Logo BeritaSatu

Pemerintah Bantah Abaikan Ekonomi Masyarakat Gara-gara IKN

Selasa, 26 April 2022 | 11:14 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Kantor Staf Presiden (KSP) menepis anggapan pemerintah lebih fokus pada pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) ketimbang kondisi ekonomi masyarakat.

Tenaga Ahli Utama KSP Edy Priyono mengatakan pembangunan ekonomi dan infrastruktur menjadi satu rangkaian program prioritas pemerintah, yang sudah disepakati dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. "Pemerintah tetap konsisten dengan arah pembangunan yang sudah ditetapkan, khususnya dalam RPJMN 2020-2024. Tidak mungkin pemerintah keluar dari situ," kata Edy Priyono di gedung Bina Graha Jakarta, Selasa (26/4/2022).

Edy mengungkapkan, pada 2023, pemerintah telah menetapkan beberapa program prioritas, yaitu penanggulangan kemiskinan ekstrem, pemulihan dunia usaha, penanganan pengangguran, pembangunan sumber daya manusia (SDM), pengembangan ekonomi hijau, dan melanjutkan pembangunan infrastruktur. "Sudah jelas bahwa dalam daftar prioritas tersebut, pemerintah fokus ke ekonomi seperti penanggulangan kemiskinan dan pengangguran," ujar Edy Priyono.

Dalam kaitan kondisi ekonomi masyarakat, Edy menerangkan pemerintah telah menggulirkan sejumlah paket bantuan sosial (bansos) dan stimulus fiskal, melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang menyerap APBN sebesar Rp 414,1 triliun. Selain itu, lanjut dia, pemerintah juga memperkuat bantalan sosial bagi masyarakat untuk menghadapi kenaikan harga komoditas global akibat geopolitik antara Rusia dan Ukraina. Edy mencontohkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng dengan anggaran sebesar Rp 6,2 triliun, dan Bantuan Subsidi Upah (BSU) dengan persiapan anggaran Rp 8,8 triliun. "Pemerintah juga terus mempertahankan subsidi untuk listrik, BBM, LPG, dan subsidi beberapa komoditi lain seperti kedelai, pupuk, dan minyak goreng," terang Edy Priyono.

Selain fokus pada ekonomi, dalam RPJMN 2020-2024, pemerintah juga konsisten melanjutkan pembangunan infrastruktur. Salah satunya adalah pembangunan IKN, dengan alokasi anggaran sebesar Rp 46 triliun, yang dilakukan dalam kurun waktu 2022-2024. "IKN itu bagian dari pembangunan infrastruktur yang tujuannya juga untuk pemerataan ekonomi," tegas Edy Priyono.

Sebelumnya, lembaga survei litbang Kompas merilis hasil survei bertajuk penanganan masalah kebutuhan pokok di bulan puasa. Dalam survei yang dilakukan 5-9 April 2022 tersebut disebutkan, mayoritas responden setuju terhadap pernyataan soal pemerintah yang lebih fokus membangun IKN dibanding kondisi ekonomi masyarakat. Survei melibatkan 504 responden dengan usia minimal 17 tahun dari 34 provinsi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Beban APBN Berat, Pembatasan Pertalite Sudah Tepat?

Rencana pembatasan Pertalite menguat sehingga membuat masyarakat gusar mengingat BBM jenis ini paling banyak dikonsumsi.

EKONOMI | 26 Juni 2022

Kadin Jatim Targetkan Bangun Rumah Vokasi di Lima Kabupaten

Selain menyiapkan konsultan vokasi, Kadin Jatim akan membangun rumah vokasi di lima kabupaten, yaitu Gresik, Pasuruan, Tuban, Kediri dan Banyuwangi.

EKONOMI | 25 Juni 2022

BFI Finance Agresif Garap Pembiayaan Industri Percetakan

PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFI Finance) agresif menggarap pembiayaan di industri percetakan yang belakangan pasarnya semakin tumbuh pesat.

EKONOMI | 25 Juni 2022

PJB dan Icon+ Optimalkan Aset untuk Layanan Telematika

Kerja sama PJB dan Icon+ dilakukan untuk mendukung keandalan sinyal telekomunikasi, terutama untuk kegiatan operasional di unit-unit pembangkit PJB.

EKONOMI | 25 Juni 2022

Harga Timah ICDX Masih Tinggi di Tengah Perlambatan Ekonomi Global

Harga timah ICDX masih melaju kuat di kisaran US$ 35.000 per metrik ton, di tengah sejumlah sentimen pasar yang menyebabkan melemahnya harga timah.

EKONOMI | 25 Juni 2022

Dirut PTBA Raih Penghargaan The Global Emerging Leader 2022

Dirut PTBA Arsal Ismail berhasil mendapat penghargaan The Global Emerging Leader Award 2022 dalam kategori Mining Industry Environment Preservation.

EKONOMI | 25 Juni 2022

Presiden Perintahkan Kementerian Investasi Kawal Investasi Foxconn

Jokowi memerintahkan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia untuk mengawal mulai dari proses awal hingga eksekusi investasi Foxconn di Indonesia.

EKONOMI | 25 Juni 2022

IDEAL Luncurkan Platform untuk Ajukan KPR Secara Digital

Startup fintech IDEAL melakukan soft launching platform agregator layanan kredit kepemilikan rumah (KPR) secara digital.

EKONOMI | 25 Juni 2022

Merger Berbuah Positif, Laba Pelindo Naik Jadi Rp 3,2 T

Kinerja audited PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo tahun 2021 pasca-merger meningkat. Perseroan berhasil catatkan laba sebesar Rp 3,2 triliun.

EKONOMI | 25 Juni 2022

Kemenkominfo Bangun 4 Pusat Data Nasional

Pusat Data Nasional dibangun di Kawasan Deltamas Industrial Estate, Nongsa Digital Park, Ibu Kota Negara baru di Kalimantan Timur, serta Labuan Bajo.

EKONOMI | 25 Juni 2022


TAG POPULER

# Rima Melati


# Nikita Mirzani Tersangka


# PDIP


# The Minions


# Sri Lanka


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
WHO: Cacar Monyet Belum Jadi Darurat Kesehatan Global

WHO: Cacar Monyet Belum Jadi Darurat Kesehatan Global

NEWS | 17 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings