Logo BeritaSatu

Gaet Investasi Tesla, Ini PR Besar yang Harus Diselesaikan

Selasa, 17 Mei 2022 | 19:47 WIB
Oleh : Herman / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Ekonom Center of Reform in Economics (Core) Yusuf Rendy Manilet menuturkan, ada banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan pemerintah bila ingin Tesla segera merealisasikan investasinya di Indonesia, utamanya menyangkut aspek lingkungan. Apalagi Tesla selama ini dikenal sebagai perusahaan global sangat konsen terhadap isu tersebut. Sehingga meskipun Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah bertemu langsung dengan CEO Tesla Elon Musk, tidak ada jaminan Tesla segera merealisasikan investasinya di Indonesia.

“(Realisasi investasi Tesla) menurut saya memang masih sangat tergantung pada beberapa hal. Artinya tidak serta merta ketika Presiden Jokowi menemui Elon Musk, kemudian Tesla langsung investasi di Indonesia. Apalagi kita tahu sebelumnya juga sudah ada wacana Tesla masuk ke Indonesia, tetapi kemudian tidak jadi dan malah pindah ke negara lain. Sehingga memang harus ada tindak lanjut dari pemerintah bila ingin mengundang Tesla ke Indonesia, utamanya yang menyangkut perbaikan di aspek lingkungan,” kata Yusuf Rendy kepada Beritasatu.com, Selasa (17/5/2022).

Dikatakan Rendy, selain iklim investasi, aspek pengelolaan lingkungan juga menjadi pertimbangan utama Tesla ketika ingin berinvestasi di Indonesia. Di sisi lain, pengelolaan hasil limbah di Indonesia seperti batu bara dan nikel yang menjadi bahan baku baterai untuk mobil listrik masih menjadi sorotan.

“Tesla ini produk yang sangat konsen dengan isu lingkungan, isu keberlanjutan. Ini perlu menjadi catatan pemerintah, misalnya apakah produk nikel di Indonesia sudah sesuai standar pengelolaan lingkungan global. Kalau kita bicara hasil tambang di Indonesia, banyak hasil tambang yang dinilai belum ramah lingkungan karena menghasilkan limbah yang tidak terurus secara baik. Banyak laporan, tidak hanya terkait nikel tetapi juga batu bara yang menyatakan hasil limbahnya tidak terbuang dengan baik. Jadi saya kira itu tantangannya,” paparnya.

Rendy menambahkan, upaya memperbaiki dari sisi lingkungan memang terus dilakukan pemerintah. Misalnya membenahi ekosistem lingkungan, hingga meningkatkan bauran energi baru terbarukan (EBT) dalam beragam aspek perekonomian. Namun di saat yang bersamaan, standar lingkungan seperti pengelolaan smelter yang belum baik masih menjadi pekerjaan rumah yang harus dituntaskan.

“Jadi menurut saya itu yang harus diselesaikan bila ingin menarik investor yang konsen pada isu lingkungan seperti Tesla. Kalau ditanya apakah Tesla akan segera investasi di Indonesia? Saya sih agak ragu melihatnya. Mungkin akan terjadi, tetapi secara bertahap, atau Tesla mungkin memberikan syarat-syarat menyangkut aspek lingkungan yang harus dipenuhi dahulu sampai kemudian masuk. Untuk memenuhi syaratnya juga tidak semudah membalikkan telapak tangan, perlu waktu dan perlu proses,” kata Rendy.

Di pasar mobil listrik global, Rendy mengakui posisi Tesla memang sangat penting. Sehingga menjadi wajar bila kemudian Jokowi harus turun tangan menemui Elon Musk.

“Memang, saat ini sudah ada banyak pemain global di industri mobil listrik. Tetapi kalau kita bicara penjualan, Tesla menjadi salah satu yang terkuat. Ketika kita bisa terlibat dalam rantai pasok produksi Tesla, itu akan membuka pintu investor untuk produk-produk lainnya. Artinya kalau kita bisa memenuhi standar yang dipersyaratkan Tesla, berarti kita bisa bersaing untuk memenuhi atau memasok baterai kendaraan listrik kepada merek yang berbeda,” kata Rendy.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

HUT Ke-33, FIF Group Ajak Jurnalis Berkompetisi Lewat Karya

FIF Group National Media Competition 2022 diperuntukkan bagi jurnalis nasional se-Indonesia yang selama ini senantiasa mendukung FIF Group.

EKONOMI | 28 Juni 2022

Multipolar Technology Pasarkan Solusi IBM Turbonomic

PT Multipolar Technology Tbk merekomendasikan solusi IBM Turbonomic untuk membantu pengelolaan resources, agar aplikasi dapat mempertahankan kinerja optimal.

EKONOMI | 28 Juni 2022

Gaji Ke-13 untuk ASN dan Pensiunan Dibayarkan Mulai 1 Juli

Rencana pemberian gaji ke-13 untuk aparatur sipil negara (ASN) dan pensiun  akan diberikan mulai 1 Juli 2022.

EKONOMI | 28 Juni 2022

Tertekan Sentimen AS, Rupiah Diprediksi Terus Melemah

Inflasi tinggi di Amerika Serikat (AS) dan kenaikan suku bunga the Fed diprediksi menyebabkan dolar akan terus menekan rupiah.

EKONOMI | 28 Juni 2022

33 Bank Raih Digital Banking Awards 2022, Ini Daftarnya

Ajang Digital Banking Awards 2022 (DBA 2022) memacu setiap bank bertransformasi digital secara komprehensif, sesuai dengan regulasi dan kebutuhan masyarakat.

EKONOMI | 28 Juni 2022

EMP Bentu Limited Berencana Tambah Pasokan Gas ke PLN

Anak usaha PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG), EMP Bentu Limited saat ini memasok sekitar 30 juta kaki kubik gas per hari ke PLN Pekanbaru.

EKONOMI | 28 Juni 2022

Kuartal I, Penjualan Darya-Varia Naik Tembus Rp 646 Miliar

PT Darya-Varia Laboratoria Tbk (DVLA) sepanjang kuartal I 2022 dimana DVLA mencatatkan penjualan bersih sebesar Rp 646,3 miliar, tumbuh 32%.

EKONOMI | 28 Juni 2022

Perumnas Butuh PMN Nontunai untuk Bangun Rumah MBR

Kementerian PUPR menilai, PMN nontunai untuk Perumnas sangat dibutuhkan dalam meningkatkan pembangunan rumah MBR, sekaligus mendukung program sejuta rumah.

EKONOMI | 28 Juni 2022

Kommunitas Launchpad Raih Best Crypto Launchpad 2022

Kommunitas Launchpad memperoleh penghargaan Best Crypto Launchpad 2022 pada acara penghargaan Crypto Expo Asia.

EKONOMI | 28 Juni 2022

Perusahaan Kapal Habco Trans Incar Dana IPO Rp 350 Miliar

Habco Trans mematok kisaran harga IPO di Rp 150-250 pet saham sehingga total dana yang akan didapat Rp 305 miliar.

EKONOMI | 28 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pemekaran Papua, DPR: Tahap Pertama Disepakati 3 Provinsi

Pemekaran Papua, DPR: Tahap Pertama Disepakati 3 Provinsi

NEWS | 14 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings