Logo BeritaSatu

Jadi Green Island, KEK Morotai Akan Miliki IPP PLTS

Jumat, 28 Januari 2022 | 17:50 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - PT Jababeka Morotai, anak usaha PT Jababeka Tbk (KIJA) membentuk konsorsium dengan Kyudenko Corporation (Kyudenko) dan PT Santomo Resources Indonesia (Santomo) untuk berpartisipasi dalam tender proyek Independent Power Producer (IPP) Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Morotai- di Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara. Penandatanganan perjanjian kerja sama dilakukan Direktur Utama PT Jababeka Morotai, Basuri Tjahaja Purnama bersama Kepala Perwakilan Kyudenko Shigetomi Norio dan Direktur Utama Santomo Tomoichi Yamaguchi di Jakarta belum lama ini.

Pembentukan konsorsium ini merespon kebutuhan listrik di Pulau Morotai khususnya di wilayah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Morotai dan kesiapan menanggapi rencana PT PLN yang dituangkan dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik Nasional (RUPTL) 2021-2030.

Yamaguchi mengatakan Santomo senang menjadi anggota konsorsium di mana Jababeka adalah pengembang kawasan industri dan Kyudenko adalah perusahaan EPC nomor satu untuk pembangkit tenaga surya di Jepang. "Ini merupakan konsorsium paling cocok untuk PLTS di Morotai," kata Yamaguchi dalam keterangan tertulisnya Jumat (28/1/2022).

Sementara Shigetomi Norio memandang bahwa penandatangan ialah upaya Jepang dan Indonesia – yang sama-sama anggota G-20 – bekerja sama menurunkan emisi karbon dan menekan dampak perubahan iklim. "Kyudenko sudah lama melakukan survei terkait penerapan energi terbarukan di Indonesia dan menyadari potensinya sangat besar," kata dia.

Kyudenko kata dia, berpengalaman dalam proyek demonstrasi PLTS di Pulau Sumba yang berkolaborasi dengan BPPT (berganti nama menjadi BRIN), PLN serta stakeholder untuk menyuplai stable energy dari PLTS.

Sementara Basuri optimistis pembangunan IPP PLTS di KEK Morotai akan membuat Morotai menjadi green island. Tenant-tenant KEK Morotai di bidang perikanan, logistik, rumah sakit, data center, serta kawasan wisata akan menikmati green energy dengan kualitas terbaik dan harga kompetitif.

Selain itu, kata Basuri, dengan status Kawasan Ekonomi Khusus, para tenant juga akan mendapat fasilitas khusus, berupa kemudahan perizinan dan perpajakan di antaranya adalah tax holiday/taxi incentives, kepabeanan, cukai, lalu lintas barang, ketenagakerjaan, keimigrasian, pertanahan dan tata ruang, dan perizinan berusaha.

"Dalam kerja sama itu, Jababeka Morotai akan bertindak sebagai pengelolaan lahan dan pembentukan kawasan industri, sedangkan Kyudenko dan Santomo menyuplai panel surya dan komponen-komponen lain, serta konstruksinya," kata dia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Harga Minyak Menguat Tipis di Tengah Ketatnya Pasokan

Harga minyak mentah Brent naik 14 sen menjadi US$ 113,56 per barel dan WTI AS turun 52 sen menjadi US$ 109,77 per barel.

EKONOMI | 25 Mei 2022

Luhut Sebut Baru 46 Pemda yang Tayangkan E-Katalog Lokal

Luhut Binsar Pandjaitan mendorong pemanfaatan e-katalog lokal dan pemanfaatan produk dalam negeri oleh pemda. 

EKONOMI | 25 Mei 2022

S&P 500 Jatuh, Nasdaq Kehilangan 2% Terseret Saham Teknologi

Nasdaq Composite jatuh karena suramnya proyeksi dari perusahaan media sosial, Snap sehingga menyebar ke saham teknologi lainnya.

EKONOMI | 25 Mei 2022

Bursa Eropa Ditutup Melemah Dibayangi Kekhawatiran Resesi

Stoxx 600 pan di bursa Eropa ditutup turun 1,1%, dengan sektor ritel dan perjalanan masing-masing ambles 3% memimpin pelemahan.

EKONOMI | 25 Mei 2022

BI Proyeksi the Fed Naikkan Suku Bunga 250 Bps pada 2022

Pengetatan kebijakan the Fed yang lebih agresif untuk menormalkan lonjakan inflasi di AS yang saat ini sudah mencapai 8,3%.

EKONOMI | 25 Mei 2022

Jokowi: Belanja Produk Dalam Negeri Masih di Bawah 10%

Jokowi menegur pemerintah daerah (pemda), BUMN dan kementerian/lembaga, karena realisasi belanja produk dalam negeri masih di bawah 10 persen.

EKONOMI | 24 Mei 2022

Ika Faperta IPB Dorong Kebangkitan Kopi Rempah Nusantara

Ika Faperta IPB berkomitmen melakukan penguatan dan mendorong kebangkitan para petani Kopi Rempah Nusantara.

EKONOMI | 24 Mei 2022

BSI Fokus Garap Potensi Besar Ekosistem Industri Halal

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) memiliki potensi besar untuk menangkap peluang di ekosistem industri halal Indonesia.

EKONOMI | 24 Mei 2022

IHRS 2022 Sarana Bertukar Ilmu dan Inovasi Profesional SDM

IHRS ditujukan bagi para profesional SDM dari berbagai industri baik di Indonesia maupun regional ASEAN.

EKONOMI | 24 Mei 2022

BPJS Kesehatan: 240 Juta Penduduk Indonesia Terdaftar JKN

BPJS Kesehatan mencatat 240 juta penduduk Indonesia telah terdaftar sebagai peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) per Mei 2022.

EKONOMI | 24 Mei 2022


TAG POPULER

# Aturan Baru KTP


# Cekcok di Tol


# SEA Games


# HUT Jakarta


# Polisi Selingkuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Timnas Indonesia Satu Grup dengan Vietnam di Piala Asia U-20

Timnas Indonesia Satu Grup dengan Vietnam di Piala Asia U-20

BOLA | 17 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings