Logo BeritaSatu

Peringati Hari Kartini, Perempuan KBI Bantu 500 Porter

Kamis, 21 April 2022 | 18:06 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Peringati Hari Kartini kaum perempuan PT Kliring Berjangka Indonesia atau KBI yang tergabung dalam Arkadewi yaitu komunitas perempuan Srikandi BUMN KBI, menyalurkan bantuan paket sembako untuk 500 porter yang berada di stasiun kereta api Jatinegara, serta beberapa stasiun lain di wilayah DKI Jakarta.

Ketua Arkadewi PT Kliring Berjangka Indonesia, Fuji Dwi Nur Fitri, mengatakan kegiatan pemberian paket sembako kepada para porter ini merupakan upaya nyata Arkadewi dalam mewujudkan Kartini masa kini yang memiliki kepekaan serta kepedulian sosial.

"Seperti kita tahu, selama masa pandemi pendapatan para porter sangat menurun. Kami melihat, saat ini bangsa Indonesia membutuhkan Kartini-Kartini yang tidak sekedar berbicara tentang emansipasi, namun lebih dari itu, bisa bergerak dalam upaya nyata untuk meringankan beban masyarakat," kata Fuji Dwi Nur Fitri, melalui keterangan tertulisnya, disela-sela pemberian bantuan kepada para porter di Stasiun Jatinegara, Kamis (21/4/2022).

Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia, Fajar Wibhiyadi, mengatakan kegiatan yang dilakukan para Srikandi-Srikandi KBI yang tergabung dalam Arkedewi ini, tentunya merupakan wujud nyata kontribusi kaum perempuan KBI bagi masyarakat.

"Sebagai korporasi, KBI memberikan ruang yang sama bagi karyawan perempuan untuk turut memberikan peran dan kontribusi positif, tidak hanya untuk korporasi tapi juga kontribusi untuk masyarakat. Dalam hal peran di korporasi, KBI memberikan ruang yang sama baik para perempuan maupun kaum laki-laki. Hal ini juga berlaku dalam hal pengisian posisi jabatan, yang terbuka bagi para perempuan," kata Fajar Winhiyadi.

Saat ini, KBI memiliki 52 karyawan dan 30% diantaranya adalah perempuan milenial. Bahkan, salah satu dari lima kepala divisi di KBI adalah perempuan.

Adanya perempuan dalam jajaran kepada divisi di KBI ini sejalan dengan upaya Kementerian BUMN dalam meningkatkan keterwakilan perempuan di jajaran BoC, BoD dan BoD-1 BUMN, yaitu dengan target 15% di tahun 2021 dan mencapai 25% pada tahun 2023.

Fuji Dwi Nurfitri menambahkan, sebagai komunitas perempuan BUMN, Arkedewi telah menyiapkan berbagai program, yang tidak hanya berfokus kepada pengembangan kemampuan, kapabilitas serta kesetaraan gender, namun juga program nyata yang bisa berdampak langsung kepada masyarakat.

"Kedepan para srikandi KBI akan menjadi perempuan yang profesional, kompeten dan mandiri untuk mendukung tercapainya tujuan korporasi, serta tentunya bisa memberikan kontribusi positif untuk masyarakat serta negara," tandas Fuji.

Arkadewi sendiri merupakan komunitas Srikandi BUMN yang dibentuk KBI pada tahun 2021. Pembentukan Arkadewi sejalan dengan arahah Menteri BUMN terkait pembentukam Srikandi BUMN, yang bertujuan untuk membangun kesadaran semua pihak tentang perkembangan karier berbasis kompetensi dan performance karyawan, serta tidak ada perbedaan kesempatan karena gender.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tarik Investasi, Pemerintah Didorong Manfaatkan Momentum Perfect Storm

Pemerintah didorong memanfaatkan momentum perfect storm untuk menarik investasi. Yose Rizal Damuri menilai Indonesia harus bisa memanfaatkan situasi global.

EKONOMI | 28 September 2022

Biro Klasifikasi Indonesia Berkomitmen Tingkatkan Kompetensi Mitra Bisnis

Biro Klasifikasi Indonesia melaksanakan sertifikasi juru las secara gratis bagi 100 tenaga pengelasan dari berbagai perusahaan galangan kapal anggota Iperindo.

EKONOMI | 28 September 2022

Emiten Transportasi Genjot Ekspansi Kendaraan Listrik

PT Blue Bird Tbk (BIRD) siap menambah 150 kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) hingga akhir tahun 2022.

EKONOMI | 28 September 2022

Airlangga Ajak Sherpa G-20 Wujudkan Dunia yang Harmonis

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memperkenalkan Sherpa G-20 pada kearifan budaya Indonesia melalui gala dinner di Pelataran Wisnu Candi Prambanan.

EKONOMI | 28 September 2022

Merek Oppo Kembali Pimpin Pasar Smartphone Indonesia

Oppo berhasil mengukuhkan diri kembali menjadi pemain nomor satu di pasar smartphone Indonesia pada kuartal II 2022.

EKONOMI | 28 September 2022

Keuangan Bermasalah, Seluruh Kegiatan Usaha Wanaartha Life Dibatasi OJK

Dalam penjelasannya, OJK menilai bahwa Wanaartha Life tidak memenuhi sejumlah ketentuan di bidang perasuransian.

EKONOMI | 28 September 2022

BUMN Startup Day Perkuat Sinergi BUMN dengan Usaha Rintisan

BUMN Startup Day merupakan kegiatan yang positif karena bisa memperkuat sinergi antara BUMN dengan para perusahaan rintisan yang ada di Indonesia.

EKONOMI | 28 September 2022

Dana Otsus Papua Meningkat Tiap Tahun, Bagaimana Hasilnya?

Aliran dana otsus Papua dan dana tambahan infrastruktur (DTI) dari 2002 hingga 2021 untuk Papua dan Papua Barat telah mencapai Rp 138,65 triliun.

EKONOMI | 28 September 2022

Gelar RUPS, Ini Susunan Anggota Direksi Maybank Indonesia

Maybank Indonesia menyetujui perubahan susunan direksi setelah menggelar RUPS pada hari ini, Rabu (28/9/2022).

EKONOMI | 28 September 2022

IK CEPA Kurangi Ketergantungan Ekspor RI ke Tiongkok dan AS

IK CEPA diharapkan mampu mendongkrak nilai perdagangan dan investasi Indonesia dan Korea Selatan di tengah ancaman resesi global.

EKONOMI | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kematian Covid-19 di 10 Provinsi pada 28 September 2022

Kematian Covid-19 di 10 Provinsi pada 28 September 2022

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings