Logo BeritaSatu

BPA Bumiputera Terpilih Harus Bertindak Cepat dan Berani

Rabu, 18 Mei 2022 | 20:53 WIB
Oleh : Prisma Ardianto / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 mengumumkan 11 nama anggota Badan Perwakilan Anggota (BPA) telah lulus seleksi uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). BPA Bumiputera terpilih diharapkan menjalankan tugasnya dengan cepat dan berani. Apakah Bumiputera akan diselamatkan atau dilikuidasi.

Manajemen Bumiputera melalui situs resmi perusahaan pada Selasa (17/5/2022), mengumumkan permohonan 11 anggota BPA terpilih telah disetujui OJK. Hal itu sesuai Salinan Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan pada 12 Mei 2022 tentang Hasil Penilaian Kemampuan dan Kepatutan Calon Badan Perwakilan Anggota Selaku Pihak Utama Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912.

11 nama anggota BPA itu adalah Muhammad Idaham dari Daerah Pemilihan I (Sumatera Bagian Utara), Hardi dari Daerah Pemilihan II (Sumatera Bagian Tengah), Agus Patami dari Daerah Pemilihan III (Sumatera Bagian Selatan), Jefry Rasyid dari Daerah Pemilihan IV (DKI Jakarta), Marhalim Siregar dari Daerah Pemilihan V (Banten dan Jawa Barat), RM. Bagus Irawan dari Daerah Pemilihan VI (Jawa Bagian Tengah), Naniek Widya Kusuma dari Daerah Pemilihan VII (Jawa Bagian Timur), Chris Boy Rihi Iye dari Daerah Pemilihan VIII (Bali dan Nusa Tenggara), St. Apt. Alan Arthur Siahaan dari Daerah Pemilihan IX (Kalimantan), Jalaluddin Rum dari Daerah Pemilihan X (Sulawesi), dan Theresia Patipeme mewakili Daerah Pemilihan XI (Maluku dan Papua).

Nasabah Bumiputera Piter Abdullah yang juga Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia menyampaikan ucapan selamat untuk sebelah BPA terpilih. Namun dia juga mengingatkan bahwa tugas yang dipikul BPA sangat berat seiring harapan para pemegang polis. Apalagi permasalahan yang dihadapi Bumiputera sangat komplek.

"Permasalahan ini harus diselesaikan oleh BPA. Persoalan yang dipastikan tidak bisa menyenangkan semua orang, jadi sudah pasti. Oleh karena itu, yang dibutuhkan adalah keberanian mengambil keputusan," kata Piter saat dihubungi Investor Daily, Rabu (18/5/2022).

Dia mengungkapkan, BPA adalah perwakilan dari pemilik Bumiputera yang merupakan pemegang polis. Pilihan BPA untuk mengambil keputusan tidak banyak dan biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Pada awalnya mereka akan dihadapkan dengan pilihan untuk melanjutkan atau menutup perusahaan.

"Jadi 11 anggota BPA ini mewakili seluruh pemilik. Keputusan atau apapun itu dipastikan tidak ada yang enak. Setiap keputusan itu pasti akan memiliki konsekuensi. Pertama yang harus diputuskan adalah perusahaan ini mau dilanjutkan atau tidak dilanjutkan," beber dia.

Kalau tidak dilanjutkan, kata Piter, maka akan bubar dan dilikuidasi, yang memiliki konsekuensi luas. Misalnya akan terjadi PHK dan tidak akan menyenangkan bagi para pemegang polis yang sampai saat ini haknya tidak terbayarkan. Menurut dia, pilihan likuidasi cenderung mendorong perusahaan pada akhirnya tidak akan membayarkan kewajibannya.

"Saya nasabah, saya sudah pasti kehilangan uang. Jadi PHK pasti terjadi, di sisi lain tidak ada cerita happy-nya untuk pemegang polis. Kalaupun dibayarkan, pasti akan jauh dibandingkan dengan nilai polis seharusnya, akan lebih banyak nilai yang tidak dibayarkan," ungkap Piter.


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BCA Dorong Generasi Muda Miliki Hard Skill dan Soft Skill

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendorong generasi muda berintegritas serta memiliki hard skill dan soft skill menghadapi era 4.0.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Dinilai Sukses, Apindo Apresiasi Pencapaian Program PPS

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengapresiasi pencapaian Program Pengungkapan Sukarela (PPS) yang berakhir pada 30 Juni 2022.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Tarif Kapitasi dan INA CBGs Akan Naik, Ini Pertimbangan Menkes

Menkes menegaskan, penyesuaian tarif kapitasi dan INA CBGs, menyusul rencana penerapan kelas rawat inap standar (KRIS).

EKONOMI | 4 Juli 2022

Pengusaha Minta DJP Perkuat Basis Data Pajak Hasil PPS

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) berharap basis data wajib pajak menjadi lebih terukur setelah program pengungkapan sukarela (PPS) terlaksana.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Iuran BPJS Kesehatan Bakal Ditinjau dari Uji Coba KRIS JKN

Besaran iuran BPJS Kesehatan akan disesuaikan seiring dengan implementasi kelas rawat inap standar pada program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

EKONOMI | 4 Juli 2022

Masuki Semester II, Angkasa Pura Supports Terus Lakukan Perubahan

Sebagai perusahaan yang bergerak pada layanan penyedia jasa, Angkasa Pura Supports menjadi penunjang kegiatan operasional bandar udara di 15 kota di Indonesia

EKONOMI | 4 Juli 2022

Beasiswa LPDP Tahap II Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Masyarakat dapat mendaftarkan diri pada berbagai kategori beasiswa LPDP yang telah disiapkan dari 4 Juli 2022 hingga 5 Agustus 2022.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Finnet Gandeng Topindoku Majukan Digital Payment di Kalimantan

Finnet bekerja sama dengan n Topindo Solusi Komunika untuk layanan source of fund uang elektronik dan QRIS (Finpay Money).

EKONOMI | 4 Juli 2022

Penyaluran KUR BRI Diestimasi Serap 32,1 Juta Lapangan Kerja

Penyaluran KUR oleh BRI diestimasi dapat menyerap 32,1 juta lapangan kerja. Setiap akses KUR berpotensi meningkatkan penyerapan tenaga kerja sebanyak 3 orang.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Raih Pendanaan Baru, LingoTalk Fokus Kembangkan Layanan

LingoTalk, platform edutech pembelajaran bahasa asing, mengumumkan telah mengantongi pendanaan awal dari beberapa perusahaan yang berbasis di Singapura.

EKONOMI | 4 Juli 2022


TAG POPULER

# Apriyani/Fadia Juara


# Elon Musk


# Yusuf Mansur


# Ahmad Dhani


# KM Setia Makmur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BCA Dorong Generasi Muda Miliki Hard Skill dan Soft Skill

BCA Dorong Generasi Muda Miliki Hard Skill dan Soft Skill

EKONOMI | 4 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings