Logo BeritaSatu

Inilah 8 Keuntungan Aplikasi Kasir untuk UMKM

Rabu, 9 Maret 2022 | 16:17 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Aplikasi kasir untuk UMKM tentu sangat membantu pelaku usaha untuk meningkatkan manajemen usahanya menjadi lebih praktis dan modern.

Aplikasi kasir atau yang dikenal dengan Point of Sales (POS) merupakan pencatatan transaksi yang langkahnya dilakukan oleh komputer, sehingga program software tersebut dikenal dengan aplikasi kasir atau toko.

Program yang membuat semua catatan disusun secara otomatis membuat pengusaha UMKM menjadi lebih efisien waktu, lebih teliti terhadap transaksi dan pastinya memberikan kemudahan dalam operasional kinerja UMKM.

Sebagai seorang pengusaha UMKM pastinya tuntutan lebih cepat dalam bekerja menjadi faktor dalam memenangkan kompetisi. Banyak usaha yang gagal karena masalah keuangan yang tidak beres atau transaksi penjualan yang tidak sesuai dengan penerimaan keuangan.

Untuk itulah, maka sangat penting kegunaan aplikasi kasir untuk pengusaha UMKM. Nah apa saja sih keuntungan yang akan diperoleh:


1. Efisiensi Waktu
Ketika usaha kamu masih kecil dengan barang dagangan yang sedikit tentu masih belum berpikir tentang repotnya pekerjaan tersebut. Namun ketika rak-rak penyimpanan barang semakin banyak maka pekerjaan untuk mengetahui stok barang akan menyita waktu banyak.

Menghemat waktu merupakan keuntungan aplikasi kasir yang bisa kamu dapatkan. Pasalnya kamu tidak perlu lagi melakukan pekerjaan tersebut secara manual. Begitu juga dengan pencatatan yang akan kamu lakukan bila dilakukan manual.
setiap toko tutup harus menjumlah nota rangkap yang dibuat untuk transaksi dari buka toko hingga tutup toko. Kegiatan ini, tentunya tidak cukup dalam waktu 5 menit, Anda butuh waktu 15 sampai 60 menit untuk menjumlah nota dan melakukan cek dengan penerimaan.

Dengan aplikasi kasir, maka kamu bisa mendapatkan keuntungan berbentuk laporan transaksi dalam satu hari langsung akan terbuat secara otomatis dan dapat dilihat dengan cepat.

2. Pengendali Kas
Keuntungan aplikasi kasir lainnya adalah mampu mencatat semua rincian penjualan dalam satu hari dan menunjukkan barang apa saja yang telah terbeli serta berapa barang yang masih dimiliki.

Aplikasi ini juga akan otomatis menjumlahkan semua angka nominal penjualan dalam satu hari sehingga langsung mengetahui berapa banyak yang telah terima pada hari tersebut.

Keuntungan aplikasi kasir tersebut tentu memudahkan melakukan penjumlahan sebanyak dua kali dengan risiko kesalahan penghitungan dari transaksi penjualan yang begitu banyak dalam sehari.

Tak hanya itu, dengan aplikasi tersebut kamu juga bisa mengetahui keseluruhan penjualan dalam satu hari, satu minggu, satu bulan dengan satu kali penghitungan sehingga tidak menghabiska waktu dan biaya.
Selain itu, kamu juga bisa melihat angka penjualan secara pasti dan melakukan pemesanan barang secara cepat sehingga uang kas akan dipergunakan dengan tepat dan terkendali.

3. Pelayanan Cepat
Keuntungan aplikasi kasir selanjutnya adalah kecepatan dalam pelayanan kepada pelanggan juga kepada pemilik usaha. Apalagi sekarang ini telah banyak aplikasi kasir online, sehingga dapat melayani secara cepat dan pemilik juga bisa memantau dari tempat mana saja.

Manfaat aplikasi kasir dapat memberi pelayanan terbaik untuk pelanggan secara cepat. Dengan adanya pelayanan kasir yang cepat tentu akan memberikan kepuasan kepada pelanggan, pasalnya mereka tidak perlu capai mengantri dan membuang waktu.

Kamu harus memiliki aplikasi kasir untuk bertransaksi dengan pelanggan yang dimulai dari pencatatan transaksi, menghitung total transaksi hingga menerima berbagai metode pembayaran dari pelanggan.

4. Sistem Keamanan
Manfaat aplikasi kasir adalah sistem keamanan yang diberikan penggunanya. Dengan menggunakan aplikasi kasir maka kamu tidak perlu khawatir lagi dan curiga kepada karyawan. Karena sistem keuangan akan tercatat secara detail.
Selain itu, aplikasi ini juga bisa memberikan catatan terkait dengan jumlah barang dan uang yang diterima, sehingga mengurangi resiko selisih antara penjualan barang dengan uang yang diterima.

Jika tidak menggunakan aplikasi kasir maka kemungkinan jumlah uang yang diterima tidak sesuai dengan jumlah barang yang telah terjual. Hal ini bisa terjadi karena kamu tidak bisa langsung melakukan cek barang digudang.

Hal ini memungkinkan untuk terjadinya kebocoran keuangan yang mengganggu sistem operasional bisnis. Jika memiliki bisnis yang lebih besar, gunakan juga aplikasi akuntansi yang memiliki sertifikasi keamanan resmi.

5. Analisis Bisnis
Keuntungan aplikasi kasir yang lainnya adalah bisa meganalisa bisnis UMKM yang sedang kamu rintis. Ketika kamu mengetahui stok barang di gudang dengan cepat dan akurat, tentunya kamu segera memesan barang-barang yang telah terjual.

Ini sama saja dengan memiliki strategi bisnis yang baik. Aplikasi kasir dapat mewujudkan hal ini, dengan pencatatan secara langsung yang akan terhubung antara penjualan dengan stok barang yang masih dimiliki.

Sehingga tak heran jika Majoo, sebagai aplikasi kasir di Makasar, Jakarta, Medan, Surabaya banyak diminati pelaku usaha. Karena banyak memberikan fitur yang canggih sehingga meringankan operasional perusahaan atau UMKM.

6. Tampil Kekinian dan Terpercaya
Dengan adanya aplikasi kasir, tentunya UMKM yang kamu kelola menjadi lebih modern dalam hal manajemen. Artinya dalam sisi manajemen akan tersusun dengan rapi dan akurat. Semua laporan keuangan, stok barang, akan tersusun dengan rapi dan cepat.

Efek kepada pembeli pun akan dimudahkan dan lebih cepat dibandingkan jika kamu menggunakan alat manual seperti buku, kalkulator, kwitansi dan lain-lain.

7. Mengurangi Kesalahan
Inilah keuntungan aplikasi kasir yang paling utama yaitu mengurangi tingkat kesalahan manusia. Pasalnya aplikasi telah diprogram untuk mencatat semua barang yang terjual dan uang yang masuk, sehingga terjadinya salah hitung sangat minim sekali.

Ketika karyawan kamu melakukan transaksi dengan mesin kasir konvensional, ada kemungkinan kesalahan manusia bisa terjadi. Aplikasi kasir membantu untuk dapat mengurangi kesalahan transaksi penjualan tersebut.

8. Biaya Perawatan dan Perbaikan Rendah
Keuntungan aplikasi kasir terakhirnya adalah tidak adanya biaya perawatan. Ketika kamu menggunakan sistem kasir konvensional, maka ada waktu tertentu mesin kasir konvensional mengalami kerusakan, dan memerlukan perbaikan atau perawatan.

Terbatasnya perusahaan yang mampu memperbaiki mesin kasir tradisional, maka harga jasa perbaikan biasanya dipatok lebih mahal. Tetapi dengan menggunakan aplikasi dengan perangkat smartphone maka akan meminimalkan tingkat kerusakan.

Dengan beberapa penjelasan di atas, tentunya sekarang kamu mulai mengetahui betapa pentingnya aplikasi kasir dalam meningkatkan kinerja perusahaan atau UMKM yang sedang kamu rintis. Sistem pencatatan yang cepat, akurat, dan rapi akan mengurangi tingkat kesalahan manusia.

Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi lain yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kinerja UMKM atau bisnis, diantaranya aplikasi untuk melakukan catatan, aplikasi stok barang, aplikasi akuntansi, aplikasi pembayaran, hingga aplikasi cek ongkos kirim.

Ketika UMKM telah menggunakan sistem digital maka usaha tersebut telah dikelola secara modern, sehingga manajemen akan tercipta dengan baik. Mengurangi kesalahan manusia, mencegah kecurangan yang dilakukan oleh tenaga kerja, dan pastinya kamu bisa memantau usaha UMKM kapan saja dan dari mana saja.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

IFG: Kapabilitas Reasuransi Nasional Kurang Proporsional

IFG Progress dalam risetnya berjudul "Reasuransi 101" membeberkan bahwa peran reasuransi cukup besar dalam mem-backup risiko di industri asuransi.

EKONOMI | 25 September 2022

AXA Financial dan BAV Kerja Sama Proteksi Asuransi bagi UMKM

AXA Financial Indonesia bersama Bina Artha Ventura (BAV) menjalin kerja sama menyasar pelaku UMKM mendapat perlindungan asuransi.

EKONOMI | 25 September 2022

Hindari Penyalahgunaan Data BSU, BP Jamsostek Imbau Pekerja Gunakan Kanal Resmi

Menurut data BP Jamsostek, sampai saat ini sudah sebanyak 7,5 juta data calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) yang diserahkan kepada Kemnaker.

EKONOMI | 25 September 2022

Sandiaga: Upskilling dan Kolaborasi Majukan Pariwisata

Sandiaga Uno menyoroti perlunya reskilling dan upskilling untuk masa depan industri perhotelan dan pariwisata yang lebih cerah.

EKONOMI | 25 September 2022

Bank BJB Kini Tangani Nasabah Dana Pensiun Kimia Farma

Bank BJB bersama Dana Pensiun (Dapen) Kimia Farma kini menangani pembayaran manfaat pensiun bagi pensiunan Kimia Farma.

EKONOMI | 25 September 2022

Hingga Agustus, Produksi Migas PHE Capai 963.000 BOEPD

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) hingga Agustus 2022 mencatat realisasi produksi minyak dan gas (migas) mencapai 963.000 barel setara minyak per hari.

EKONOMI | 25 September 2022

Bank BJB Bangun Sinergitas Dukung Ketahanan Pangan Nasional

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) atau bank bjb mendukung program ketahanan pangan nasional.

EKONOMI | 25 September 2022

Dituduh Rasis, McDonald's Dituntut Rp 150 Triliun

Raksasa makanan cepat saji McDonald's menghadapi tuntutan US$ 10 miliar (Rp 150 triliun) karena dituduh bersikap rasis dalam beriklan.

EKONOMI | 25 September 2022

Harga Tiket Pesawat Diprediksi Akan Naik Lebih Tinggi

Harga tiket pesawat diperkirakan akan naik lebih tinggi. Industri transportasi udara menghadapi kenaikan biaya bahan bakar jet dan masalah keuangan

EKONOMI | 25 September 2022

Supersibuk, Elon Musk Punya 27 Tangan Kanan di Tesla

CEO Tesla Elon Musk disebut memiliki 27 orang deputi di Tesla yang melapor langsung ke dirinya. Ini belum termasuk eksekutif di SpaceX dan Boring Co.

EKONOMI | 25 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pemprov DKI Jakarta Akan Bangun Rusunawa di Pulau Reklamasi

Pemprov DKI Jakarta Akan Bangun Rusunawa di Pulau Reklamasi

NEWS | 26 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings