Logo BeritaSatu

OJK Siapkan Aturan Regulatory Technology, Seperti Apa?

Kamis, 31 Maret 2022 | 20:01 WIB
Oleh : Prisma Ardianto / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan menyiapkan pengaturan tentang regulatory technology (reg-tech). Reg-tech sendiri masih akan terus disesuaikan mengikuti peran dan fungsi OJK agar sejalan dengan perkembangan di industri jasa keuangan (IJK).

Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Nurhaida menyampaikan, reg-tech merupakan penggunaan teknologi informasi yang digunakan oleh IJK untuk memenuhi kewajiban mereka. Meski begitu, reg-tech masih tetap dalam pengawasan OJK. "Reg-tech ini diharapkan bisa digunakan bagi industri jasa keuangan melakukan pemantauan terhadap regulasi-regulasi yang berkembang, melakukan pelaporan secara baik dan tepat, serta untuk meningkatkan kepatuhan," ungkap Nurhaida, Kamis (31/3)

Dia menerangkan, implementasi reg-tech sebagai upaya menghindari pelanggaran yang tidak sengaja dilakukan IJK. Dengan adanya batasan yang dibentuk sistem, lembaga jasa keuangan akan terproteksi atas pelanggaran dari ketentuan yang ada.

Menurut Nurhaida, salah satu agenda yang relevan dengan reg-tech adalah membangun kerangka e-KYC yang saat ini banyak digunakan. Selain itu, berguna untuk mengukur kualitas pelaksanaan dari Anti Pencucian Uang (APU) dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU-PPT) oleh setiap lembaga jasa keuangan (LJK) di Indonesia. "Sebetulnya reg-tech ini dikembangkan dan disesuaikan terus sesuai peran dan fungsi OJK. Kita akan membuat aturan-aturannya, sehingga bisa dipahami dengan jelas. Semoga pemahaman dari seluruh pemangku kepentingan tentang reg-tech ini juga bisa terus meningkat," beber Nurhaida.

Dia menuturkan, OJK telah memulai sejumlah langkah sup-tech dan reg-tech di industri jasa keuangan. Di sektor perbankan, sudah ada OJK Box atau OBOX yang merupakan alat pengawas perbankan mendapatkan laporan secara digital atas bank umum maupun BPR/BPRS.

Di pasar modal, kata dia, dukungan teknologi sudah dilakukan lebih awal sejak 2016 lewat sistem pengawasan transaksi efek. Ini digunakan saat transaksi saham, transaksi pasar derivatif, pasar efek bersifat utang, dan sukuk. Sektor industri keuangan non-bank (IKNB) pun demikian, bentuk implementasi reg-tech dilakukan oleh OJK melalui pendirian Pusat Data Fintech Lending (Pusdafil). Sistem ini telah terintegrasi dengan seluruh penyelenggara fintech lending.

"Pencapaian-pencapaian itu masih akan terus berlanjut seiring perkembangan di industri jasa keuangan. Dalam kaitan ini, implementasi reg-tech harus ditingkatkan agar mendorong kinerja sektor jasa keuangan, dengan tetap menerapkan good corporate governance (GCG)," jelas Nurhaida.

Dia menambahkan bahwa perkembangan teknologi informasi memang tidak bisa dibendung. Namun risiko seperti serangan siber dan penyalahgunaan data konsumen bisa diantisipasi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kominfo Dorong Generasi Muda Kembangkan UMKM Melalui Platform Digital

Kominfo mendorong generasi muda mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah melalui platform digital. 

EKONOMI | 21 Mei 2022

PTPN Group Siap Beli Gula Kristal Putih Petani Rp 11.500

PTPN Group berharap, upaya membeli GKP produksi PTR mampu menjaga keberlangsungan perkebunan tebu dan usaha gula milik rakyat.

EKONOMI | 21 Mei 2022

Suharso: Indonesia-Jerman Sepakat Tingkatkan Kerja Sama

Menteri PPN/ Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan Indonesia dan Jerman sepakat peningkatan kerja sama bilateral.

EKONOMI | 21 Mei 2022

Pegawainya Terlibat Korupsi Impor Baja, Ini Respons Kemendag

Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendukung proses hukum yang tengah berlangsung dalam kasus dugaan korupsi perizinan impor baja.

EKONOMI | 21 Mei 2022

Hadirkan Praktisi, PPM School of Management Gelar APMRC Ke-4

APMRC yang digelar PPM School of Management mengusung metode hybrid conferencemenggabungkan metode online dan offline.

EKONOMI | 21 Mei 2022

HUT ke-61, Bank BJB Rangkaian Kegiatan "Kola6orAks1"

Guna menyambut serta memeriahkan HUT ke-61, Bank BJB menggelar kegiatan dengan mengusung tema "BJB Kola6orAks1".

EKONOMI | 21 Mei 2022

Asya Kembangkan Hunian Post-Pandemic di Klaster Kelimutu

Asya menghadirkan klaster Kelimutu sebagai jawaban bagi konsumen yang menginginkan landed house ideal dengan dukungan fasilitas terbaik.

EKONOMI | 21 Mei 2022

HUT Ke-33, FIF Group Terus Berupaya Jadi Terbaik bagi Masyarakat

Tema HUT Kemilau 33 Tahun FIF Group merupakan bentuk wujud apresiasi dan ungkapan rasa syukur atas perjalanan sejak tahun 1989 hingga hari ini.

EKONOMI | 21 Mei 2022

Inerco dan Rotterdam Port Bakal Kembangkan Pelabuhan Bitung

PT Inerco Global International dan International Port of Rotterdam akan mengembangkan pelabuhan Bitung, Sulawesi Utara (Sulut).

EKONOMI | 21 Mei 2022

Wapres Serahkan Manfaat Program dan Beasiswa BP Jamsostek

Total pembayaran manfaat kepada peserta BP Jamsostek seluruh program selama April 2021 sampai April 2022 di Provinsi Sultra  senilai Rp 205,5 miliar.

EKONOMI | 21 Mei 2022


TAG POPULER

# DNA Pro


# CPO


# PDSI


# SEA Games


# Hari Kebangkitan Nasional


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Guardiola Ingin Manchester City Fokus Lawan Aston Villa

Guardiola Ingin Manchester City Fokus Lawan Aston Villa

BOLA | 4 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings