Logo BeritaSatu

Makin Banyak Perusahaan RI Jalankan Bisnis Berkelanjutan

Jumat, 13 Mei 2022 | 06:29 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Saat ini perusahaan-perusahaan di Indonesia makin sadar pentingnya menjalankan bisnis berkelanjutan. Perusahaan tidak hanya mengejar profit, tetapi bisnis ramah lingkungan (planet) dan peduli terhadap masyarakat (people). Pendekatan yang digunakan adalah Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dan Environment, Social, and Governance (ESG).

Hal terungkap pada ajang Indonesia Green & Sustainable Companies Award (IGSCA) yang digelar Majalah SWA dan SWAnetwork Kamis (12/5/2022). "Awarding ini merupakan pengembangan dari penghargaan sebelumnya, Indonesia Green Companies Achievement, yang telah delapan kali diselenggarakan,” kata Group Chief Editor SWA Media Kemal E.Gani, dalam keterangan tertulisnya Jumat (13/5/2022).

Advertisement

Adapun kriteria penilaian IGSCA terdiri dari aspek ekonomi berkelanjutan, inklusi sosial, kesejahteraan, dan kenyamanan karyawan, pengelolaan lingkungan, serta standar etika dan kepatuhan (compliance).

Menurut Darwina Wijayanti, salah seorang juri IGSCA 2022, aspek penting dalam kompetisi IGSCA adalah masuknya unsur keberlanjutan dalam melakukan bisnis. "Perusahaan diharapkan tidak hanya mengejar profit, melainkan harus memperhatikan aspek keadilan sosial dan kelestarian lingkungan," kata dia.

Menteri Negara Lingkungan Hidup (1999-2001) sekaligus juri IGSCA 2022 Sonny Keraf mengatakan perusahaan-perusahaan yang mengikuti IGSCA 2022 menunjukkan model bisnis berlandaskan prinsip ekonomi sirkular. Dia menyoroti program perusahaan sudah mengimplementasikan manajemen produksi yang ramah lingkungan.

“Perusahaan-perusahaan peserta IGCSA 2022 selektif memilih bahan baku, mempraktikkan manajemen limbah, hingga berinisiatif memberikan dampak positif kepada aspek sosial, yaitu memberdayakan masyarakat sekitar untuk memasok kebutuhan, jasa, dan aktivitas produksi sehingga berdampak terhadap perekonomian masyarakat,” jelasnya.

Presiden Direktur Indonesia Infrastructure Finance Reynaldi Hermansjah yang mengisi sesi webinar dalam rangkaian acara itu berharap Indonesia Infrastructure Finance (IIF) menjadi lembaga keuangan yang melakukan pembiayaan dan advisory di bidang infrastruktur di Indonesia dengan mengedepankan aspek sustainability.

Salah satu keunikan IIF adalah seluruh proyek yang dibiayai kata dia, harus mengimplementasikan aspek ESG berstandar internasional. Dia mencontohkan IIF mendanai proyek infrastruktur pembangkit listrik tenaga minihidro sebesar 7,4 MWh yang bisa memangkas emisi karbon. IIF juga melakukan manajemen sosial seiring diimplementasikannya pemberdayaan masyarakat serta kewirausahaan dan manajemen lingkungan hidup



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Modernland Realty Topping Off Cleon Park Apartment di JGC

PT Modernland Realty Tbk menargetkan Cleon Park Apartment mulai diserahterimakan secara bertahap kepada konsumen pada Desember 2023 mendatang.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

PTPP Mulai Pembangunan Pipa Transmisi Gas Cirebon-Semarang

PT PP (Persero) Tbk atau PTPP, memulai pembangunan proyek pipa transimisi gas bumi Cirebon-Semarang (Cisem) tahap I untuk ruas Semarang-Batang.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Pengamat Sebut Harga Pertalite Bisa Turun, Ini Alasannya

Bantah subsidi bahan bakar minyak (BBM) di Malaysia lebih besar dari Indonesia, Bambang Haryo menilai harga Pertalite masih bisa turun.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Petani Sarang Burung Walet Minta Tambahan Kuota Ekspor

Perkumpulan Petani Sarang Walet Nusantara (PPSWN) mempertanyakan belum disetujuinya pengajuan penambahan kuota ekspor sarang burung walet.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Kemenhub Terbitkan Aturan Terbaru Biaya Tarif Ojek Daring

Kemenhub menerbitkan aturan terbaru guna mengatur tarif ojek daring pada hari ini, Senin (8/8/2022).

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Rumah Tapak dan Apartemen Laris, Pendapatan LPCK Naik 16,9%

PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) membukukan peningkatan pendapatan sebesar 16,9% menjadi Rp 765 miliar sepanjang semester I 2022.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Bahlil Optimistis Realisasi Investasi Berlanjut di 2023

"Kalau ditanya apakah bisa? Insyaallah bisa karena kita mempunyai data-data investasi yang berprospek untuk masuk ke Indonesia di tahun 2023," tegas Bahlil.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

IPO Rohartindo Nusantara Oversubscribed 106,89 Kali

IPO PT Rohartindo Nusantara Luas Tbk (TOOL)= mengalami kelebihan permintaan atau oversubscribed hingga 106,89 kali.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Grup Astra Tambah Investasi di Perusahaan Pembangkit Arkora

PT United Tractors Tbk, anak usaha PT Astra International Tbk melalui PT Energia Prima Nusantara (EPN)menambah kepemilikan saham di PT Arkora Hydro Tbk (ARKO).

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Penetrasi Pasar, Anak Usaha Intikeramik Buka Showroom Baru

Entitas anak usaha PT Intikeramik Alamasri Industri Tbk (IKAI) yakni PT Internusa Keramik Alamasri (INKA) membuka showroom baru untuk produk Essenza.

EKONOMI | 8 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Waspadai Fenomena Catfishing, Ini Cara Menghindarinya

Waspadai Fenomena Catfishing, Ini Cara Menghindarinya

LIFESTYLE | 31 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings