Logo BeritaSatu

Apindo Usul Kebijakan Zero ODOL Diundur Jadi 2025

Selasa, 22 Februari 2022 | 19:28 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com– Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengusulkan agar kebijakan bebas truk kelebihan muatan dan dimensi (over dimension overload/ODOL) diundur pemberlakuan penuhnya dari semula tahun 2023 menjadi 2025. Hal ini mempertimbangkan kondisi industri nasional yang masih terpukul akibat pandemi Covid-19.

Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani mengatakan penerapan zero ODOL akan sulit dilaksanakan pada 2023 mendatang. Pasalnya, pandemi telah membuat perekonomian Indonesia tertekan. “Kita tahu semua bahwa perekonomian selama pandemi sangat terpuruk, kami usul kebijakan zero ODOL ini diundur paling tidak 2 tahun atau di Januari 2025,” kata Hariyadi ketika dihubungi, Selasa (22/2/2022).

Advertisement

Hariyadi menegaskan, dengan mundurnya batas akhir kebijakan tersebut, ada waktu bagi pelaku usaha untuk mempersiapkan diri. “Untuk saat ini, tidak mungkin memaksakan sesuatu yang hanya bisa dilakukan dalam kondisi normal,” kata Hariyadi.

Meski demikian Apindo mendukung penerapan zero ODOL yang dicanangkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Menurutnya zero ODOL mempunyai konsep bagus yakni menyesuaikan kondisi daya dukung jalan dengan angkutan truk yang lewat agar biaya perawatan jalan jadi tidak mahal. “Pada prinsipnya dunia usaha mendukung kebijakan itu,” katanya.

Sembari menunggu penundaan kebijakan zero ODOL pada 2025, Hariyadi menyarankan pemerintah menyiapkan sejumlah insentif bagi dunia usaha agar kebijakan itu bisa direalisasikan. Hal ini karena ada alokasi dana cukup besar yang harus dikeluarkan pengusaha untuk peremajaan truk dan investasi truk baru. Hariyadi Sukamdani meminta Kemenhub dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyiapkan insentif bagi industri yang banyak menggunakan truk pengangkut agar harganya bisa kompetitif. Insentif ini baik berupa keringanan pajak untuk pembiayaan pembelian truk baru maupun pembebasan bea masuk (BM).

Selain itu, Hariyadi minta ke pemerintah agar memberikan subsidi kepada pelaku usaha yang meremajakan truk lama dan pengadaan truk baru. “Anggaran subsidi ini bisa diambilkan dari pos anggaran pemeliharaan jalan,” katanya.

Ketua Umum Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Gulat Manurung sependapat dengan Hariyadi Sukamdani. Menurutnya, selama ini petani sawit sudah menanggung berbagai beban, mulai pungutan ekspor minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) hingga beban dari kenaikan harga pupuk yang sangat tinggi. “Kami petani sawit setuju (truk yang tidak sesuai dengan spesifikasi) itu ditertibkan, tetapi tidak sekarang. Minimal kami diberi tenggat waktu hingga 2025 lah. Biarkan dulu geliat ekonomi masyarakat tumbuh,” kata Gulat saat dihubungi, Selasa (22/2/2022).

Menurut Gulat, selama berpuluh tahun pemerintah tidak ada ketegasan menertibkan truk yang melebihi spesifikasi, sehingga truk petani sawit rata-rata melebihi spesifikasi yang ditentukan. Dia mengaku banyak truk yang mengangkut tandan buah segar (TBS), spesifikasinya melebihi dari yang ditentukan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

HUT Ke-77 RI, Bank BJB Gelar Berbagai Program Menarik

Memperingati Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, Bank BJB menggelar berbagai program yang menarik bagi para nasabah.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

ASDP Indonesia Ferry Optimistis Pertahankan Kinerja Positif

PT ASDP Indonesia Ferry optimistis pada tahun ini Earning Before Interest, Tax and Amortization (Ebitda) mampu menembus Rp 1 triliun.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

Barito Pacific Dukung Mapala UI Wujudkan Ekonomi Sirkular

Barito Pacific fokus memberikan manfaat bagi semua kepentingan masa depan dengan kegiatan di bidang pendidikan, lingkungan, ekonomi, dan sosial.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

HUT Ke-77 RI, Depo Bangunan Salurkan 2.000 Bingkisan

Depo Bangunan menyiapkan bantuan 10 ton beras, 2.000 liter minyak goreng dan 2.000 kg gula.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

Rayakan Hari Kemerdekaan, BRI Resmikan Menara BRILian

Menara BRILian yang bernuansa green and smart building ini dibangun di lahan seluas 8200 M2 berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

Astra Life Konsisten Lanjutkan Inovasi Layanan Digital

PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) resmi meluncurkan aplikasi mobile MyAstraLife sebagai upaya memperkuat inovasi pelayanan nasabah berbasis digital.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

Cakep! Premi Asuransi Perjalanan Jasindo Tumbuh 565%

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) mencatatkan pertumbuhan 565% secara tahunan atau year on year (yoy) di lini bisnis asuransi perjalanan.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

Digitalisasi BPR, Komunal Luncurkan Fitur E-Deposito

DepositoBPR by Komunal meluncurkan fitur terbaru E-Deposito untuk mendukung seluruh BPR semakin maju secara digital.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

HUT Ke-77 RI, BTN Tawarkan KPR Edisi Khusus Kemerdekaan

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN memiliki cara tersendiri untuk memperingati HUT ke-77 RI.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

Pangdam XIV Hasanuddin Jamin Stabilitas Keamanan Smelter Nikel CNI Group

Menurut Mayjen TNI Andi Muhammad, proyek smelter nikel CNI Group wajib untuk dilindungi karena proyek ini didukung penuh oleh negara.

EKONOMI | 17 Agustus 2022


TAG POPULER

# Prabowo Subianto


# Ferdy Sambo


# Polisi Pengedar Narkoba


# Sekolah Lapang


# Puan Maharani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
HUT KE-77 RI, Pemulihan Ekonomi Kota Bogor Bergerak Cepat

HUT KE-77 RI, Pemulihan Ekonomi Kota Bogor Bergerak Cepat

NEWS | 4 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings