97 per lembar kepada para pemegang saham.

EKONOMI | 27 Mei 2022

Kuartal I 2022, Laba Bersih Teladan Prima Agro Naik 488,2%

PT Teladan Prima Agro Tbk (TLDN) mencatatkan laba bersih Rp 295,6 miliar, naik 488,2% year on year (yoy) di tengah naiknya harga jual CPO (crude palm oil).

EKONOMI | 27 Mei 2022

Kuartal I 2022, SCG Catatkan Laba 3,84 Triliun

SCG berhasil mencatatkan laba Rp 3,84 triliun pada kuartal-I 2022, sebagian besar berasal dari peningkatan kinerja bisnis semen dan bahan bangunan.

EKONOMI | 27 Mei 2022

Investasi Telkom di GOTO Sudah Raup Untung Rp 949 M

Telkom telah berhasil meraih keuntungan sebesar Rp 949 terhadap investasi di Gojek Tokopedia (GOTO).

EKONOMI | 27 Mei 2022

Ini Respons Gapki soal Kantor Pusat Wajib di Indonesia

Sekjen Gapki Eddy Martono menegaskan, perusahaan sawit yang berkantor pusat di luar negeri tetap mematuhi ketentuan di Indonesia, termasuk soal perpajakan.

EKONOMI | 27 Mei 2022

Perluas Pasar, Daikin Resmikan Showroom Proshop Ke-27

Showroom Daikin Proshop dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan akan solusi udara premium yang rancang desainnya mengedepankan estetika.

EKONOMI | 27 Mei 2022

Wamendag: Bappebti Punya Peran Signifikan di Industri PBK

Melihat besarnya potensi transaksi perdagangan berjangka komoditi (PBK), Bappebti sebagai lembaga pengawas dinilai memiliki peran yang signifikan.

EKONOMI | 27 Mei 2022

Cara Bijak Menggunakan Bukalapak Paylater yang Harus Anda Ketahui

Untuk menggunakan Bukalapak paylater dengan bijak, pastikan Anda mengenali risiko dan memilih fintech dengan bunga ringan.

EKONOMI | 27 Mei 2022

Bayar Utang, Indofarma Pinjam Rp 355 Miliar ke Biofarma

PT Indofarma Tbk (INAF) akan menggunakan pinjaman tersebut untuk menutupi pinjaman restrukturisasi Bank Mandiri dan memenuhi kebutuhan modal kerja.

EKONOMI | 27 Mei 2022

Gapki Dukung Pemerintah Audit Perusahaan Kelapa Sawit

Gapki mendukung rencana pemerintah yang akan melakukan audit terhadap semua perusahaan yang mengelola hasil kelapa sawit.

EKONOMI | 27 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Presiden Zelensky Sebut Rusia Menikmati Perang di Ukraina

Presiden Zelensky Sebut Rusia Menikmati Perang di Ukraina

NEWS | 15 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings