Logo BeritaSatu

Lewat G-20 Empower, XL Axiata Bawa UMKM Perempuan Berdaya

Kamis, 19 Mei 2022 | 13:50 WIB
Oleh : Lona Olavia / WBP

Yogyakata, Beritasatu.com– Dalam rangka meningkatkan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan khususnya pascapandemi, PT XL Axiata Tbk (EXCL) meningkatkan flagship proyek miliknya Sisternet dan Sispreneur. Melalui Group of Twenty (G-20) Empower Presidensi Indonesia 2022, XL Axiata sebagai private sector berkomitmen akan membawa proyek tersebut lebih banyak menjangkau pelaku UMKM perempuan, apalagi pandemi Covid-19 banyak menggoyahkan usaha mereka.

Co-Chair of W20 Indonesia 2022 dan advokat G-20 Empower Dian Siswarini mengatakan, sisternet awalnya untuk meningkatkan literasi digital di kalangan perempuan ke arah Sisperneur yang menggunakan teknologi digital untuk membangun bisnis.

Advertisement

"Sekarang dalam rangka G-20 Empower ini, Sisternet dan Sisperneur kita mau tingkatkan supaya posisi di kalangan perempuan bukan hanya seperti sekarang, tetapi bisa lebih mendunia," ujarnya di sela-sela Plenary Meeting ke-2 G-20 Empower dengan tema "Rebuilding Women's Productivity Post Pandemic" di Yogyakarta, Rabu (18/5/2022).

Untuk itu, G-20 Empower melibatkan delegasi dari negara lain untuk mengkoneksikan angel investor komunitas dari berbagai anggota G-20 guna membantu UMKM yang XL Axiata bina di Sispreneur. Sispreneur sendiri dibangun atas sinergi antara Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) dengan XL Axiata.

Dian menjelaskan, salah satu alasan perlunya perempuan perlu mendapat bantuan karena potensi dan perannya dalam sektor ekonomi sebagai pelaku usaha sangat besar. Berdasarkan Data Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Besar di Indonesia tahun 2014-2018, dari total usaha yang berjumlah 64 juta unit usaha, 99,99% usaha di Indonesia adalah UMKM, sementara berdasarkan survei dari Bank Dunia lebih dari 50% usaha mikro dan kecil dimiliki oleh perempuan.

Di sisi lain, pelaku UKM perempuan merupakan pihak yang paling terdampak secara ekonomi dan sosial selama masa pandemi. Karena itu, program kelas inkubasi ini menjadi sangat relevan untuk diselenggarakan saat ini agar dapat membantu di dua sisi sekaligus, yaitu sisi perempuan sebagai penggerak ekonomi keluarga dan UMKM yang dikelolanya agar bisa menopang ekonomi keluarga dan menggerakkan ekonomi di lingkungan sekitarnya.

Adapun, teknologi digital menawarkan kesempatan kepada siapa saja untuk mampu memaksimalkan potensi yang dimiliki. Bagi para perempuan pelaku usaha mikro, teknologi digital akan memungkinkan mereka untuk menembus pasar yang lebih luas, yang hampir mustahil bisa dijangkau jika tidak online.

"Dalam ajang ini juga dibahas mengenai evaluasi yang selama ini telah dilakukan pemerintah dan swasta saat memberikan dukungan kepada pengusaha UKM perempuan. Apa-apa saja yang kurang akan diperbaiki dan apa yang sudah baik ditingkatkan," kata Dian.

Dikatakan isu kesetaraan gender memang menjadi salah satu dari empat isu prioritas yang diusung W20 dalam Presidensi G-20 Indonesia. W20 mengusung empat isu prioritas dalam Presidensi G20 Indonesia yakni, kesetaraan gender, inklusi ekonomi yaitu mendukung UMKM yang dimiliki dan dikelola oleh perempuan, peningkatan ketahanan perempuan pedesaan dan perempuan penyandang disabilitas, dan akses terhadap fasilitas kesehatan yang adil secara gender.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sesi I, IHSG Hari Ini Kokoh di 6.929

Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 64,3 (0,94%) ke level 6.929,1 pada penutupan sesi pertama perdagangan hari ini, Jumat (27/1/2023).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Kurs Rupiah Hari Ini Melemah 30 Poin ke Rp 14.975

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terpantau melemah ke kisaran Rp 14.975 pada perdagangan hari ini, Jumat (26/1/2023).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Lagi, Saratoga Siapkan US$ 150 Juta untuk Investasi

PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) kembali menganggarkan dana US$ 150 juta untuk kegiatan investasinya tahun ini.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Boy Thohir: Saatnya GoTo Gojek Tokopedia Back to Basic

Komisaris Utama PT GoTo GOjek Tokopedia Tbk (GOTO) Garibaldi "Boy" Thohir mengatakan bahwa hal terpenting bagi sebuah bisnis adalah profit.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Tukang Becak Bobol Rekening BCA, OJK Ingatkan Jaga Data Pribadi

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau masyarakat lebih berhati-hati dalam menjaga kerahasiaan data pribadi, apalagi yang menyangkut data keuangan.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Penerima Bansos Bisa Ikut Program Kartu Prakerja Skema Normal

Menurut Denni, program Kartu Prakerja skema normal artinya program ini tak lagi bersifat semi-bansos seperti yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Tiket Haji Mahal, Garuda Indonesia Siap Nego

Direktur Utama maskapai Garuda Indonesia Irfan Setiaputra bersedia melakukan negosiasi dengan DPR untuk menurunkan tiket haji.

EKONOMI | 27 Januari 2023

BI: KIS Jadi Kunci Hadapi Tantangan Ekonomi Global, Apa Itu?

Perry menegaskan pentingnya strategi KIS, yaitu konsistensi, inovasi, dan sinergi, dalam menyusun berbagai kebijakan.

EKONOMI | 27 Januari 2023

BUMN Buka Akses Pasar Berkelanjutan UMKM

Kementerian BUMN akan terus membuka akses pasar bekelanjutan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Bank Indonesia: Penguatan Rupiah Ditopang Fundamental Ekonomi yang Baik

Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan, penguatan nilai tukar rupiah ditopang oleh prospek ekonomi Indonesia yang semakin membaik

EKONOMI | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Pleidoi Ferdy Sambo


# Serial Killer


# RUU Kesehatan


# Insiden Lion Air


# Biaya Haji 2023


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pengurus Soksi Siap Menangkan Partai Golkar di Pemilu 2024

Pengurus Soksi Siap Menangkan Partai Golkar di Pemilu 2024

NEWS | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE