Logo BeritaSatu

Momentum Pertumbuhan Ekonomi Selama Lebaran Harus Dijaga

Selasa, 17 Mei 2022 | 20:33 WIB
Oleh : Herman / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Meningkatnya konsumsi masyarakat di momen Lebaran harus terus dijaga hingga triwulan III dan IV 2022. Jangan sampai momentum yang sudah baik ini kembali menurun. Upaya ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi di 2022.

Sebelumnya di triwulan I 2022, Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi 5,01% secara year on year (YoY). Dari sisi pengeluaran, komponen pengeluaran konsumsi rumah tangga (PK-RT) tumbuh 4,34%. Komponen ini juga masih mendominasi perekonomian Indonesia yang mencakup lebih dari separuh produk domestik bruto (PDB) Indonesia yaitu sebesar 53,65%.

“Di triwulan I 2022, kita hampir mencapai level pra-pandemi. Banyak yang mengestimasi pertumbuhan ekonomi di triwulan II akan lebih dari itu. Lalu bagaimana dengan triwulan III dan IV? Ini ada banyak faktor, seperti momentum confidence dari masyarakat yang harus terus dijaga,” kata Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) Teuku Riefky dalam acara Forum merdeka Barat 9 (FMB9), Selasa (17/5/2022).

Riefky mengungkapkan, di tengah demand yang meningkat, ancaman inflasi juga harus diperhatikan. Ditambah lagi dengan adanya berbagai risiko baik dari sisi domestik maupun global, tekanan inflasi juga muncul dari sisi biaya, sehingga di sisi supply pun akan mengalami tekanan inflasi. “Ini sudah mulai terjadi di banyak negara. Sehingga kalau nanti terjadi di Indonesia, ini akan menekan daya beli masyarakat,” kata Riefky.

Wakil Kepala Badan Moneter Kadin Indonesia Aviliani juga mengapresiasi kebijakan pemerintah yang mengizinkan mudik Lebaran pada tahun ini. Kebijakan tersebut dinilai efektif menggerakan ekonomi untuk mendorong pertumbuhan di triwulan II 2022.

“Dengan adanya pelonggaran ini, pertumbuhannya luar biasa. Tempat-tempat wisata meningkat luar biasa, tingkat okupansi hotel meningkat menjadi 70%, kemudian makanan dan minuman luar biasa. Jadi banyak pengusaha yang merasakan ada pertumbuhan signifikan, walaupun memang belum seperti di 2019. Tetapi paling tidak pertumbuhan ini akan bisa terakselerasi sampai akhir tahun,” kata Aviliani.

Ia juga melihat konsumen atau masyarakat sudah punya ekspektasi bahwa ekonomi akan membaik, sehingga muncul keberanian untuk membelanjakan uangnya. Misalnya sepanjang momentum Ramadan dan libur Idulfitri tahun 2022 ini, Bank Indonesia mencatat realisasi penarikan uang tunai meningkat 16,6% dibandingkan realisasi tahun 2021 (yoy) dari sebesar Rp 154,5 triliun menjadi Rp 180,2 triliun. Pertumbuhan tersebut lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan sebelum kondisi pandemi (Mei 2019) yang sebesar 9,21% (yoy).

Di sisi lain, para pengusaha juga mulai mempersiapkan diri untuk menyikapi pertumbuhan ekonomi yang mulai baik, termasuk di industri pengolahan yang mulai meningkatkan produksi.

“Pengusaha mulai prepare terhadap produksi, sehingga ini nanti setidaknya tidak menyebabkan inflasi yang besar karena demand yang tumbuh dibarengi juga dari sisi supply. Namun, konsumsi pemerintah memang belum meningkat secara signifikan. Padahal ini juga sangat penting untuk menggerakan perekonomian,” kata Aviliani.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bank DBS Indonesia Hadirkan This is DBS digibanking

Bank DBS Indonesia menghadirkan This is DBS digibanking, layanan perbankan digital bagi nasabah ritel, korporasi maupun Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

EKONOMI | 1 Juli 2022

Taspen Gandeng MNC Bank Kelola Rekening Penerima Pensiun

MNC Bank dan Taspen akan memudahkan konsumen melakukan pembayaran tabungan hari tua (THT), jaminan pensiun, dan lainnya.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Pemilik Belum Tertangkap, Binomo Masih Leluasa Beroperasi?

Aplikasi binary option berkedok robot trading Binomo masih bisa diakses masyarakat meski sudah berkali-kali diblokir oleh Bappebti.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Investor Aset Kripto Cermati Kelanjutan Fase Bear Market

Perdagangan aset kripto secara keseluruhan masih datar dan tidak bergairah selama sepekan terakhir.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Pacu Bisnis UMKM, Esta Dana Ventura Kembali Gandeng 9 BPR

Esta Dana Ventura kembali menjalin kerja sama dengan sembilan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) untuk menyalurkan pembiayaan ke sektor UMKM.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Logam Bangun Setia Gelar Akad Massal Rumah Subsidi

Perumahan Logam Bangun Setia 2 (LBS 2) yang dikembangkan PT Saipul Putra Sakti, melakukan prosesi akad kredit massal rumah subsidi bekerja sama dengan Bank DKI.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Janji Jiwa Adopsi Nimbly Technologies Capai Operasi Optimal

Janji Jiwa, salah satu brand kopi di Indonesia, menerapkan Nimbly Technologies untuk meraih konsistensi dan transparansi.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Properti Tumbuh, MAJ Residences Bekasi Kebut Pembangunan

Tren positif sektor properti di Bekasi menjadi momentum untuk mengejar progres pembangunan apartemen The MAJ Residences Bekasi.

EKONOMI | 1 Juli 2022

AAJI: Aset Asuransi Jiwa Indonesia Bisa Tembus Rp 3.000 T

Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon menyampaikan, tingkat penetrasi industri asuransi jiwa nasional berkutat di kisaran 1,2%-1,4%.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Secara Analisis Teknikal, Penurunan Bitcoin Masih Wajar

Penurunan harga Bitcoin yang saat ini berada pada level sekitar Rp 300 jutaan masih dalam batas wajar jika ditinjau dari analisis teknikal.

EKONOMI | 1 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hari Bhayangkara, Kapolri Minta Anggotanya Bekerja Ikhlas

Hari Bhayangkara, Kapolri Minta Anggotanya Bekerja Ikhlas

NEWS | 5 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings