Logo BeritaSatu

Ini Strategi Pemerintah Kejar Target Realisasi Investasi Rp 1.200 T di 2022

Rabu, 16 Februari 2022 | 15:28 WIB
Oleh : Herman / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Deputi Bidang Kerja Sama Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM Riyatno mengungkapkan, untuk mencapai target realisasi investasi di 2022 sebesar Rp 1.200 triliun, telah ditetapkan tujuh key performance indicator (KPI) yang mengukur kinerja Kementerian Investasi/BKPM dalam menggenjot investasi.

Ke-7 KPI tersebut yakni perbaikan kemudahan berusaha (doing business), eksekusi realisasi investasi besar, mendorong investasi besar untuk bermitra dengan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), penyebaran investasi berkualitas, promosi investasi yang terfokus berdasarkan sektor dan negara, mendorong peningkatan investasi dalam negeri atau penanaman modal dalam negeri (PMDN) termasuk juga UMKM, dan ketujuh pengembangan hilirisasi investasi sumber daya alam (SDA).

“Salah satu yang menjadi arahan Bapak Presiden adalah supaya para pelaku usaha besar ini kalau berinvestasi yang memperoleh insentif, supaya mau bermitra dengan UMKM di daerah di mana investasi itu dilakukan,” kata Riyatno dalam acara diskusi “Law and Regulations Outlook 2022”, Rabu (16/2/2022).

Selanjutnya yang terkait dengan pengembangan hilirisasi investasi SDA, menurut Riyatno hal ini sesuai dengan transformasi ekonomi yang dicanangkan Presiden Joko Widodo. “Pengembangan hilirisasi ini kita lihat sudah mulai, artinya ini memang salah satu upaya supaya SDA kita yang kita mempunyai keunggulan, itu nilai tambahnya ada di dalam negeri,” kata Riyatno.

Untuk percepatan investasi, Presiden Joko Widodo berdasarkan Keppres Nomor 11 Tahun 2021 juga telah membentuk Satuan Tugas Percepatan Investasi, di mana Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia ditunjuk sebagai ketua satgas tersebut, kemudian Wakil Jaksa Agung sebagai Wakil Ketua I, Wakapolri sebagai Wakil Ketua II.

“Ini salah satu tujuannya supaya ketika ada hambatan investasi bisa segera diselesaikan. Bahkan di dalam salah satu tugasnya, kalau ada pejabat apakah di pusat atau di daerah yang menghambat investasi, bisa diberikan catatan atau dibantu bahwa investasi ini merupakan hal yang sangat penting,” kata Riyatno.

Dalam kesempatan yang sama Founding Partner Dentons HPRP Al Hakim Hanafiah mengatakan kebijakan pemerintahan Joko Widodo mempercepat pembangunan infrastruktur dan penyederhanaan regulasi investasi telah menciptakan pemerataan pembangunan. Pembangunan infrastruktur dan pelaksanaan Proyek Strategis Nasional menjadikan investasi tidak lagi hanya berpusat di Pulau Jawa. Terlepas dari berbagai tantangan yang dihadapi dunia usaha dan industri Indonesia dari dampak kebijakan baru pemerintah, perubahan ini membuka kesempatan baru yang harus secara cermat dimanfaatkan semua kalangan.

“Dalam 32 tahun kiprah kami dalam dunia hukum Indonesia, kami telah banyak mengalami perubahan landscape hukum di Indonesia dan kami melihat bahwa perubahan-perubahan ini cukup signifikan, terutama dalam hal-hal seperti investasi dan ease of doing business,” ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ekonom IAEI Sebut Indonesia Mampu Atasi Ancaman Resesi

Ekonom dari Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) Munifah Syanwani menilai Indonesia akan mampu melewati tahun resesi ekonomi.

EKONOMI | 26 November 2022

Terapkan ESG, BRI Raih Peringkat Tertinggi di ASRRAT 2022

BRI berhasil meraih penghargaan platinum rank di ASRRAT 2022. BRI tahun lalu juga meraih peringkat tertinggi di ajang yag sama.

EKONOMI | 26 November 2022

Jokowi: Negara Besar Resesi, Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,72%

Presiden Jokowi menyebut ekonomi Indonesia bisa tumbuh 5,72 persen pada kuartal ketiga di tengah resesi yang dialami sejumlah negara besar di dunia. 

EKONOMI | 26 November 2022

Jokowi Ungkap Syarat Indonesia Jadi 5 Besar Negara Terkuat di 2045

Presiden Jokowi menyampaikan syarat mewujudkan visi Indonesia sebagai negara yang masuk dalam lima besar ekonomi terkuat di dunia pada 2045.

EKONOMI | 26 November 2022

Jokowi: Tidak Mungkin Bersaing dengan Negara Lain kalau Jalannya Becek

Presiden Jokowi mengungkap alasannya terus membangun infrastruktur di luar Pulau Jawa. Infrastruktur akan membuka titik-titik ekonomi baru Indonesia. 

EKONOMI | 26 November 2022

Hilirisasi, Bahlil Ingin Indonesia Jadi Acuan Harga Timah Dunia

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia menargetkan Indonesia setop ekspor timah pada 2023.

EKONOMI | 26 November 2022

Ini 10 Perusahaan Teknologi dengan Jumlah PHK Terbesar

Menurut data layoffs.fyi, terdapat 137.492 karyawan dari 859 perusahaan teknologi di seluruh dunia yang di-PHK pada 2022.

EKONOMI | 26 November 2022

Wall Street Menguat dalam Sepekan di Tengah Minimnya Sentimen

Dow Jones Industrial Average (DJIA) naik pada hari Jumat (25/11/2022). Indeks-indeks acuan Wall Street mencatat kinerja positif selama minggu ini.

EKONOMI | 26 November 2022

BEI Targetkan 57 Perusahaan Melantai di Bursa pada 2023

Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan perusahaan yang melakukan penawaram umum saham perdana (IPO) pada 2023 sebanyak 57 perusahaan

EKONOMI | 26 November 2022

Perluas Pasar Bank Digital, MNC Bank Gandeng Taspen

PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) atau MNC Bank dipercaya PT Taspen (Persero) (TASPEN) menjadi mitra bayar digital pertama.

EKONOMI | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Prancis Akhiri Rentetan Juara Piala Dunia yang Tersingkir pada Penyisihan Grup

Prancis Akhiri Rentetan Juara Piala Dunia yang Tersingkir pada Penyisihan Grup

SEMESTA BOLA 2022 | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE