Logo BeritaSatu

Yuk Simak! Ini Lima Langkah BEI Dukung Implementasi ESG

Kamis, 19 Mei 2022 | 17:03 WIB
Oleh : Herman / WBP

Jakarta, Beritasatu.com – Bursa Efek Indonesia (BEI) berkomitmen untuk mendukung penuh implementasi environmental, social and governance (ESG) atau yang sering disebut dengan lingkungan, sosial dan tata kelola (LST) dalam seluruh aktivitas bisnis perusahaan.

Kepala Divisi Layanan dan Pengembangan Perusahaan Tercatat BEI Saptono Adi Junarso menyampaikan, ada lima hal yang sudah dilakukan BEI. Pertama, membangun engagement pada seluruh stakeholdersatau pemangku kepentingan terkait dengan implementasi keuangan berkelanjutan. "Antara lain membangun hubungan yang baik dengan semua lembaga, memberikan insentif kepada green product, serta memberikan apresiasi kepada seluruh pemangku kepentingan, khususnya kepada perusahaan tercatat dan emiten melalui Annual Report Award, ASEAN Corporate Governance Scorecard, dan lainnya," kata Saptono Adi Junarso dalam IICD Corporate Governance Virtual Conference dengan tema, “Sustainability Governance for Long – Term Value Creation”, Kamis (19/5/2022).

Kedua, BEI juga menyediakan infrastruktur berbentuk pasar maupun produk. BEI mendukung pengembangan-pengembangan perusahaan small-medium enterprise dengan membentuk IDX Incubator yang menjadi wahana untuk membina perusahaan-perusahaan small-medium untuk bisa mengakses pasar modal sebagai bagian dari pertumbuhan perusahaan. "Kami juga membuat green product baik itu green bonds, ESG Related ETF Products, ESG Related Mutual Fund Product. Lalu kami juga membentuk green indeks yang saat ini sudah ada empat,” kata dia.

Saat ini juga tengah berproses beberapa inisiatif baru seperti Sharia ESG Indeks, carbon trading, serta menyiapkan ESG Risk Rating Disclosure di IDX web yang bisa diakses oleh seluruh investor, baik dalam maupun luar negeri.

“Ketiga, penerapan good corporate governance (GCG) juga kami lakukan di internal kami dengan menerapkan beberapa ISO yang merupakan standar internasional, mulai dari ISO 9001, ISO 27001, ISO 22301, ISO 37001, dan juga menerapkan whistleblowing system yang merupakan bagian dari implementasi GCG di Bursa Efek Indonesia,” terang Saptono.

Dukungan keempat, BEI secara rutin melakukan edukasi kepada seluruh stakeholders melalui berbagai program. Kelima, BEI juga menyediakan akses informasi terkait ESG.

Penerapan ESG sendiri menurut Saptono sangat relevan dengan kondisi saat ini, di mana bisnis tengah menghadapi berbagai risiko. Tidak hanya risiko keuangan, tetapi juga risiko-risiko yang sifatnya non-financial.

“Risiko-risiko non-financial ini justru akan memberikan pengaruh yang besar kepada performa keuangan perusahaan, misalnya isu terkait lingkungan seperti global warming, climate change dan sebagainya. Lalu isu mengenai diskriminasi, kesetaraan gender, juga ada isu mengenai governance risk seperti fraud, korupsi, dan sebagainya,” ungkap Saptono.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Beban APBN Berat, Pembatasan Pertalite Sudah Tepat?

Rencana pembatasan Pertalite menguat sehingga membuat masyarakat gusar mengingat BBM jenis ini paling banyak dikonsumsi.

EKONOMI | 26 Juni 2022

Kadin Jatim Targetkan Bangun Rumah Vokasi di Lima Kabupaten

Selain menyiapkan konsultan vokasi, Kadin Jatim akan membangun rumah vokasi di lima kabupaten, yaitu Gresik, Pasuruan, Tuban, Kediri dan Banyuwangi.

EKONOMI | 25 Juni 2022

BFI Finance Agresif Garap Pembiayaan Industri Percetakan

PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFI Finance) agresif menggarap pembiayaan di industri percetakan yang belakangan pasarnya semakin tumbuh pesat.

EKONOMI | 25 Juni 2022

PJB dan Icon+ Optimalkan Aset untuk Layanan Telematika

Kerja sama PJB dan Icon+ dilakukan untuk mendukung keandalan sinyal telekomunikasi, terutama untuk kegiatan operasional di unit-unit pembangkit PJB.

EKONOMI | 25 Juni 2022

Harga Timah ICDX Masih Tinggi di Tengah Perlambatan Ekonomi Global

Harga timah ICDX masih melaju kuat di kisaran US$ 35.000 per metrik ton, di tengah sejumlah sentimen pasar yang menyebabkan melemahnya harga timah.

EKONOMI | 25 Juni 2022

Dirut PTBA Raih Penghargaan The Global Emerging Leader 2022

Dirut PTBA Arsal Ismail berhasil mendapat penghargaan The Global Emerging Leader Award 2022 dalam kategori Mining Industry Environment Preservation.

EKONOMI | 25 Juni 2022

Presiden Perintahkan Kementerian Investasi Kawal Investasi Foxconn

Jokowi memerintahkan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia untuk mengawal mulai dari proses awal hingga eksekusi investasi Foxconn di Indonesia.

EKONOMI | 25 Juni 2022

IDEAL Luncurkan Platform untuk Ajukan KPR Secara Digital

Startup fintech IDEAL melakukan soft launching platform agregator layanan kredit kepemilikan rumah (KPR) secara digital.

EKONOMI | 25 Juni 2022

Merger Berbuah Positif, Laba Pelindo Naik Jadi Rp 3,2 T

Kinerja audited PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo tahun 2021 pasca-merger meningkat. Perseroan berhasil catatkan laba sebesar Rp 3,2 triliun.

EKONOMI | 25 Juni 2022

Kemenkominfo Bangun 4 Pusat Data Nasional

Pusat Data Nasional dibangun di Kawasan Deltamas Industrial Estate, Nongsa Digital Park, Ibu Kota Negara baru di Kalimantan Timur, serta Labuan Bajo.

EKONOMI | 25 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Indosurya


# One 160


# HUT Jakarta


# Jokowi 3 Periode


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Putin Janjikan Belarus Sistem Rudal Senjata Nuklir

Putin Janjikan Belarus Sistem Rudal Senjata Nuklir

NEWS | 11 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings