Logo BeritaSatu

Anis Matta: Warga Antre Minyak Goreng Berdampak Sosial dan Politik

Kamis, 17 Maret 2022 | 11:55 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Anis Matta mengatakan fenomena masyarakat yang mengantre berjam-jam untuk mendapatkan minyak goreng hingga memakan korban jiwa bisa menimbulkan dampak secara sosial dan politik. Sebab, hal ini sangat mempermalukan Indonesia sebagai Ketua Presidensi G-20 2022. Apalagi Indonesia dikenal sebagai penghasil sawit terbesar di dunia.

"Pemandangan yang sehari-hari kita tonton sekarang ini orang-orang antre minyak goreng, apalagi sudah sampai ada korban jiwa meninggal, menurut saya sudah mulai mengganggu secara sosial politik," kata Anis Matta dalam Gelora Talk bertajuk "Harga-harga Meroket Rakyat Menjerit, Dimanakah Negara?, Rabu (16/3/2022) petang.

Menurut Anis Matta, pemandangan seperti ini, mestinya diantisipasi pemerintah agar tidak dimanfaatkan oleh pihak tertentu untuk menjatuhkan pemerintah. "Semua dampak pergerakan sosial yang timbul akibat kelangkaan dan naiknya harga bahan pangan, harus diantisipasi pemerintah. Bila tidak, ada kemungkinan situasi tersebut dimanfaatkan secara politik," kata Anis Matta

Ditegaskannya, gangguan politik akibat antrean minyak goreng sudah dirasakan. Situasi kejiwaan (mood) masyarakat akibat tekanan harga, akan menyebabkan kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah menurun. "Ini sudah menjadi suatu peringatan yang sangat penting," ujar Anis Matta.

Kelangkaan minyak goreng, lanjutnya, bisa memicu kenaikan harga dan kelangkaan bahan pangan lainnya. Apalagi kebutuhan bahan pangan di Indonesia sebagian besar masih dipenuhi impor.

"Kita tidak lagi bicara soal harga dan ketersediaan saja, tapi harus melihat persoalan ini secara komprehensif. Negara yang punya populasi besar seperti Indonesia, memiliki masalah kedaulatan pangan, karena ini belum menjadi benar-benar prioritas agenda pemerintah," terang Anis Matta

Partai Gelora berharap kemandirian nasional dalam ketahanan pangan bisa menjadi agenda prioritas pemerintah saat ini. Karena, Indonesia terbukti sangat tergantungan dari negara-negara lain. Masalah pangan hendaknya tidak dilihat sebagai persoalan ekonomi, tapi sudah menjadi masalah keamanan nasional (national security). "Sebentar lagi kita memasuki Ramadan, dan kalau situasi ini tidak dikelola dengan baik, ini bisa berkembang menjadi gejolak sosial yang lebih buruk. Pemerintah harus mengantisipasi gejolak ini," tegas Anis Matta.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

IHSG On Track Menguat 5% Sepanjang Semester I 2022

Menjelang penutupan semester I 2022, IHSG masih mencatat penguatan 5,87% secara year to date, tetapi masih berada di bawah level tertingginya di 7.355,3.

EKONOMI | 30 Juni 2022

PGN Gandeng Gunvor Singapore Jual LNG ke Pasar Global

Subholding gas Pertamina, PT PGN Tbk, menjalin kerja sama dengan Gunvor Singapore Pte Ltd guna merealisasikan potensi perdagangan LNG.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Terpencil Tak Harus Tertinggal, Pahitnya Senggani jadi Manisnya Kampung Kopi

Kopi Senggani, yang artinya menggugah, ini telah lolos uji di Amerika. Harganya sekarang bisa mencapai Rp 130.000/kg.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Kurs Rupiah Terpantau Melemah Tipis ke Kisaran Rp 14.865

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan pagi hari ini, Kamis (30/6/2022), terpantau melemah ke kisaran Rp 14.865.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Pabrik Bio-CNG PTPN Group Ditargetkan Beroperasi 2023

Pabrik Bio-CNG milik PTPN IV yang dibangun melalui kerja sama dengan PT KIS Biofuels Indonesia (KIS), akan memiliki kapasitas produksi 73.500 MMBtu per tahun.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Menjelang Penutupan Semester Pertama, IHSG Dibuka Positif

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 0,59% ke 6.983,36 pada awal perdagangan hari ini, Kamis (30/6/2022).

EKONOMI | 30 Juni 2022

Di Hadapan Panja BUMN, Dina: Arus Kas GoTo Sangat Kuat

Sejumlah anggota Panja BUMN mencecar dua narasumber terkait uang investasi PT Telkomsel yang digunakan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk untuk buyback.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Bursa Asia Dibuka Melemah, Harga Minyak Mentah Turun

Bursa Asia Pasifik jatuh pada pembukaan Kamis (30/6/2022). Investor menunggu data manufaktur dari Tiongkok.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Politikus PDIP Dukung Keputusan Investasi Telkomsel ke GoTo

Evita Nursanty mendukung investasi anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) ke PT GoTO Gojek Tokopedia TBK.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Catat! Kencana Energi Lestari Bagi Dividen US$ 1,35 Juta

PT Kencana Energi Lestari Tbk (KEEN), emiten energi baru terbarukan (EBT) menyetujui pembagian dividen final Rp 5,46 per saham atau senilai US$ 1,35 juta.

EKONOMI | 30 Juni 2022


TAG POPULER

# Jokowi Ukraina


# Pengawasan Intelijen


# MyPertamina


# Roy Suryo


# Mars


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
IHSG On Track Menguat 5% Sepanjang Semester I 2022

IHSG On Track Menguat 5% Sepanjang Semester I 2022

EKONOMI | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings