Logo BeritaSatu

Cita Rasa, Alasan Perajin Tahu Tempe Sulit Lepas dari Kedelai Impor

Sabtu, 5 Maret 2022 | 13:37 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Oke Nurwan menuturkan, sulitnya Indonesia melepas ketergantungan kedelai impor sebagai bahan baku tahu dan tempe dari Amerika Serikat (AS) dan Brasil karena terkait dengan cita rasa. Di sisi lain, pasokan kedelai dalam negeri juga terus berkurang.

"Ini kan kita dari Amerika, dan kelihatannya perajin tahu dan tempe kita ini tidak bisa terlepas dari kedelai Amerika. Kalau diubah, harus mengubah cita rasa kita,” kata Oke Nurwan dalam diskusi "Quo Vadis Sembako Nasional", Sabtu (5/3/2022).

Disampaikan Oke, kebutuhan kedelai per tahun secara nasional sekitar 3 juta ton, sementara pasokan dari impor sekitar 2,6 juta ton. Sedangkan pasokan kedelai lokal saat ini sedang mengalami gangguan.

"Di Indonesia juga terjadi yang biasanya bisa memasok 20% atau 400.000 ton, ternyata terjadi penurunan tinggal 250.000 ton dalam setahun,” ungkap Oke.

Oke mengatakan, dalam merespon tinggi harga kedelai impor sebagai bahan baku tahu dan tempe, yang menjadi fokus pemerintah saat ini adalah memastikan ketersediaan kedelai, meskipun harganya mahal.

Pasalnya, lanjut dia, ada sekitar 150.000 UMKM pengrajin tahu tempe yang keberlangsungan usahanya sangat bergantung pada ketersediaan kedelai impor.

"Kita ini sangat tinggi ketergantungannya dari kedelai impor. Beberapa waktu lalu saya sudah bicara dengan para importir, karena mereka sempat mau menghentikan importasinya akibat harga kedelai yang tinggi. Saya sudah bicara, ini perlu tetap tersedia. Lebih baik tersedia kedelai impor, walaupun harga tinggi,” kata Oke.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sri Mulyani: Dana Pemda Mengendap di Bank Rp 203,42 Triliun

Sri Mulyani menyampaikan, tingginya saldo dana pemda di perbankan disebabkan belum optimalnya realisasi belanja daerah sampai dengan Agustus 2022.

EKONOMI | 26 September 2022

PP Properti Bayar Lunas Utang Jatuh Tempo Rp 2,5 Triliun

PT PP Properti Tbk (PPRO) berhasil melunasi utang jatuh tempo di tahun 2022 sebesar Rp 2,5 triliun, yang terdiri dari obligasi, MTN, dan perbankan.

EKONOMI | 26 September 2022

PPRE Targetkan Pengolahan Sampah Ciliwung Selesai Akhir 2022

PT PP Presisi Tbk (PPRE) menargetkan pembangunan sistem pengambilan dan treatment sampah badan air selesai secara bertahap pada akhir 2022

EKONOMI | 26 September 2022

Jaga Ekonomi, Inaplas Bertekad Subtitusi Impor Petrokimia

Untuk menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia, Inaplas berupaya melakukan substitusi impor petrokimia.

EKONOMI | 26 September 2022

Pahami Kebutuhan Sebelum Membeli Produk Asuransi Yang Paling Tepat

Sebelum memutuskan memiliki asuransi, sebaiknya pahami dengan benar produk dan kebutuhannya, apakah memang perlu produk tradisional atau unit link.

EKONOMI | 26 September 2022

Handojo Santosa Meninggal Dunia, Ini Kiprahnya Sebagai Dirut Japfa

Melansir laman resmi japfacomfeed, Handojo Santosa merupakan warga negara Siprus, usia 57 tahun, berdomisili di Singapura.

EKONOMI | 26 September 2022

PLN Uji Coba Peralihan Kompor Listrik di Solo dan Denpasar

PLN terus fokus menjalankan pendampingan dan evaluasi bagi keluarga penerima manfaat (KPM) untuk program uji coba kompor listrik.

EKONOMI | 26 September 2022

Kinerja Positif, Jasa Marga Cetak Laba Rp 734,8 Miliar

PT Jasa Marga Tbk (JSMR) mencapai kinerja positif hingga semester I 2022 dengan mencatatkan laba bersih sebesar Rp 734,8 miliar.

EKONOMI | 26 September 2022

100 Hari Kerja Mendag, Pelaku Usaha Beri Nilai Biru untuk Rapor Zulhas

Pelaku usaha memberikan penilaian Kemendag di bawah pimpinan Menteri Zulkifli Hasan dengan nilai biru untuk rapor 100 hari kerja.

EKONOMI | 26 September 2022

Ini 3 Pesan Erick Thohir untuk Para Direktur BUMN

Sebagai Menteri BUMN dan pebisnis, Erick Thohir punya tiga pesan penting bagi direksi BUMN di tengah meningkatnya potensi ekonomi digital.

EKONOMI | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Korupsi Proyek IPDN, Eks Pejabat Waskita Karya Dituntut 4,5 Tahun Penjara

Korupsi Proyek IPDN, Eks Pejabat Waskita Karya Dituntut 4,5 Tahun Penjara

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings