Logo BeritaSatu

Satu Juta UMKM Ditargetkan Masuk E-Katalog, Ini Terobosan LKPP

Sabtu, 26 Maret 2022 | 17:04 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Dalam kegiatan Aksi Afirmasi Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi arahan penggunaan minimal 40% anggaran pengadaan barang dan jasa kementerian/lembaga, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan pemerintah daerah (pemda) untuk membeli produk dalam negeri.

Selain itu, Presiden Jokowi juga memberikan target 1 juta UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) dapat masuk dalam e-katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Kepala LKPP, Abdullah Azwar Anas menuturkan, untuk merealisasikan target tersebut, LKPP telah melakukan beberapa terobosan untuk mempermudah produk dalam negeri dan UMK-Koperasi untuk masuk ke sistem belanja pemerintah.

Menurut Anas, strategi pertama adalah memangkas birokrasi atau tahapan untuk masuk ke e-katalog, baik itu e-katalog nasional maupun lokal.

"Soal e-katalog nasional, kini dalam proses meringkas alur penayangan produk yang sebelumnya butuh delapan tahap menuju hanya dua tahap saja,” kata Anas kepada Beritasatu.com, Sabtu (26/3/2022).

Menurut Anas, demikian pula soal e-katalog lokal yang berperan mendorong pemerataan dan pengembangan ekonomi di daerah. Sebelumnya, lanjut dia, tidak banyak pemerintah daerah (Pemda) yang memiliki katalog lokal karena berbagai faktor.

"Atas saran dan arahan Presiden Jokowi dan Kemenko Marves, kita drop beberapa syarat. Mekanisme pengelolaan katalog lokal disederhanakan dari sebelumnya empat tahapan menjadi satu tahapan saja. Nah di sanalah kesempatan pengusaha daerah, UMKM daerah, untuk masuk," papar Anas.

"Kemudian, kita sudah bikin beberapa rekomendasi, seperti bila ada produk substitusi impor, maka yang barang impor itu harus di-freeze, dibekukan, oleh pengelola katalog, termasuk katalog sektoral di kementerian/lembaga,” tambahnya.

Baca selanjutnya
Strategi kedua, kata Anas, LKPP sedang menyiapkan pengembangan sistem pada rencana ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bea Cukai Gemakan Semangat Kolaborasi Membangun Negeri

Askolani menyebutkan, di tahun ini terdapat beberapa capaian besar Bea Cukai di bidang pengawasan dan pelayanan kepabeanan dan cukai.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

2023, Waskita Karya Targetkan Kontrak Baru Rp 35 Triliun

PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) menargetkan peningkata nilai kontrak baru seiring dengan perbaikan fundamental dari sisi keuangan.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Zurich Syariah Luncurkan Asuransi Perlindungan Cuaca

Zurich Syariah melindungi lebih dari 1.500 petani kopi di Aceh sebagai salah satu wilayah produsen kopi terbesar di tanah air.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Ganjar Dorong Negara Uni Eropa Investasi di Jateng

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mendorong negara Uni Eropa untuk berinvestasi di Jateng, khususnya di bidang high technology.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Menko Airlangga Pastikan Kartu Prakerja Berlanjut di 2023

Airlangga menegaskan, pemerintah akan menambah anggaran kartu prakerja sebesar Rp 5 triliun dengan target peserta 1,5 juta orang.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Telkom Pastikan Kesiapan Infrastruktur Telekomunikasi KTT G-20

PT Telkom Indonesia memastikan kesiapan infrastruktur telekomunikasi untuk menyukseskan penyelenggaraan KTT G-20 di Nusa Dua, Bali, 15-16 November 2022.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Rangkul Startup, Mandiri Capital Luncurkan Program Xponent

PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) meluncurkan program Xponent sebagai bentuk dukungan terhadap ekosistem digital di tanah air.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

BLT Jadi Katalis Positif Tingkat Kepuasan untuk Jokowi

BLT ke masyarakat kecil di tengah kenaikan harga BBM memberikan memberikan katalis positif terhadap peningkatan kepuasan bagi Jokowi.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Askrindo Pangkas Portofolio Produk Asuransi Kredit

PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) mulai menghentikan pemasaran produk asuransi kredit konsumtif sejak 2021.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Centratama Borong 397 Menara PTAC Senilai Rp 1,17 Triliun

PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk (CENT) mengakuisisi 397 menara telekomunikasi PT Anugerah Communication (PTAC) senilai Rp 1,17 triliun.

EKONOMI | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hujan Deras Sejumlah Jalan di DKI Tergenang, Cek Lokasinya

Hujan Deras Sejumlah Jalan di DKI Tergenang, Cek Lokasinya

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings