Logo BeritaSatu

ESG Penting Diintegrasikan pada Seluruh Aktivitas Bisnis

Kamis, 19 Mei 2022 | 15:45 WIB
Oleh : Herman / WBP

Jakarta, Beritasatu.com – Sebagai langkah menuju model ekonomi yang lebih berkelanjutan, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal merangkap Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Hoesen menegaskan pentingnya mengintegrasikan aspek environment, social and government (ESG) atau yang sering disebut dengan lingkungan, sosial dan tata kelola (LST) dalam seluruh aktivitas bisnis perusahaan, serta mengumpulkan data-data yang relevan untuk membangun bisnis yang bertahan di masa depan.

Menurutnya, ESG menjadi kebutuhan yang tidak terelakkan. ESG juga menjadi tantangan bagi penciptaan prinsip keuangan berkelanjutan. “Rencana aksi ini harus segera secara bersama-sama, tidak hanya pemerintah saja, tetapi juga harus didukung oleh para pelaku sektor jasa keuangan dan seluruh industri yang ada di Indonesia,” kata Hoesen dalam IICD CG Virtual Conference dengan tema, “Sustainability Governance for Long – Term Value Creation”, Kamis (19/5/2022).

Hoesen menyampaikan, OJK juga terus berkomitmen dalam meningkatkan pelaksanaan prinsip keuangan berkelanjutan dengan menerbitkan Roadmap Keuangan Berkelanjutan. OJK pada 2017 telah menerbitkan Peraturan OJK No 51 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan bagi Lembaga Jasa Keuangan, Emiten dan Perusahaan Publik.

“Dalam POJK 51 tahun 2017 atau SE OJK nomor 16 tahun 2021, usaha diwajibkan untuk menginformasikan mengenai tata kelola dan strategi berkelanjutan, termasuk pemahaman risiko seperti perubahan iklim dan mitigasinya, serta kewajiban menginformasikan kinerja berkelanjutannya dalam aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Hal ini juga telah sesuai dengan beberapa standar internasional,” kata Hoesen.

Dalam mendukung good corporate governance (GCG) di Indonesia, Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD) bersama dengan OJK, Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG) serta beberapa institusi pegiat GCG juga menerbitkan Roadmap Tata Kelola Perusahaan Indonesia serta Pedoman Tata Kelola Perusahaan Terbuka. Tujuannya untuk meningkatkan praktek-praktek tata kelola emiten dan perusahaan publik agar dapat bersaing di kawasan ASEAN.

Sebagai informasi, saat ini di Indoensia sudah ada empat index yang berorientasi pada penguatan ESG, yaitu Indeks Sri Kehati, Indeks IDX ESG Leaders, Indeks WESG Sector Leaders IDX Kehati, dan Indeks ESG Quality 45 IDX Kehati.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tumbuh Berkelanjutan, BRI Catat Sejumlah Aksi Korporasi Penting

BRI tidak hanya memperhatikan faktor profitabilitas, namun juga faktor ekonomi, lingkungan, sosial dan tata kelola untuk mencapai keuangan berkelanjutan.

EKONOMI | 30 Juni 2022

BRI: Digitalisasi Perbankan Harus Perkuat Ekonomi Riil

Digitalisasi di BRI diyakini dapat mendongkrak kondisi ekonomi riil di Indonesia, khususnya segmen UMKM.

EKONOMI | 30 Juni 2022

1 Juli Beli Pertalite Daftar MyPertamina? Simak Biar Tak Salah Kaprah

PT Pertamina menegaskan tanggal 1 Juli 2022 adalah tahap registrasi bagi masyarakat melalui MyPertamina, bukan merupakan pembatasan pembelian Pertalite.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Tekan Emisi Karbon Lewat Palet Zero Carbon Hasil Daur Ulang

Guna menekan emisi karbon global, CJ Logistics memperkenalkan palet zero carbon dari hasil sampah plastik daur ulang yang lebih ramah lingkungan.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Pembatasan Pertalite Mengacu CC Dinilai Tak Efektif, Kenapa?

Rencana pembatasan pembelian BBM Pertalite untuk kendaraan di atas 2.000 cc tidak akan efektif untuk membuat penyaluran BBM jenis ini lebih tepat sasaran.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Argon Group Bidik Besarnya Pasar Industri Farmasi dan Alkes

Argon Group perusahaan distributor produk farmasi di Indonesia membidik pasar industri alat kesehatan (alkes) di Tanah Air yang terus bertumbuh.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Semester I, Ini Daftar Saham Kasih Cuan Paling Banyak

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di BEI pada penutupan perdagangan sore ini Kamis (30/6/2022) turun 30,7 poin (0,4%) ke level 6.911.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Jokowi Teken Keppres Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

EKONOMI | 30 Juni 2022

IHSG Ditutup Turun ke 6.911, Kapitalisasi Pasar Rp 9.046 T

Perdagangan IHSG hari ini tercatat dengan volume 191,6 miliar saham senilai Rp 12,9 triliun dengan 156 saham menguat.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Modal Inti Bank Resona Perdania Naik Jadi Rp 5 Triliun

Bank Resona Perdania mengumumkan bahwa terjadi peningkatan modal inti bank menjadi sebesar Rp 5 triliun.

EKONOMI | 30 Juni 2022


TAG POPULER

# Jokowi Ukraina


# Pengawasan Intelijen


# MyPertamina


# Roy Suryo


# Mars


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Legislator: Kita Terlambat Memanfaatkan Ganja Medis

Legislator: Kita Terlambat Memanfaatkan Ganja Medis

NEWS | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings