Logo BeritaSatu

Swasta Didorong Manfaatkan Peta Investor SDG Indonesia

Sabtu, 19 Maret 2022 | 11:17 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Peta Investor SDG Indonesia (SDG Investor Map Indonesia) yang diluncurkan Pemerintah Indonesia dan United Nations Development Programme (UNDP) Indonesia bisa dimanfaatkan swasta untuk mengeksplorasi 18 tema investasi dan model bisnis pada enam sektor penggerak tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals/SDG) yakni pendidikan, kesehatan, pertanian, energi baru terbarukan (EBT), keuangan dan infrastruktur.

Peta ini dibuat bersama oleh UNDP Indonesia dan SDG Impact, dengan dukungan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Investasi dan Temasek Trust. Indonesia adalah negara ASEAN pertama yang meluncurkan Peta Investor SDG. Secara keseluruhan terdapat 19 negara yang telah melengkapi Peta Investor SDG dan ditampilkan di Platform Investor SDG global.

Ketua Tim Pelaksana SDG Nasional dan Pelaksana Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Bappenas Arifin Rudiyanto, mengatakan Peta Investor SDG Indonesia dapat mendukung percepatan SDG di Indonesia. “Di tengah pandemi Covid-19, Pemerintah Indonesia memprioritaskan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam pembangunan Indonesia ke depan dengan mendesain ulang transformasi ekonomi," kata dia dalam keterangan tertulisnya Sabtu (19/3/2022).

Dia menjelaskan peta Investor SDG Indonesia mendukung kolaborasi pemerintah dan non-pemerintah untuk menangkap potensi investasi yang berdampak positif terhadap SDGs.

Tema investasi yang teridentifikasi telah memberikan hasil positif. Empat dari lima model bisnis mengumpulkan dana lebih US$ 1 juta. Peta ini juga mengeksplorasi digitalisasi, iklim, gender, dan marginalisasi sebagai tema-tema mendasar di seluruh sektor.

Selain penggunaan peta tersebut, UNDP menyerukan kepada perusahaan untuk mengadopsi Standar Dampak SDG dan mengintegrasikan dalam praktik manajemen internal mereka.

Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal, Kementerian Investasi Nurul Ichwan, mengatakan saat pandemi menunjukkan tanda mereda, negara di dunia harus menggunakan kesempatan ini untuk memfokuskan pada investasi berkelanjutan dan ramah lingkungan. "Pemerintah Indonesia menyambut baik peluncuran Peta Investor SDG Indonesia," kata dia.

Kepala Perwakilan UNDP Indonesia, Norimasa Shimomura mengungkapkan, sejumlah investor asing belum membuat keputusan investasi karena terbatasnya informasi tentang pasar domestik. "Di sinilah Peta Investor SDG Indonesia dapat membantu mereka,” kata dia.

CEO Temasek Trust Cheo Hock Kuan mengatakan, Peta Investor SDG Indonesia akan memberikan berbagai peluang investasi yang membantu memobilisasi sumber daya swasta daam mempercepat tujuan pembangunan ramah lingkungan.

Direktur SDG Impact UNDP Fabienne Michaux menambahkan, Peta Investor SDG Indonesia mengarahkan lebih banyak modal swasta ke pasar berkembang sambil memajukan SDG menggunakan data yang mendalam dan menyelaraskan kebijakan pemerintah.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ingat Lima Halini Agar Sukses di Industri Teknologi Digital

Teknologi digital yang berkembang pesat telah menjadikan industri ini sebagai pasar utama bagi para pencari kerja.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Jababeka Wujudkan Green Industrial Estate Lewat Cara Ini

PT Jababeka Tbk (KIJA) berkomitmen mewujudkan green industrial estate dengan menggelar program kolaborasi pelestarian lingkungan.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Ini 5 Urgensi Pentingnya Beralih dari TV Analog ke Digital

Dengan beralih ke TV digital, masyarakat akan mendapatkan siaran yang lebih bagus, lebih bersih gambarnya dan lebih jernih suaranya.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Sandiaga Ingatkan Konsep Tiga G dan Empat As, Apa Itu?

Sandiaga menyampaikan, dalam menjalankan setiap usaha, UMKM harus menjalankan konsep "Tiga G".

EKONOMI | 3 Juli 2022

79 Produsen Dukung Program Minyak Goreng Curah Rakyat

Kemenperin mencatat hingga 1 Juli 2022, ada 130 perusahaan mendaftar ke dalam Sistem Informasi Minyak Goreng Curah (SIMIRAH) 2.0.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Jualan Alat Berat Moncer, Laba Hexindo Melesat di Atas 100%

PT Hexindo Adiperkasa Tbk (HEXA) kuartal I 2022 mencatat laba bersih tahun berjalan US$ 55,08 juta atau melesat d iatas 100%.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Spanyol Siap Bantu Proyek Transportasi Indonesia, Apa Saja?

Spanyol menawarkan bantuan beberapa proyek-proyek yang bisa dibangun di Indonesia khususnya terkait transportasi.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Rambah Dubai, Bank Syariah Indonesia Raih Penghargaan

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) meraih penghargaan Progressive International Market Expansion setelah berhasil membuka kantor cabang di Dubai.

EKONOMI | 3 Juli 2022

PMI Manufaktur RI Melambat, Pemerintah Jaga Pemulihan Ekonomi

PMI Manufaktur di bulan Juni masih berada pada zona ekspansif di level 50,2. Sebelumnya pada Mei 2022, PMI Manufaktur berada di level 50,8.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Anak

Lifepal.co.id membagikan tips memilih asuransi kesehatan anak supaya orang tua dapat merasa lebih tenang jika telah memiliki proteksi untuk buah hatinya.

EKONOMI | 3 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Penerima Vaksin Covid-19 di Indonesia sampai 3 Juli 2022

Penerima Vaksin Covid-19 di Indonesia sampai 3 Juli 2022

NEWS | 5 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings