Logo BeritaSatu

Teknologi Blockchain Berperan Penting di Era Industri 4.0

Jumat, 20 Mei 2022 | 11:32 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Banyak developer lokal di Indonesia yang membangun proyek yang didasari oleh teknologi blockchain. Hal ini untuk menyambut kesiapan perekonomian terutama di sektor industri digital. Blockchain pada prinsipnya diciptakan untuk melengkapi sistem perekonomian sehingga industri bisa lebih efisien, lebih mudah digunakan dan juga lebih transparan.

Ini juga ditandai dengan minat masyarakat Indonesia pada pertumbuhan investasi aset kripto yang meningkat dengan pesat belakangan ini. Tetapi, nyatanya masih banyak orang belum mengenal teknologi di belakangnya yang mendukung transaksi aset kripto, yaitu teknologi blockchain. Padahal, sudah ada program studi seputar blockchain. Bahkan menurut data dari LinkedIn di tahun 2020, blockchain menduduki puncak daftar hard skill yang paling dibutuhkan sekarang ini.

CEO Indodax, Oscar Darmawan mengatakan bahwa teknologi blockchain memiliki penerapan yang luas dan peran yang sangat penting khususnya di era industri 4.0 seperti saat ini. Menurutnya, industri 4.0 adalah era yang didirikan melalui integrasi antarteknologi dan sangat mengedepankan transparansi.

Blockchain merupakan sebuah buku besar yang mana di dalamnya terdapat catatan historis sebuah data dan bersifat transparan. Dengan adanya teknologi blockchain bukan tidak mungkin ini bisa turut memajukan industri di Indonesia. Sifatnya yang bisa diterapkan di banyak sektor, aman karena memiliki proteksi yang tinggi dan sistem yang immutable (tetap dan tidak bisa diubah), efisien karena sistemnya yang terdesentralisasi, transparan, serta traceable dapat memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat,” jelas Oscar.

Teknologi blockchain memiliki beberapa use case yang bisa digunakan diberbagai macam industri. Misalnya dalam industri perbankan yang bisa diterapkan untuk transaksi perbankan antarnegara sehingga bisa lebih efisien dan murah, sektor pemerintahan untuk digitalisasi pencatatan dokumen kependudukan atau pencatatan bukti kepemilikan tanah dan properti.

“Tidak hanya itu, blockchain juga bisa diterapkan untuk sektor IoT seperti mobil self driving, sektor kesehatan untuk pencatatan rekam medis pasien sehingga ketika pasien berobat di rumah sakit yang berbeda, datanya bisa tercatat karena sistem blockchain yang terdesentralisasi ataupun sektor seni dalam bentuk NFT,” jelas Oscar.

Melihat sifat teknologi blockhain yang terdesentralisasi, konsep Web 3.0 pun sama sama mengedepankan transparansi dan desentralisasi. "Web 3.0 sendiri merupakan kemajuan internet di mana di masa yang akan datang situs web dapat memproses informasi dengan lebih mandiri, dan transparan juga terintegrasi antar satu dengan yang lainnya," jelas Oscar.

Oscar pun menambahkan bahwa Web 3.0 ini sering disebut sebagai era read, write, and own di mana para pengguna dapat terlibat secara langsung dalam kepemilikan suatu aset, serta dapat memiliki kontrol yang lebih besar. Hal ini tentu berbeda dengan sistem Web 2.0 ( yang disebut sebagai era read and write) di mana orang hanya dapat mengonsumsi, memproduksi, dan membagikan suatu konten pada suatu platform.

Meskipun blockchain merupakan teknologi yang dirasa sangat memberikan manfaat, namun masih ada beberapa hambatan dan harus diselesaikan terlebih dahulu. PR utama bagi pelaku industri yang berkecimpung di blockchain adalah masalahan edukasi dan literasi.

“Orang orang masih lebih sering mendengar kripto dibanding blockchain. Kedua istilah tersebut memang sangat berhubungan satu dengan yang lain, namun jelas berbeda. Ini merupakan tantangan bagaimana kami bisa mengedukasi hal ini kepada khalayak dengan bahasa yang sesederhana mungkin dan sesering mungkin. Karena jika masyarakat makin mengenal teknologi blockchain, saya yakin masyarakat akan semakin terbuka terhadap teknologi ini karena melihat sifat serta kelebihannya yang banyak memberikan benefit,” tutup Oscar.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Wall Street Libur, Bursa Eropa Menguat Ditopang Saham Migas

Indeks pan-European Stoxx 600 di bursa Eropa ditutup naik 0,6%. Saham minyak dan gas melonjak 4,1% memimpin kenaikan.

EKONOMI | 5 Juli 2022

DPR Setujui Usulan PMN ke BUMN Sektor Keuangan Rp 11,98 T

PMN tersebut diharapkan dapat mendukung kelangsungan dan mendorong kinerja BUMN terkait agar bisa berdaya saing.

EKONOMI | 5 Juli 2022

UMKM Yogyakarta Diharapkan Jadi Kunci Kebangkitan Industri Kreatif

Sandiaga Uno mengharapkan para pelaku UMKM Yogyakarta menjadi kunci kebangkitan industry kreatif dan ekonomi nasional.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Bank Neo Targetkan Raup Laba Operasional Tahun Depan

PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC) menargetkan bisa mengantongi laba operasional pada tahun 2023.

EKONOMI | 4 Juli 2022

BCA Dorong Generasi Muda Miliki Hard Skill dan Soft Skill

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendorong generasi muda berintegritas serta memiliki hard skill dan soft skill menghadapi era 4.0.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Dinilai Sukses, Apindo Apresiasi Pencapaian Program PPS

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengapresiasi pencapaian Program Pengungkapan Sukarela (PPS) yang berakhir pada 30 Juni 2022.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Tarif Kapitasi dan INA CBGs Akan Naik, Ini Pertimbangan Menkes

Menkes menegaskan, penyesuaian tarif kapitasi dan INA CBGs, menyusul rencana penerapan kelas rawat inap standar (KRIS).

EKONOMI | 4 Juli 2022

Pengusaha Minta DJP Perkuat Basis Data Pajak Hasil PPS

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) berharap basis data wajib pajak menjadi lebih terukur setelah program pengungkapan sukarela (PPS) terlaksana.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Iuran BPJS Kesehatan Bakal Ditinjau dari Uji Coba KRIS JKN

Besaran iuran BPJS Kesehatan akan disesuaikan seiring dengan implementasi kelas rawat inap standar pada program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

EKONOMI | 4 Juli 2022

Masuki Semester II, Angkasa Pura Supports Terus Lakukan Perubahan

Sebagai perusahaan yang bergerak pada layanan penyedia jasa, Angkasa Pura Supports menjadi penunjang kegiatan operasional bandar udara di 15 kota di Indonesia

EKONOMI | 4 Juli 2022


TAG POPULER

# ACT


# Viktor Axelsen


# Santriwati Depok


# Piala AFF U-19


# Sri Lanka


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Yuni Shara dan Andien Bagikan Kenangan bersama Bob Tutupoly

Yuni Shara dan Andien Bagikan Kenangan bersama Bob Tutupoly

NEWS | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings