Logo BeritaSatu

Peran Swasta Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan Perlu Diperkuat

Sabtu, 12 Maret 2022 | 06:19 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com – Pemangku kepentingan di sektor pembangunan Indonesia menyuarakan dukungannya untuk mengimplementasikan Kampala Principles dalam meningkatkan efektivitas keterlibatan sektor swasta dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals/SDGs).

“SDGs tidak dapat dicapai tanpa kontribusi dari sektor swasta, begitu sebaliknya, pelaku usaha tidak dapat meneruskan praktik bisnisnya tanpa SDGs, di mana SDGs dapat menciptakan lingkungan yang mendukung untuk bisnis berkelanjutan,” kata Kepala Perwakilan UNDP Indonesia, Norimasa Shimomura, dalam diskusi virtual “Kampala Principles di Indonesia” yang diadakan Business Call to Action UNDP dan Global Partnership for Effective Development Cooperation (GPEDC), bekerja sama dengan Pemerintah Jerman dan UNDP Indonesia dikutip dalam keterangan tertulisnya Sabtu (12/3/2022).

Wakil Direktur Jenderal Kementerian Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan Jerman Uta Bölhoff, mengatakan Kampala Principles merupakan seperangkat lima prinsip untuk menciptakan kerja sama pembangunan dengan sektor swasta yang efektif di tingkat negara. Kampala Principles disahkan komite pengarah GPEDC di Kampala, Uganda, pada Maret 2019, setelah melalui serangkaian konsultasi yang dipimpin working group lintas sektor yang mencakup perwakilan pemerintah, bisnis, lembaga masyarakat sipil, dan aktor-aktor lainnya, serta mempertimbangkan nasihat dari Business Leaders Caucus.

Koordinator Kerja Sama Pembangunan Global Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Priyanto Rohmatullah mengatakan bahwa pemerintah Indonesia mendukung keterlibatan sektor swasta dalam kerja sama pembangunan. Sejalan dengan hal ini, Bappenas merilis penelitian pada tahun 2020 mengenai peran aktor non-negara, termasuk sektor swasta, dalam kerja sama pembangunan. "Penelitian ini dapat membantu Bappenas merumuskan kebijakan untuk meningkatkan keterlibatan sektor swasta dalam kerja sama pembangunan," kata dia.

Presiden dan CEO Trade Facilitation Office Kanada, Steve Tipman mengatakan Kanada telah menggunakan Kampala Principles ketika bekerja sama dengan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Indonesia.

Sementara Presiden Indonesia Global Compact Network (IGCN) Yaya. W. Junardy mendorong perusahaan-perusahaan untuk mencari cara bagaimana bisnis bisa tumbuh bersamaan dengan pemberdayaan komunitas untuk mengatasi permasalahan di sektor pendidikan, kemiskinan, dan isu lainnya dalam pembangunan berkelanjutan.

Ketua Komite Sosial Ekonomi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Maria Dian Nurani, menekankan pentingnya mengikutsertakan beragam pemangku kepentingan dalam mengatasi tantangan SDG di Indonesia. “Seluruh pemangku kepentingan memiliki kepentingan, motivasi, kompetensi, dan sumber daya yang berbeda, tetapi kita semua mengatasi permasalahan yang sama. Kita memiliki tanggung jawab yang sama tetapi peran yang berbeda,” kata Nurani.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

1 Juli Beli Pertalite Daftar MyPertamina? Simak Biar Tak Salah Kaprah

PT Pertamina menegaskan tanggal 1 Juli 2022 adalah tahap registrasi bagi masyarakat melalui MyPertamina, bukan merupakan pembatasan pembelian Pertalite.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Tekan Emisi Karbon Lewat Palet Zero Carbon Hasil Daur Ulang

Guna menekan emisi karbon global, CJ Logistics memperkenalkan palet zero carbon dari hasil sampah plastik daur ulang yang lebih ramah lingkungan.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Pembatasan Pertalite Mengacu CC Dinilai Tak Efektif, Kenapa?

Rencana pembatasan pembelian BBM Pertalite untuk kendaraan di atas 2.000 cc tidak akan efektif untuk membuat penyaluran BBM jenis ini lebih tepat sasaran.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Argon Group Bidik Besarnya Pasar Industri Farmasi dan Alkes

Argon Group perusahaan distributor produk farmasi di Indonesia membidik pasar industri alat kesehatan (alkes) di Tanah Air yang terus bertumbuh.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Semester I, Ini Daftar Saham Kasih Cuan Paling Banyak

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di BEI pada penutupan perdagangan sore ini Kamis (30/6/2022) turun 30,7 poin (0,4%) ke level 6.911.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Jokowi Teken Keppres Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

EKONOMI | 30 Juni 2022

IHSG Ditutup Turun ke 6.911, Kapitalisasi Pasar Rp 9.046 T

Perdagangan IHSG hari ini tercatat dengan volume 191,6 miliar saham senilai Rp 12,9 triliun dengan 156 saham menguat.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Modal Inti Bank Resona Perdania Naik Hingga Rp 3 Triliun

Bank Resona Perdania mengumumkan bahwa terjadi peningkatan modal inti bank sebesar Rp 3 triliun.

EKONOMI | 30 Juni 2022

BRINS Imbau Pelaku UMKM Miliki Asuransi Sebagai Proteksi

CEO BRINS Fankar Umran mengatakan, risiko yang tidak diduga tersebut bisa menimpa UMKM atau juga usaha besar.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Injury Time, Peserta PPS Diyakini Meningkat Signifikan

Peserta PPS akan meningkat karena orang Indonesia terbiasa dengan injury time, hari ini akan ada kenaikan signifikan.

EKONOMI | 30 Juni 2022


TAG POPULER

# Jokowi Ukraina


# Pengawasan Intelijen


# MyPertamina


# Roy Suryo


# Mars


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
3 Pemain Timnas Jadi Amunisi Persib Bandung Lawan PSS

3 Pemain Timnas Jadi Amunisi Persib Bandung Lawan PSS

BOLA | 11 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings