Logo BeritaSatu

BUM Desa untuk Kesejahteraan Masyarakat, Bukan Pendapatan Desa

Kamis, 12 Mei 2022 | 14:17 WIB
Oleh : Herman / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Badan Pengembangan Desa Informasi Desa Kementerian Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Ivanovic Agusta menekankan pentingnya keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) sebagai lokomotif ekonomi desa. Namun seperti yang ditegaskan Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar, Ivanovic mengatakan BUM Desa tidak boleh dilihat hanya dari kontribusinya kepada pendapatan asli desa (PADes), tetapi bagaimana BUM Desa tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan bagi warganya.

“Jangan terlalu terpaku kepada bagaimana BUM Desa memberikan dana ke PADes. Tetapi yang lebih penting lagi ukuran mengenai BUM Desa terutama diarahkan pada sejauh mana manfaat BUM Desa dirasakan oleh warga desa. Jadi, cara melihat peringkat BUM Desa adalah kemanfaatannya bagi warga desa, bobotnya lebih besar,” kata Ivanovic Agusta dalam acara diskusi yang digelar Fisip Universitas Padjadjaran secara daring, Kamis (12/5/2022).

Inanovic menambahkan, istilah BUM Desa sebagai lokomotif ekonomi desa juga tidak didasarkan pada jumlah dana yang besar, tetapi ketika bisa melakukan kegiatan yang sangat strategis, sehingga bisa mendukung kegiatan-kegiatan warga.

“Sebetulnya titik utama lokomotif ekonomi itu adalah ketika warga mengalami lonjakan pendapatan,” kata Ivanovic.

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar di kesempatan sebelumnya juga menegaskan, BUM Desa dilahirkan untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat desa, tidak boleh yang lain. Sehingga konsekuensinya unit usaha BUM Desa tidak boleh mengganggu bahkan merusak berbagai usaha yang sudah dijalankan warga desa.

“Ini penting, supaya kelahiran BUM Desa menjadi bagian penting yang dibutuhkan warga desa, bukan kemudian malah mengganggu. Contohnya, di desa sudah banyak warga yang membuat toko kelontong, kemudian BUM Desa lahir membuat mini market. Ini kan merusak, tidak boleh. Ini betul-betul kita larang dan terus mensosialisasikan hal ini,” tegas Abdul Halim.

Sebaliknya, keberadaan BUM Desa harus bisa mendukung usaha warga desa. Karenanya, ada BUM Desa yang berfungsi sebagai konsolidator, bukan sebagai produsen. “Misalnya di desa sudah banyak UMKM, kemudian BUM Desa lahir, ini justru mendampingi proses peningkatan kualitas produk, peningkatan packaging, hingga peningkatan pemasaran. Didampingi BUM Desa justru semakin tinggi pendapatan warga, itulah yang diharapkan dari kehadiran BUM Desa, meskipun BUM Desa tersebut tidak memberikan kontribusi pada pendapatan asli desa,” kata Abdul Halim.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

IHSG Anjlok, Hans Kwee Peringatkan Bottom Bisa Tembus 5.900

IHSG anjlok, Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee memperkirakan koreksi indeks bisa menyentuh bottom di zona 5.900-6.100.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Sesi I: IHSG Anjlok 2,5%, Sektor Teknologi Babak Belur

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) anjlok 2,53% ke 6.622,45 pada penutupan sesi pertama perdagangan hari ini, Senin (4/7/2022).

EKONOMI | 4 Juli 2022

Awas! Beredar Aplikasi MyPertamina Palsu, Ini Ciri-cirinya

Seiring dengan rencana pemerintah membatasi pembelian Pertalite menggunakan aplikasi MyPertamina, bermunculan pula aplikasi palsu.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Kripto Tidak Bergairah, Bitcoin Berjuang di US$ 19.000-an

Pergerakan pasar aset kripto pada hari Senin (4/7/2022) tidak cukup memuaskan.  Investor masih ragu-ragu untuk melakukan aksi beli.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Ini Sentimen-sentimen Negatif yang Membuat IHSG Anjlok

Sejumlah sentimen negatif menjadi penekan indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini yang anjlok hingga 3% dalam 1 jam pertama.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Sejam Perdagangan, IHSG Anjlok hingga 3%

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) anjlok 3,38% ke 6.564,44 sekitar sejam pertama perdagangan hari ini, Senin (4/7/2022).

EKONOMI | 4 Juli 2022

Nilai Tukar Rupiah Kembali Melemah Mendekati Rp 15.000

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan pagi hari ini, Senin (4/7/2022), terpantau melemah ke kisaran Rp 14.950.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Pengguna Aplikasi iKas RUN System Naik 25 Kali Lipat

Aplikasi iKas adalah aplikasi produktivitas untuk usaha mikro yang dikembangkan oleh RUN System. Saat ini iKas memiliki 7.000 pengguna.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Baru Dibuka, IHSG Langsung Terjun 0,6%

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah 0,63% ke 6.751,5 pada awal perdagangan hari ini, Senin (4/7/2022).

EKONOMI | 4 Juli 2022

Minim Sentimen Penggerak, Bursa Asia Dibuka Bervariasi

Bursa Asia Pasifik dibuka bervariasi pada awal perdagangan hari ini. Investor menantikan keputusan bank sentral Australia dan Malaysia pekan ini.

EKONOMI | 4 Juli 2022


TAG POPULER

# Apriyani/Fadia Juara


# Elon Musk


# Yusuf Mansur


# Ahmad Dhani


# KM Setia Makmur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi: Tingkatkan Vaksinasi Booster dan Protokol Kesehatan

Jokowi: Tingkatkan Vaksinasi Booster dan Protokol Kesehatan

NEWS | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings