Logo BeritaSatu

Kripto Dikenakan Pajak, Ini Tanggapan Pelaku Bisnis

Kamis, 28 April 2022 | 13:23 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Keuangan menginformasikan mulai 1 Mei 2022, perdagangan aset kripto akan dikenakan pajak pertambahan nilai (PPN) serta pajak penghasilan (PPh). Sebagai pedagang fisik aset kripto legal yang sudah teregulasi Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), Indodax memiliki kewajiban untuk memungut PPN dan PPh bagi setiap investor yang melakukan transaksi jual beli di platformnya.

Terkait penetapan pemungutan pajak ini, CEO Indodax Oscar Darmawan mengatakan, pengenaan pajak ini secara umum menimbulkan sisi positif khususnya terkait posisi kripto sebagai suatu komoditas digital di Indonesia.

“Sebelumnya, kripto sudah diakui sebagai komoditas lewat peraturan dari Kementerian Perdagangan dan diregulasi oleh lembaga bernama Bappebti. Sisi positif dengan adanya pengenaan pajak pada kripto, saya rasa akan menambah legalitas kripto sebagai komoditas digital yang diakui dan sah diperjualbelikan di mata hukum,” kata Oscar Darmawan.

Meskipun pengenaan pajak ini menimbulkan sisi positif, namun tentu muncul pro dan kontra di komunitas kripto dalam negeri terkait besaran fee transaksi yang akan dikenakan ke investor yang akan bertambah sebesar 0,21% (0,1% untuk Pph dan 0,11% untuk PPN).

Sebagai pedagang aset kripto yang patuh pajak, dalam hal ini Indodax tentu akan mematuhi peraturan yang ada meskipun sebagai pelaku industri ia berharap bahwa persentase tarif pajak ini bisa diturunkan seiring berjalannya waktu sehingga fee bisa lebih murah.

“Peraturan mengenai pajak ini kan baru akan launching pertama kalinya pada tanggal 1 Mei nanti. Sambil kita melihat perkembangan konsumen kripto dalam negeri seperti apa. Namun saya berharap seiring berjalannya waktu tarif pajaknya bisa lebih murah,” katanya.

Dia menambahkan, jangan sampai geliat investasi kripto dalam negeri menjadi lesu. Hal Ini tentu sangat amat disayangkan mengingat tingginya tren investasi kripto memberikan peluang besar bagi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. “Ini juga terjadi agar industri dalam negeri tidak kalah saing dengan industri kripto luar negeri,” kata Oscar.

Namun di sisi lain, sebagai pelaku industri Oscar pun juga menilai baik langkah cepat dari pemerintah yang mengeluarkan peraturan PMK sehingga ada kepastian hukum mengenai kepemilikan aset kripto. Para trader aset kripto yang bertransaksi di exchange teregulasi Bappebti akan dikenakan pajak final sebesar 0,21% dan yang pasti akan jauh lebih murah dibanding bertransaksi di exchange yang tidak ditunjuk sebagai pemungut pajak yang mana para trader tersebut akan kena tarif PPh normal.

“Dengan adanya PMK ini, saya kira ini merupakan sinyal dari pemerintah agar kita para trader aset kripto harus tertib pajak mulai sekarang apalagi pihak pemerintah sudah memberikan insentif pajak seperti ini. Melalui PMK ini, trader aset kripto mendapatkan kemudahan tarif pajak untuk transaksi di crypto exchange terdaftar dan teregulasi Bappebti salah satunya Indodax, di mana para trader hanya dikenakan tarif pajak final sebesar 0,21%,” tutup Oscar.

Sebagai exchange yang nantinya akan menjadi pemungut pajak, Indodax akan menyosialisasikan kepada investor melalui kanal media sosial yang dimiliki oleh Indodax tentang peraturan perhitungan pajak nya akan seperti apa.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

IHSG Berpeluang Menguat, Simak Rekomendasi Saham Pilihan

Level resistance IHSG pada perdagangan hari ini di level 7.101, 7.149, 7.178, 7.256 dengan support di level 7.049, 7.000, 6.968, 6.925.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Harga Emas Naik karena Penurunan Imbal Hasil dan Dolar

Harga emas di pasar spot menguat 1,57% menjadi US$ 1.725,87 per ons, tertinggi sejak 13 September.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Musk Hidupkan Kembali Akuisisi Twitter, Sahamnya Naik 22%

Elon Musk kembali kembali mengusulkan untuk membeli perusahaan media sosial Twitter seharga US$ 54,20 per saham,

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Telkom Perkuat Data Center lewat NeutraDC dan NeucentrIX

Telkom memperkuat ekosistem data center dengan layanan yang mumpuni bertaraf global di NeutraDC dan neuCentrIX.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

BPK Sebut Dana Pensiun OJK Langgar Aturan OJK, Kok Bisa?

Dana Pensiun OJK dinilai melanggar ketentuan mengenai kompensasi iuran pemberi kerja, dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK).

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Harga Minyak Naik Jelang Pertemuan OPEC+ Bahas Pasokan

Harga minyak naik tipis karena ekspektasi bahwa OPEC+ akan menyetujui pengurangan besar produksi minyak dalam pertemuan Rabu.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

2.000 UMKM Mendapat Pelatihan Menuju Ekosistem Digital G-20

Program UMKM Sanubari (UMKM Siap Bangkit Untuk Negeri) SiCepat Ekspres yang telah berjalan sejak Juli 2022 berhasil merangkul 2.235 UMKM.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Wall Street Positif, Dow Jones Naik 1.500 Poin dalam 2 Hari

Dow Jones Industrial Average naik 825,43 poin, atau 2,8%, menjadi 30.316,32 dan S&P 500 menguat hampir 3,1% menjadi 3.790,93.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Bursa Eropa Terbang 3% karena Imbal Hasil Obligasi Turun

Stoxx 600 di bursa Eropa naik 3%, dengan saham perjalanan dan liburan melonjak 6,1% memimpin kenaikan.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Indonesia Ekspor Singkong Beku ke Curacao, Jumlahnya?

Indonesia melalui CV Nusantara Jaya Food berhasil ekspor singkong beku sebesar 27 ton ke Curacao.

EKONOMI | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Erick Thohir dan Presiden IOC Bahas Kontribusi Olahraga di Tengah Tantangan Global

Erick Thohir dan Presiden IOC Bahas Kontribusi Olahraga di Tengah Tantangan Global

SPORT | 13 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings