Logo BeritaSatu

OJK: Industri Asuransi Masih dalam Mode Survival

Kamis, 10 Februari 2022 | 17:38 WIB
Oleh : Herman / WBP

Jakarta, Beritasatu.com – Deputi Direktur Pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kristianto Andi Handoko menyampaikan, meskipun industri asuransi di 2021 secara aset mengalami pertumbuhan 8,7% yang ditopang oleh pertumbuhan investasi, namun industri asuransi disebutnya masih dalam mode “survival”. Untuk premi asuransi jiwa memang tumbuh cukup baik hingga 7%. Namun di asuransi umum dan reasuransi justru mengalami kontraksi hingga 3%.

“2021 istilahnya masih survival mode. Pertumbuhan premi asuransi jiwa relatif cukup baik, tetapi untuk asuransi umum dan reasuransi pertumbuhannya minus 3%. Ini kami lihat memang dari sisi asuransi kredit yang relatif ada slowdown di dalam penerimaan premi, sehingga untuk asuransi umum ada penurunan. Tetapi overall untuk industri asuransi di 2021 masih tumbuh di angka 3%,” ungkap Andi Handoko dalam program Zooming with Primus bertajuk “Masa Depan Asuransi Era Digital” yang disiarkan langsung Beritasatu TV, Kamis (10/2/2022).

Untuk investasi, Andi melihat sudah mulai terjadi rebound, sehingga mampu mendorong peningkatan aset industri asuransi secara keseluruhan. “Kalau tumbuhnya memang di angka 7%, saya rasa cukup baik bila dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi yang berada di bawah angka 5%,” kata Andi.

Sementara itu, Ketua Dewan Asuransi Indonesia Tatang Hidayat menyampaikan, meskipun pertumbuhan premi asuransi umum mengalami kontraksi, namun jika dilihat dari sisi klaim justru lebih berkualitas.

“Klaim mengalami penurunan yang cukup drastis. Jadi penurunan klaim jauh lebih tinggi dibandingkan dengan penurunan premi. Jadi secara kualitas hasilnya meningkat, walaupun dari pertumbuhan premi mengalami penurunan,” kata Tatang Hidayat.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mengekor Mata Uang Asia, Rupiah Naik di Awal Perdagangan

Pergerakan mata uang Garuda atau rupiah di tengah mata uang Benua Kuning yang berada di zona hijau.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Lanjutkan Tren Negatif, IHSG Melemah di Awal Perdagangan

IHSG di awal perdagangan bergerak fluktuatif pada rentang 6.841-6.892 dan mengikuti pergerakan bursa saham regional yang melemah.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Meski Biaya Tinggi, Penerbitan Obligasi 2023 Tetap Marak

Di tengah era suku bunga tinggi yang memicu kenaikan cost of fund (beban biaya), penerbitan obligasi korporasi pada tahun 2023 tetap marak.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Bapanas Pastikan Cadangan Beras Pemerintah Tersedia

Pemerintah secara penuh menjamin dan memastikan ketersediaan beras di masyarakat secara berkelanjutan dengan mengamankan stok dan kesiapan CPP.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Dekati Rp 1.600 T, Penerimaan Pajak Sudah 106% dari Target

Capaian penerimaan pajak yang baik ini didukung kinerja ekonomi, implementasi UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP) hingga berkah harga komoditas.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Transformasi Digital Perlu Akselerasi untuk Topang Ekonomi Nasional

Transformasi digital pascapandemi penting dilakukan karena saat ini teknologi bukan sekadar alat dalam operasional bisnis atau organisasi.

EKONOMI | 7 Desember 2022

INA dan SWF Denmark Investasi Rp 7,8 Triliun di Energi Hijau

Indonesia Investment Authority (INA) dan SWF Denmark, Investment Fund for Developing Countries (IFU) menyepakati perjanjian investasi.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Meski Naik, Harga Emas Masih di Bawah Level Psikologis

Harga emas naik di akhir perdagangan Selasa (6/12/2022), dari penurunan tajam sehari sebelumnya.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Di Bawah US$ 80, Minyak Jatuh ke Level Prakrisis Ukraina

Harga minyak jatuh ke tingkat terendah tahun ini, dengan Brent berakhir di bawah US$ 80 per barel untuk kedua kalinya pada tahun 2022.

EKONOMI | 7 Desember 2022

IHSG 2023 Diramal 7.880 Ditopang Sektor Ini, Siap Dulang Cuan?

PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia memprediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2023 dapat mencapai 7.880.

EKONOMI | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Teror Bom Bandung, Pelaku Terobos Barisan Apel Polisi

Teror Bom Bandung, Pelaku Terobos Barisan Apel Polisi

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE